Review: Kartu Kredit CIMB Niaga World Mastercard

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit CIMB Niaga World Mastercard menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit CIMB Niaga World Mastercard adalah salah satu kartu kredit top-tier dari bank CIMB Niaga yang memiliki earning rate yang sangat atraktif terutama untuk penukaran mile KrisFlyer. Selain KrisFlyer Miles, Anda juga bisa menukarkan poin kartu kredit ini menjadi GarudaMiles ataupun Asia Miles.

Hanya saja, nilai konversinya (menjadi GarudaMiles/Asia Miles) tidak akan sebagus apabila Anda menukarkan dengan KrisFlyer Miles. Oleh karena itu, saya tidak merekomendasikannya kecuali apabila Anda benar-benar membutuhkannya.

Walaupun tidak dilengkapi dengan welcome bonus, kartu ini memiliki fitur spending bonus yang menarik, akses ke berbagai airport lounge domestik, annual fee yang bisa di-waiver (dihapuskan), dan kurs transaksi di luar negeri yang kompetitif. Apabila Anda penggemar olahraga golf, maka kartu ini bisa menjadi alternatif yang lebih baik dibanding dengan ‘saudaranya’ yaitu kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite.

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 2 Poin X-Tra (World MasterCard) = 1 Krisflyer Miles atau 0,33 Asia Miles/GarudaMiles

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin yang sama untuk pengeluaran dalam mata uang Rupiah ataupun mata uang asing.

  • Pengeluaran di dalam/luar negeri: Rp5.000 = 2 Poin X-Tra 

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3,5)

Anda bisa mendapatkan 1 mile KrisFlyer atau 0,33 mile GarudaMiles/Asia Miles setiap melakukan transaksi di dalam negeri ataupun di luar negeri sebesar Rp5.000. Nilai yang didapat adalah 3.

Nilai: 3

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu ini tidak menawarkan welcome bonus apapun. Nilai yang didapat adalah 0.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1,5)

Kartu ini memiliki 3 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific. Nilai yang didapat adalah 1.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki bonus unik berupa spending bonus dalam bentuk free green fee di10 lapangan golf ternama di Indonesia dan 34 lapangan golf di 6 negara di Asia tenggara. Selain itu, Anda juga akan mendapat 50% off Green Fee di 3 lapangan golf ternama di Indonesia.

Syarat spending reward ini adalah Anda harus memiliki transaksi sebesar Rp15.000.000 dalam satu billing statement dan Anda hanya bisa menukarkan spending bonus ini 3 kali sebulan. Ketentuan lengkap spending bonus CIMB Niaga World MasterCard ini bisa Anda baca di sini.

Kartu ini juga bekerjasama dengan Cathay Pacific (CX) travel fair di mana pemegang kartu ini bisa mendapatkan cashback sampai dengan 2 juta Rupiah untuk pemesanan tiket pesawat selama periode travel fair. Nilai yang didapat adalah 1.

Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memberikan akses gratis tidak terbatas ke berbagai lounge bandara di Indonesia. Daftar lounge yang dapat diakses bisa dilihat di sini. Walaupun begitu, kartu ini tidak memberikan manfaat lain seperti minuman di bandara. Nilai yang didapat adalah 0,5.

Nilai: 0,5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp3.000.000 dan bisa di-waive (dihapuskan) dengan cara bertransaksi sebesar 150 Juta Rupiah dalam periode waktu 3 bulan. Nilai yang didapat adalah 0,6.

Nilai: 0,6

Total Nilai: 6.1 / 10

“Kartu kredit traveling terbaik kedua dari CIMB Niaga untuk pengumpulan KrisFlyer Miles yang dilengkapi dengan gimmick berupa spending bonus yang cukup unik serta fasilitas yang lengkap.”

 

Penutup

Kartu kredit CIMB Niaga World MasterCard cocok bagi Anda yang berencana mengumpulkan KrisFlyer Miles dengan serius. Kartu kredit ini memiliki earning rate terbaik di Indonesia untuk pengumpulan mile KrisFlyer dan juga dilengkapi oleh berbagai perks yang memadai seperti bonus unik berupa spending bonus maupun akses airport lounge domestik.

Sayangnya, kartu ini tidak dilengkapi dengan welcome bonus dan memiliki syarat waiver annual fee (penghapusan iuran tahunan) yang cukup sulit diperoleh. Berbeda dengan saudaranya yaitu CIMB Niaga Visa Infinite, untuk bisa mendapat penghapusan iuran tahunan, Anda harus bertransaksi sebesar Rp150.000.000 dalam periode waktu 3 bulan.

Apapun itu, saya merekomendasikan Anda untuk memiliki kartu kredit ini terutama apabila Anda hobi traveling dan bermain golf. Selain itu, kurs nilai tukar kartu kredit ini di luar negeri juga merupakan yang terbaik di kelasnya sehingga apabila Anda sering bertransaksi dalam mata uang asing, maka Anda mungkin akan mau memilih kartu kredit ini dibandingkan dengan kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite.

.

Bagaimana pendapat Anda mengenai kartu kredit CIMB Niaga World Mastercard ini? 

Share
4 comments
  1. halo admin pinterpoin, sejauh ini saya belum pernah melihat review kartu kredit world mastercard bca, apakah memang belum ada datanya?

    1. Sardito,

      Annual fee kartu kredit CIMB Niaga World MasterCard tetap akan ditagihkan meskipun Anda adalah nasabah CIMB Niaga Preferred. Hanya saja, Anda bisa meminta free Annual Fee apabila transaksi Anda mencapai 150 juta Rupiah dalam setahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea