Etihad Resmi Pensiunkan Pesawat Airbus A380 | PinterPoin

Daftar Transfer Partner (Airlines & Hotel) Poin Kartu Kredit

Salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan poin/miles adalah melalui penggunaan kartu kredit yang tepat. Selain mengetahui tingkat perolehan poin, penting juga untuk mengetahui ke loyalty program mana poin kartu kredit kita bisa dipindahkan.

PinterPoin sendiri sangat merekomendasikan untuk mempunyai poin kartu kredit yang fleksibel yang bisa ditransfer ke beberapa program. Hal tersebut tentunya penting untuk menjaga poin dari resiko devaluasi.

Contoh: Saya menggunakan kartu kredit yang hanya mempunyai 1 transfer partner: GarudaMiles.

Ketika GarudaMiles mengalami devaluasi (misalnya kenaikan harga penukaran miles sebesar 20%), maka saya tidak bisa ‘kabur’ dari devaluasi tersebut.

Sedangkan jika saya menggunakan kartu kredit dengan 3 transfer partner: GarudaMiles, KrisFlyer, dan Asia Miles, maka saya bisa mentransfer poin saya tidak hanya harus ke GarudaMiles (just in case jika terjadi devaluasi).

Untuk mempermudah Anda, PinterPoin telah merangkum daftar transfer partner kartu kredit di Indonesia. Berikut tabel rangkuman daftar transfer partner poin kartu kredit di Indonesia:

Panduan Transfer Partner Poin Miles Kartu Kredit Indonesia | PinterPoin

Catatan: Tabel transfer partner ini akan di-update secara berkala. Bank bisa setiap saat menambahkan/mengurangi transfer partner.

Melihat tabel diatas, rata-rata bank mempunyai 3-5 transfer partner. Citibank cukup menarik perhatian karena mempunyai 12 transfer partner yang berarti poin Citi sangatlah fleksibel.

BCA American Express Platinum untuk sementara waktu sedang menghilangkan opsi transfer ke Qatar, Etihad, Emirates, Hilton Honors, dan Jumeirah. Baca selengkapnya disini.

Informasi Penerbangan- Royal Laurel Class - EVA Air | Indonesia (Bahasa Indonesia)
Terbang di business class EVA Air dengan menukarkan poin Citi

Perolehan Poin/Miles per Kartu

Perlu diperhatikan jika setiap kartu kredit kredit akan mempunyai rasio penukaran poin/miles yang berbeda-beda. Anda bisa mengetahui detil dari setiap kartu dengan membaca review PinterPoin untuk setiap kartu kredit populer dari bank-bank di Indonesia:

Flight Review: Garuda A330-900neo Business Class Jakarta - Denpasar | PinterPoin
GarudaMiles merupakan transfer partner dari hampir semua kartu kredit di Indonesia. Foto: Business class A330-900neo Garuda Indonesia | PinterPoin

Penutup

Seperti yang kita ketahui, poin kartu kredit bisa diubah menjadi miles frequent flyer program dan poin loyalty program hotel. Tentu saja penting untuk mengetahui kemana poin kartu kredit kita bisa dipindahkan.

Dari pengamatan saya, umumnya orang Indonesia hanya fokus pada segelintir program populer saja seperti GarudaMiles, KrisFlyer, Asia Miles, dan AirAsia BIG. Padahal, banyak program lain yang menyimpan opsi penukaran menarik.

.

Apa transfer partner kartu kredit favorit Anda?

Share
2 comments
  1. Hi Ko Vincent,

    Dalam masa pandemi gini sptnya masih repot yah kalau mau claim award first class, apakah misalnya kalau miles di claim di hotel luxury itu lebih ideal kah untuk masa skrg ini?

    Terima kasih.

    1. Fido,

      Secara umum, penukaran miles untuk hotel biasanya tidak menghasilkan valuasi sebesar business/first class. Oleh karena itu, saya tidak terlalu merekomendasikan hal tersebut kecuali jika miles Anda akan hangus dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea