Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Mandiri Visa Signature menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit Mandiri Visa Signature adalah kartu kredit top-tier dari bank Mandiri. Kartu ini sempat menjadi kartu kredit rekomendasi PinterPoin terutama untuk mengumpulkan GarudaMiles namun setelah devaluasi pada Juni 2020, kartu ini menjadi kurang menarik lagi.

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh fiestapoin yang bisa dikonversikan menjadi airline miles. Rasio penukaran efektif fiestapoin menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 2 fiestapoin = 1 GarudaMiles atau 0,33 KrisFlyer Miles/Asia Miles

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin yang sama untuk pengeluaran dalam mata uang Rupiah ataupun mata uang asing.

  • Pengeluaran di dalam/luar negeri: Rp 20.000 = 3 fiestapoin

Terjadi devaluasi penukaran GarudaMiles di kartu Mandiri Visa Signature dan Mandiri Golf Visa Signature pada Juni 2020 lalu


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda akan mendapatkan 1 GarudaMiles atau 0,33 KrisFlyer Miles/Asia Miles setiap melakukan transaksi di dalam maupun di luar negeri sebesar Rp 13.333. Nilai yang didapat adalah 1.5

Nilai: 1.5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan cashback senilai 750 ribu Rupiah setelah melakukan aktivasi dan transaksi retail pertama kali dalam 3 bulan setelah kartu disetujui. Menggunakan valuasi 1 GarudaMiles = 170 Rupiah, maka welcome bonus ini setara dengan 4.411 GarudaMiles.

Nilai: 0.5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 3 transfer partner yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini bekerjasama dengan berbagai travel fair seperti Garuda Indonesia travel fair maupun Japan Travel Fair (JTF) di mana pemegang kartu kredit mandiri bisa memperoleh cashback untuk pembelian tiket pesawat selama periode travel fair.

Nilai: 0.5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik di Indonesia. klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini.

Kartu ini juga memberikan fasilitas free membership untuk keanggotaan Priority Pass.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp 900.000 per tahun dan bisa di-waive (dihapuskan).

Nilai: 0.8

Total Nilai: 4.8/10

“Kartu kredit top-tier dari Bank Mandiri yang menawarkan welcome bonus dan konvertibilitas yang baik.”

 

Penutup

Kartu kredit Mandiri Visa Signature sempat menjadi salah satu kartu kredit terbaik di Indonesia untuk pengumpulan GarudaMiles sebelum devaluasi pada Juni 2020 lalu.

Sekarang, kartu kredit ini menurut saya tidak layak dimiliki sama sekali karena:

  • Devaluasi earning rate yang cukup drastis
  • Devaluasi welcome bonus menjadi hanya sekedar cashback dan nominalnya dikurangi
  • Fitur Priority Pass yang ditawarkan hanyalah sekedar membership dan bukan akses

Singkat kata, PinterPoin tidak lagi merekomendasikan kartu kredit ini untuk mengumpulkan GarudaMiles.

Saya secara pribadi lebih menyarankan Anda langsung mengajukan kartu kredit spesial dari Bank Mandiri saja yakni Mandiri Prioritas MasterCard World jika Anda memang serius ingin mengumpulkan GarudaMiles dan mengincar welcome bonus yang cukup substansial.

.

Bagaimana pendapat Anda mengenai kartu kredit Mandiri Visa Signature ini?