dalam ruangan, dinding, cermin, bantal, orang, tempat tidur

10 Kartu Kredit Terbaik di Indonesia Untuk Mengumpulkan Asia Miles

Asia Miles dari Cathay Pacific merupakan salah satu airline miles paling praktis dan populer di Indonesia. Walaupun tidak setenar KrisFlyer Miles ataupun GarudaMiles; Asia Miles juga merupakan salah satu jenis miles yang paling mudah dikumpulkan oleh orang Indonesia melalui penukaran poin kartu kredit.

Oleh karena itu, melalui post kali ini, saya akan membahas beberapa kartu kredit yang layak Anda pertimbangkan untuk miliki apabila Anda memang serius ingin mengumpulkan Asia Miles.

Berikut adalah beberapa rekomendasi saya:


1. Mandiri World Elite Mastercard
teks, cuplikan layar, lingkaran, Font, logo, deasin

Kartu kredit terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan Asia Miles adalah Mandiri World Elite Mastercard yang mana merupakan kartu kredit spesial dari Bank Mandiri. Kartu ini memiliki earning rate Rp5.000/Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah maupun mata uang asing.

Sayangnya, untuk bisa mengajukan kartu kredit ini Anda harus memiliki Asset Under Management (AUM) di Bank Mandiri setidaknya Rp20.000.000.000 (baca: Dua Puluh Miliar Rupiah) sehingga kartu ini mungkin bisa dibilang tidak terjangkau bagi sebagian besar orang.

Selain itu, terdapat juga pembatasan penukaran poin kartu kredit setara dengan 50.000 Asia Miles setiap bulannya sehingga walaupun memiliki earning rate Asia Miles terbaik di Indonesia, kartu ini tidak terlalu worth it untuk dimiliki apabila hanya digunakan untuk sekedar mengumpulkan miles.


2. Danamon World Elite Mastercard
teks, cuplikan layar, Font, nomor

Danamon World Elite Mastercard (WEM) adalah kartu kredit top-tier dari Bank Danamon dengan limit minimum Rp200.000.000 yang saya rekomendasikan untuk mengumpulkan Asia Miles dengan sangat cepat.

Kartu ini memiliki tingkat perolehan sebesar Rp6.250/Asia Mile untuk transaksi dalam Rupiah dan Rp4.167/Asia Mile untuk transaksi apapun dalam mata uang asing.

Sayangnya, kartu kredit ini sendiri cukup sulit untuk didapatkan karena Anda harus menjadi nasabah Danamon dengan penempatan dana minimal Rp5.000.000.000 untuk bisa mengajukan kartu kredit ini.

Selain itu, iuran tahunan dan iuran bulanan dari kartu kredit ini sebesar Rp6.000.000 dan Rp500.000 (bulanan) juga tidak bisa digratiskan kecuali apabila Anda melakukan penempatan dana sebesar Rp5.000.000.000 (lima miliar Rupiah) di Bank Danamon.

Terdapat juga pembatasan perolehan D-Point di kartu Danamon WEM sehingga Anda hanya bisa mengakumulasikan maksimal setara 68.571 Asia Miles di kartu ini setiap bulannya.


Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon World Elite


3. Mandiri Prioritas World

teks, Font, cuplikan layar, logo, lingkaran, memori flash

Kartu kredit Mandiri Prioritas World adalah kartu kredit spesial dari Bank Mandiri yang mensyaratkan Asset Under Management (AUM) setidaknya Rp1.000.000.000 untuk bisa mengajukan kartu kredit ini.

Kartu ini sendiri memiliki earning rate Rp6.667/Asia Miles untuk transaksi apapun dalam Rupiah dan Rp5.000/Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Secara praktis, kartu kredit ini adalah versi inferior dari kartu kredit Mandiri World Elite Mastercard namun dengan syarat pengajuan yang lebih mudah juga yaitu cukup menjadi nasabah Prioritas dari Bank Mandiri.

Sama seperti Mandiri World Elite Mastercard juga, terdapat pembatasan penukaran poin kartu kredit setara dengan 50.000 Asia Miles setiap bulannya namun setidaknya kartu ini masih worth it untuk dimiliki jika Anda memang serius mengumpulkan Asia Miles.


Baca juga: Review Kartu Kredit Mandiri Prioritas


4. UOB Infinite (d/h Citi Prestige)

teks, mata uang, uang, muka

Dengan tingkat perolehan Rp7.500/Asia Mile, kartu kredit UOB Infinite juga merupakan salah satu kartu kredit rekomendasi PinterPoin untuk mengumpulkan Asia Miles dengan cepat.

Sayangnya, kartu kredit ini cukup sulit didapatkan dengan limit minimum sebesar Rp100.000.000 dan memiliki iuran tahunan sebesar Rp3.500.000 yang tidak bisa dihapuskan namun masih sebanding dengan fitur luxury airport transfer yang Anda peroleh.

Kartu kredit ini merupakan kartu hasil transisi Citi menjadi UOB efektif pada 18 November 2023 lalu.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Prestige


5. Maybank BMW/MINI

Maybank BMW/MINI adalah kartu kredit top-tier terbaru dari Maybank Indonesia yang ditujukan untuk mengumpulkan airline miles dengan cepat melalui kombinasi welcome bonus terbesar di Indonesia yaitu setara 60.000 Asia Miles dan earning rate yang menarik untuk transaksi pada kategori tertentu.

Saya akan merekomendasikan kartu kredit ini apabila Anda sering bertransaksi di kategori airline, hotel, transportasi, dan transaksi dalam mata uang asing di mana earning rate-nya adalah Rp5.000/Asia Mile. Di luar kategori tersebut, earning rate-nya adalah Rp10.000/Asia Mile yang tergolong standar.


Baca juga: Review Kartu Kredit Maybank BMW/MINI


6. Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite

Setelah perubahan perolehan poin Maybank pada 1 November 2021 lalu, Maybank Visa Infinite juga menjadi salah satu kartu yang bisa Anda pertimbangkan untuk miliki untuk mengumpulkan Asia Miles dengan cepat.

Dengan tingkat perolehan Rp7.500/Asia Mile dan welcome bonus yang cukup menarik yaitu 10.000 TREATS Points (setara 10.000 Asia Miles), kartu ini cocok bagi Anda yang sering bertransaksi di kategori apapun.

Kartu kredit Maybank Visa Infinite (termasuk versi cobrand BMW/MINI) sendiri relatif cukup mudah diperoleh dengan syarat limit minimum hanya Rp49.000.000 saja.


Baca juga: Review Kartu Kredit Maybank Visa Infinite


7. UOB PRIVI Miles

Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles

Efektif 18 November 2023, kartu kredit UOB PRIVI Miles akan memiliki earning rate sebesar Rp8.750/Asia Miles untuk transaksi dalam Rupiah dan Rp5.000/Asia Miles untuk transaksi dalam mata uang asing yang mana menjadikan kartu ini sebagai salah satu kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan Asia Miles.

Kelebihan utama kartu kredit ini terletak pada kemudahan memperoleh (limit minimal hanya Rp25.000.000) dan iuran tahunan yang bisa digratiskan.


Baca juga: Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles


8. DBS Travel Visa Signature

teks, cuplikan layar, Font, diagram, Grafis, desain grafis, deasin

Dengan earning rate Rp9.000/Asia Mile untuk transaksi dalam Rupiah dan Rp6.000/Asia Mile untuk transaksi dalam mata uang asing, DBS Travel Signature juga merupakan kartu yang layak Anda pertimbangkan untuk mengumpulkan Asia Miles dengan cepat.

Kelebihan kartu kredit ini terletak pada airport perks yang sangat menarik yaitu gratis 2 minuman atau 2 makanan atau 1 makanan & 1 minuman di Starbucks bandara dan iuran tahunan yang bisa digratiskan meskipun terkadang cukup sulit untuk meminta penghapusan tanpa syarat.


Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Signature


9. Maybank JCB Platinum

teks, cuplikan layar, Ponsel, Font, gadget, Peralatan elektronik, nomor, telefon

Dengan earning rate sebesar Rp10.000/Asia Mile untuk transaksi dalam Rupiah dan mata uang asing, kartu Maybank JCB Platinum merupakan salah satu kartu kredit mid-tier terbaik untuk mengumpulkan airline miles.

Sayangnya, kekurangan kartu ini mungkin terletak pada syarat minimum penukaran poin di mana layaknya kartu Maybank lainnya, terdapat syarat minimum penukaran poin sebesar 40.000 TREATS Points (setara dengan 40.000 airline miles).

Hal ini berarti Anda harus bertransaksi minimum sebesar Rp400.000.000 di kartu ini sebelum bisa mulai menukarkan poin yang terakumulasi. Untungnya, Maybank TREATS Ponts berlaku selamanya.


Baca juga: Review Kartu Kredit Maybank JCB Platinum


10. Danamon JCB Precious

teks, cuplikan layar, Grafis, deasin, Font, logo, desain grafis, Merek

Dengan earning rate sebesar Rp6.250/Asia Mile untuk transaksi 10 juta Rupiah pertama dan fitur airport lounge yang lengkap, kartu Danamon JCB Precious juga merupakan salah satu kartu kredit yang layak Anda pertimbangkan untuk miliki dalam mengumpulkan Asia Miles.

Kelebihan kartu ini terdapat pada kemudahan memperoleh kartu ini dikarenakan limit minimumnya yang cukup terjangkau (Rp10.000.000), iuran tahunan yang bisa dihapuskan, dan airport perks yang menarik untuk kartu kredit kelas mid-tier.


Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon JCB Precious


Penutup

Menggunakan kartu kredit merupakan salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan Asia Miles dengan cepat. Pastikan saja bahwa Anda memiliki kartu kredit yang tepat untuk melakukannya.

Selain itu, saya hanya ingin menambahkan bahwa ketika CIMB Niaga World Cathay Pacific sungguh dirilis, saya berpendapat bahwa kartu tersebut berpotensi untuk menempati posisi #1 kartu kredit terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan Asia Miles.

teks
CIMB Niaga Cathay Pacific akan menjadi kartu kredit terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan Asia Miles

Per 27 Februari 2024, saya akan bilang bahwa kartu kredit terbaik di Indonesia yang terjangkau untuk mengumpulkan Asia Miles adalah Mandiri Prioritas World.

Selain itu, saya juga merekomendasikan kartu dengan welcome bonus besar untuk bisa jumpstart akun Asia Miles Anda. Saya merekomendasikan Maybank BMW/MINI (60.000 miles) atau Maybank JCB Platinum (10.000 miles)

Apakah Anda tertarik untuk mengumpulkan Asia Miles melalui kartu kredit? 
Share

37 comments
  1. CC citibank premiermies masih kssih signing bonus kalo dilait di web citibank

    nilai konversi ke Asia Miles diatas Rp 6000/miles utk local spending, dan Rp 5000/miles utk foreign spending.

    Abis itu CC nya yg nawarin konversi trrmurah ajaib2 dan susah didapat

      1. Halo, kalo untuk kartu iuran paling murah yang bsa di hapus, cocok untuk saya umur 23 tahun yang suka travelling dan mau kumpulin krisflyer miles apa ya? makasi rekomendasinya

        1. Hallo Jessica , ijin menjawab
          Untuk iuran tahunan pada kartu kredit BMW/MINI dan Visa Infinite maybank sendiri bisa free karena pada dasarnya bisa dihapuskan dengan cara pengajuan terlebih dahulu . Perhitungan milesnya pun cukup rendah 5,000/mile untuk bmw/mini kategori transaksi LN, travel, hotel, restoran, airline dan 7,500/mile untuk visa infinite kategori apapun. Welcome bonusnya pun cukup besar 60,000 miles . Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi 0811-1967-3887 Octavani RM Maybank

  2. Jika dihitung per miles nya skrg lebih murah ke krismiles ya(kalau pakai cimb jcb). Paling murah yg didapat utk 1 asia miles =6rb. Kalau pakai jcb ke kris =5rb.
    Tp memank utk rute2 tertentu spt jkt hongkong miles yg di reddeem jauh lebih sedikit jika memakai asia miles.

  3. Mengenai CIMB Niaga CX credit card, saya sudah minta RM Preferred saya untuk cek ke bagian kartu kredit.

    Menurut mereka, memang benar CIMB akan menerbitkan kartu ini, tapi launching-nya di-postpone karena beberapa faktor, seperti kerusuhan di HongKong dan pandemi Corona. Belum ada update lagi untuk official launch date.

    Kalau spekulasi saya sih, mereka bakal menunggu sampai CX sudah normal operation baru launching cc ini. Kurang makes sense kalau launch travel-oriented card pas orang ga bisa travel.

  4. Hi Ko,

    Apakah benar asia miles klo reserver hotel redemption menggunakan pihak ke3 spt expedia?
    Soalnya pernah redeem hotel award, trus di cs nya dibilang reserve pakai expedia.

    thoughts?

  5. mau tanya, kalo pendapat pribadi paling worth kumpulin KF miles / GF miles ya?

    kalo sy liat redemption chart, kok rasanya GF miles kurang worth it ya dibandingkan KF dengan asumsi rate conversion yang didapat sama?

    Terima kasi

    1. Kevin,

      Tergantung situasi dan kondisi. Kalau Anda memang perlu travel domestik dan Garuda sedang ada promo bonus convert/diskon penukaran maka lebih baik mengumpulkan Garuda dan hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Praktisnya, karena Anda tidak tahu frequent flyer program mana yang mengadakan promo selanjutnya, Ada baiknya selalu menerapkan prinsip diversifikasi.

  6. Gara2 pandemi 2 tahun, ga bisa travelling, milage Asia Miles ud mo hangus. Jumlahnya 34000

    Minta pendapat ya :

    Kalau diperpanjang kena biaya 680usd.
    Kalau ditransfer ke akun Asia Miles lain kena biaya 510 – 730 usd.

    Kira2 worth it ga ya?? Ragu2 juga. Maunya simpen miles untuk 1 business class ke HK 50000 milage. Tapi cek harga di online harga tiket Business class jatuhnya 12jt.

    1. Indra,

      Daripada perjalanan yang tidak pasti juga kepergiannya, lebih baik Anda tukarkan untuk penukaran hotel meskipun memang value nya nggak akan sebagus jika anda tukarkan dengan flight. Tapi itu masih lebih baik daripada perpanjangan/transfer.

  7. P. Edwin,
    Berhub sy newbie, apa/bagaimana rute yg dimaksud RTW trip dgn Oneworld dan bagaimana penukaran Asia Miles untuk Round the World (RTW) trip dengan maskapai Oneworld.
    Apakah ada article khusus utk membahas detail RTW ini ?

    1. Lis,

      RTW trip dengan one-world konsepnya cukup rumit, kalau boleh saran Anda ikut saja masterclass PinterPoin kami yang akan diadakan pada 28 Mei di mana kami menjelaskan mengenai konsep RTW ini.

  8. Earning rate dari Damex ke asia miles Rp 6.250 atau Rp 8.750 ya ? Karena kmrn lihat per 1 miles nya = 7 poin MR. atau mungkin sdh update ?

  9. Mau bantu ralat untuk Stanchart Worldmiles karena saya nasabah Worldmiles sudah hampir 7th.
    Poin dari Stanchart hanya berlaku 2tahun, dan minimal redeem ke Airlines Miles itu di 20.000 miles alias harus transaksi 200jt dulu. Dulu jg ratesnya paling baik di 7.500/1 mile tp semenjak 2019 kalau ga salah rate nya jadi naik ke 10.000/1 mile. Sedih

  10. Halo kak Edwin,
    Thank you so much info2 luar biasa nya mengenai Miles.

    Sy begitu exciting baca Judul artikel “Terbaru” ini tgl 1 Nov 2023 “10 CC Terbaik Asia Miles…” karena memang sdh banyak Perubahan CC di Indonesia dgn devaluasi sana sini.

    Tapi begitu kagettt saat baca comment2 nya kok ternyata comment2 semua sebelum 1 Nov 2023, bahkan ada comment sejak 2020

    Hanya usul saja kak Edwin, jika article baru, comment2 di “reset” kosong, shg comment2 nya real up-to-date.

    Saya selalu appreciate dan fans dengan para kontributor PP. Semoga Sukses Selalu.

    1. Steven,

      Banyak dari pembaca mengapresiasi komen2 sebelumnya dan juga sebagai bahan perbandingan/pembelajaran jadi kelihatannya kalau di reset kosong comment-nya tidak mungkin.

  11. Bantu jawab, justru comment2 terdahulu dibiarkan saja. Mungkin akan ada comment2 yang tidak kita sengaja temui saat scrolling dapat berguna 😛

    1. Setuju, justru komen2 jaman baheula ini sebagai perbandingan, kita jadi tau oooh cc ini dulu tuh benefitnya begitu, per bulan ini jadi begini… gitu2 hehe

  12. HSBC Signature dan Premier sudah bukan terbaik untuk Asia Miles ya?
    Beberapa bulan lalu masih ada HSBC, namun sekarang sudah tidak ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.