Citi Prestige: Destinasi Mana yang Paling Cocok untuk Fitur Luxury Airport Transfer

Di Indonesia, satu-satunya kartu kredit yang menawarkan fitur luxury airport transfer adalah Citi Prestige.

Dengan fitur ini, Anda bisa menikmati perjalanan ke/dari airport dengan mobil mewah sehingga berpotensi untuk menghemat biaya dan waktu perjalanan yang substansial.  

Gunakan fitur luxury airport transfer dari Citi Prestige untuk menghemat waktu & biaya

Mungkin masih banyak pembaca PinterPoin yang tidak tahu, namun fitur ini memiliki value yang luar biasa jika Anda tahu cara memanfaatkannya dengan optimal.

Ditambah dengan fakta bahwa Citi Prestige terus memanjakan nasabah-nya dengan welcome bonus yang bisa ditumpuk dan ‘diskon’ annual fee di tahun kedua, Anda melewatkan kesempatan emas menghemat biaya traveling jika tidak memiliki kartu kredit ini.

Lantas, bagaimana memvaluasi fitur luxury airport transfer dari Citi Indonesia ini?

Pertama-tama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu lingkup fitur luxury airport transfer dari Citi Prestige ini. Berikut daftarnya berdasarkan info dari e-booklet Citi Prestige:

Setelah itu, kita perlu mengetahui estimasi jarak dan biaya dari setiap airport ke pusat kota menggunakan taksi biasa. Berikut adalah estimasi berdasarkan riset internal saya dan data dari rome2rio:

Mengingat Citi Prestige menggunakan mobil mewah dan bukan taksi reguler, maka akan adil jika kita memberikan faktor pengali (multiplier) pada ‘estimasi biaya taksi’.

Saya merasa faktor pengali yang adil adalah 150%. Angka tersebut adalah selisih harga yang saya bersedia bayar untuk naik mobil mewah alih-alih taksi reguler.

Setelah itu, kita perlu mencari tahu 2 hal:

  • Luxury airport transfer mana yang paling menguntungkan secara biaya (cost)
  • Luxury airport transfer mana yang paling menguntungkan secara jarak (distance)

Berikut 5 destinasi terbaik untuk memanfaatkan fitur ini berdasarkan masing-masing kriteria:

 .

Dari tabel diatas, sekilas terlihat paling menguntungkan jika Anda menggunakan fitur luxury airport transfer ini di Jepang, terutama Tokyo Narita.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Prestige

Baca juga: Wow – Anda bisa Menumpuk Welcome Bonus Kartu Kredit Citi


Penutup

Citi Prestige dengan fitur luxury airport transfer memiliki potensi yang besar untuk menaikkan kelas traveling Anda tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

Saya terutama merekomendasikan kartu kredit ini bagi Anda yang sering traveling dengan keluarga. Katakanlah jika Anda traveling ber-4 dan sering berwisata ke Jepang, Anda bisa menghemat waktu dan biaya banyak dengan memanfaatkan fitur ini.

Fasilitas luxury airport transfer akan sangat berguna untuk berwisata di Jepang

Untuk memperoleh value yang maksimal dari fitur ini, saya merekomendasikan Anda untuk memesan ketika Anda pergi ke/dari airport di destinasi sebagai berikut:

  • Tokyo Narita (#1)
  • Osaka Kansai
  • Seoul Incheon
  • Beijing (PKX) atau Shanghai (PVG)
  • Kuala Lumpur
  • Auckland
  • Tokyo Haneda

Mengasumsikan Anda menggunakan fitur ini 5 (lima) kali setahun ke Tokyo Narita, hal ini berarti Anda memperoleh fasilitas seharga 30.750.000 (6.150.000*5) hanya dengan membayar annual fee sebesar 3.500.000 (2.000.000 jika Anda memperhitungkan cashback).

I would say this is a great deal jika Anda tahu cara memanfaatkannya 😉 biaya 2.000.000 Rupiah untuk fasilitas senilai 30.750.000 mencerminkan diskon sebesar 93,5%

.

Apa pendapat Anda mengenai fitur luxury airport transfer ini? 

Share
22 comments
    1. WA,

      Apa mungkin berbeda kebijakannya antar negara? Terakhir saya menanyakan di KL (>40km) dan mereka menyanggupi tanpa tambahan biaya apapun.

    1. Steven,

      Tentunya bisa. Citi Prestige dengan aturan terbaru-nya menetapkan bahwa jumlah penumpang yang bisa diangkut adalah 4 dengan jumlah koper besar 2.

  1. Saya nasabah Citigold dan pengguna Citi Prestige sejak April 2017, maaf saya tidak setuju dg pak Edwin, saya quote:Saya terutama merekomendasikan kartu kredit ini bagi Anda yang sering traveling dengan keluarga. Katakanlah jika Anda traveling ber-4.

    Karena ketentuan dr Citi Prestige, airport transfer hanya utk 2 org dan 2 bagasi. Berikut saya quote email dr Citi Prestige Concierge ke saya:
    Menjawab pertanyaan Ibu Julia, berikut kami informasikan rincian atas tambahan biaya senilai USD 79
    – Biaya upgrade kendaraan menjadi jenis People Carrier = USD 31
    – Biaya extra jarak 3 kilometer untuk jenis kendaraan People Carrier = 3 x USD 16 = USD 48

    Upgrade jenis kendaraan menjadi People Carrier dilakukan apabila jumlah penumpang melebihi 2 orang dan/atau jumlah koper lebih dari 2 buah.
    Dan maksimum kapasitas jenis kendaraan People Carrier untuk jumlah penumpang yaitu sampai dengan 6 orang dan kapasitas bagasi sampai dengan 4 buah koper. Jika jumlah penumpang atau bagasi melebihi jumlah tersebut, maka akan disarankan menggunakan lebih dari 1 kendaraan, disesuaikan dengan kebutuhan.

    Demikian yang dapat kami sampaikan.
    Mohon konfirmasinya jika Ibu Julia menyetujui untuk melanjutkan reservasi dengan biaya tambahan sebesar USD 79.
    Konfirmasi kami tunggu selambat-lambatnya hari ini, tanggal 09 Januari 2019.

    Apabila Ibu Julia memerlukan informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami.
    Sudah menjadi kepuasan bagi kami dalam membantu Anda.

    Salam,

    Citi Prestige Concierge
    +62 21 252 9700

    1. Julia,

      Pertama-tama, terimakasih atas feedback-nya ya. Mohon maaf sekali jika Anda tidak puas pada pelayanan luxury airport transfer dari Citi Prestige terkait.

      Sekedar menambahkan saja, terdapat 2 kemungkinan kenapa Anda diinformasikan seperti itu: (1) Sistem perhitungan yang ada adalah perhitungan benefit Citi Prestige lama (2) Petugas dari Citi Prestige tidak/kurang mengetahui detail akan hal tersebut.

      Dan sekedar menginformasikan, saat ini Citi Prestige dengan aturan terbaru-nya menetapkan bahwa jumlah penumpang yang bisa diangkut adalah 4 dengan jumlah koper besar 2.

      Hal ini sesuai dengan e-booklet Citi Prestige terbaru: https://www.citibank.co.id/global_docs/welcome-prestige-booktlet-2019.pdf
      Syarat & Ketentuan Poin 2 Luxury Airport Transfer, “Kondisi Umum” poin terakhir, berikut kutipannya:
      “Batas maksimum jumlah penumpang dan/atau jumlah koper per mobil adalah maksimum 2 koper besar dan 4 penumpang per mobil”

      Oleh karena itu, saya mengacu pada ketentuan baru tersebut tetap merasa bahwa kartu ini cocok bagi seseorang yang traveling dengan keluarga.
      Mungkin pada saat itu Citi Prestige Luxury Airport Transfer masih mengacu pada aturan lama. Mengingat aturan ini baru dikeluarkan beberapa November 2019 lalu: https://pinterpoin.com/2019/11/24/devaluasi-kartu-kredit-citi-prestige-di-tahun-2020-yang-tidak-sepenuhnya-buruk/

      Mungkin Julia bisa sekali lagi coba layanan Citi Prestige yang baru ini, jika mereka tetap ngeyel dengan aturan 2 orang ini, Anda bisa berargumen dengan S&K baru ini.

      Semoga jawaban saya bisa membantu 🙂

        1. Adi,

          Boleh selama Anda memesannya setidaknya 72 jam sebelum keberangkatan/kedatangan. Setiap perjalanan akan dihitung sebagai 1 (satu) trip.

  2. Thank you untuk sharing infonya. Saya ada beberapa pertanyaan:

    1. Kartu ini kan menawarkan 5 kali trip dalam setahun. Misalkan saya ke jepang mau pesan 2 mbl (2 trips) sekaligus untuk 1 kali jalan nrt-tokyo, dan 2 mbl (2 trips) sekaligus untuk 1 kali jalan tokyo-nrt, apakah diperbolehkan?

    2. untuk kartu tambahan apakah mendapatkan fasilitas yang sama dan terpisah dari kuota kartu utama?

    Looking forward for your reply. Thank you and I appreciate it.

    1. Wil,

      1. Untuk pemesanan 2 mobil jujur belum pernah saya coba, tapi seharusnya bisa, atau mungkin bisa. Saya rasa Anda lebih baik menanyakan langsung ke pihak Citi Prestige terkait.

      2. Tidak dapat, hanya kartu utama yang memperoleh fasilitas ini.

  3. Halo bro Edwin, mau infoin juga kartu kredit ini memberikan tambahan:
    1. Voucher dining senilai 2,5 juta setiap kali membayara iuran tahunan

    2. Free meet and assist di airport 2x per calendar year

    3. Free membership priority pass juga tapi saya lupa berapa maksimal visit setahunnya.

    Dan tentunya menginap 4 malam hanya bayar 3 malam itu juga luar biasa.

    Saya sangat senang dengat cc ini

    1. Nathan,

      Kelihatannya informasi Anda sudah outdated, berikut ketentuan Citi Prestige yang baru yang mana:

      1. Fitur voucher dining ditiadakan dan diganti dengan 30.000 airline miles saat pengajuan. Untuk tahun selanjutnya, diberi cashback 1,5 juta Rupiah.

      2. Meet and assist dihapus dan diganti 5x airport transfer

      3. 5x visit setahun

      Lengkapnya bisa Anda baca di sini: https://pinterpoin.com/devaluasi-kartu-kredit-citi-prestige-di-tahun-2020-yang-tidak-sepenuhnya-buruk/
      https://pinterpoin.com/citi-prestige-memberikan-cashback-15-juta-rupiah-untuk-perpanjangan-kartu-kredit-di-2020/

  4. Hi Edwin,

    Apakah sudah ada update terbaru soal maximum km allowance per city nya?
    Sesuai T&C Luxury Airport Transfer Program di Citi website: “Luxury airport transfer services have a complimentary transfer allowance, which is based on driven kilometers in each city.”

    Kalaupun ada, sesuai perhitungan Edwin diatas, apakah untuk transport Tokyo Narita 71km masih disanggupi?

    Terima kasih.

    1. Saya baru saja memastikan melalui concierge Citi Prestige bahwa untuk Luxury Airport Transfer dari Narita Tokyo maximum KM limitnya adalah 85km – cukup untuk mengantar ke seluruh district di Tokyo.

      Jadi betul sekali perhitungan Edwin, bila kita memaximalkan benefitr Airport Transfer via Narita-Tokyo-Narita saja sudah meraup 3x+ keuntungan dar membayari 3.5jt annual fee.

      Membuat kartu ini sangat layak dipertimbangkan untuk lifestyle travelling.

      1. Jurian,

        Benarkah? Informasi yang sangat menarik!! Bisa diinfokan Anda kontak dengan Citi Concierge siapa namanya dan apa saja yang dijelaskan?
        Saya baru saja dengar kalau khusus Tokyo Narita jaraknya adalah 85km instead of 40km seperti biasanya.

        1. Edwin,
          Saya baru saja menghubungi layanan Citi Prestige Concierge melalui Citi Prestige
          Executive di (021) 252 9700 siang ini. Unfortunately saya tidak menangkap nama officer conciergenya. Saya bertanya kalau benar nomor ini untuk layanan concierge Citi Prestige, dan saya menelfon karena diarahkan Citi Officer Premieremiles.

          Saya menjelaskan bahwa saya belum menjadi nasabah Citi Prestige, saat ini hanya memiliki kartu Premiermiles, dan ingin mengetahui info lebih seputar benefit sebelum saya memutuskan untuk upgrade.

          Lalu saya bertanya bahwa tertulis di e-booklet, seperti dikutip di komentar awal, bahwa terdapat maksimum KM limit per kota, saya bertanya spesifik soal limit KM Luxury Airport Transfer dari Narita Tokyo.

          Setelah menunggu setidaknya 5 menit, OffIcer Citi Presitge kembali dengan jawaban yang sudah dipastikan dari ‘Concierge’ bahwa limit KM dari Narita Tokyo adalah 85km.

          Sangat menarik!

          Sayang, saya juga memastikan bahwa promo cashback 1.5jt hanya berlaku untuk Nasabah baru atau Renewall Annual Fee — tidak berlaku untuk nasabah yang ingin upgrade.

      2. Jurian,

        Betul sekali saya sudah mengkonfirmasi kepada pihak Citi bahwa luxury airport transfer di beberapa destinasi tidak dibatasi hanya 40km. Terimakasih atas informasinya dan artikel mengenai informasi terkait sudah saya terbitkan.

  5. Edwin,

    Kalau kita book hotel via Prestige, apakah terap bisa mendapat point Hilton/Accor/dll? Caranya bagaimana supaya saya tetap bisa mendapat point hotel & tetap mendapat elite status saya?

    Untuk keringanan AF, saya sudah HUCA ke beberapa agen tapi kok dikatakan tdk ada y? Apa sudah ditiadakan? Mengingat situasi yg tidak kondusif untuk traveling, apakah todak lebih baik Prestige tdk diperpanjang dulu & setelah situasi normal, baru apply kembali?

  6. halo,,,saya tertarik utk apply citi prestige ini,,,apakah ada rekan-rekan yg mempunyai kenalan ? saat ini saya sdh mempunyai standard chartered world miles, BCA JCB Black,,saya berencana ingin menambah CC ini.

  7. Apakah bila kita memakai fasilitas antar jemput mewah begini kita harus memberi tips ko driver? kalau harus, berapa kita beri? mengkin bisa di beri kira kira pemberian tips per negara. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea