Devaluasi Kartu Kredit Citi Prestige Di Tahun 2020 (Yang Tidak Sepenuhnya Buruk)

Salah seorang pembaca PinterPoin baru saja menginformasikan kami mengenai perubahan drastis mengenai manfaat yang diperoleh dari kartu kredit Citi Prestige. Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan tersebut dapat dikategorikan sebagai devaluasi. Namun, berbeda dengan pendapat banyak orang, saya tidak merasa bahwa devaluasi tersebut sepenuhnya buruk.

Berikut adalah summary perubahan manfaat kartu kredit Citi Prestige di tahun 2020 mendatang seperti yang saya kutip dari booklet Citibank Indonesia:

  • Fitur 4th Night Free

Fitur 4th Night Free dari Citi Prestige akan dikurangi dari tidak terbatas menjadi hanya 5 (lima) kali dalam satu tahun kalender.

  • Fitur lounge access menggunakan Priority Pass

Fitur lounge access menggunakan Priority Pass akan dikurangi dari tidak terbatas menjadi hanya 5 (lima) kali dalam satu tahun kalender.

  • Fitur luxury airport pick-up/drop-off 

Fitur luxury airport pick-up/drop-off akan ditambah dari 2 (dua) kali menjadi 5 (lima) kali dalam satu tahun kalender.

  • Fitur meet & assist service atau fast track immigration

Tidak ada informasi mengenai layanan meet & assist service ataupun fast track immigration dalam booklet Citi Indonesia terbaru sehingga bisa diasumsikan bahwa fitur ini dihilangkan sepenuhnya. 


Baca Juga

https://pinterpoin.com/2019/07/06/review-kartu-kredit-citi-prestige/


Penutup

Devaluasi kartu kredit Citi Prestige di tahun 2020 mendatang ini tidak sepenuhnya buruk karena salah satu fitur paling unik dari kartu kredit ini yakni free luxury airport pick-up/drop-off justru mengalami peningkatan kuantitas. Terutama bagi Anda yang sering berpergian dengan keluarga Anda dan membawa banyak bagasi, tentunya hal ini merupakan berita baik.

Luxury airport transfer ke Tokyo Narita bisa memakan biaya 2,5 ~ 3,5 juta Rupiah one way.

Secara pribadi, saya memvaluasi fitur free airport pick-up/drop off sangat tinggi. Oleh karena itu, saya tidak merasa devaluasi Citi Prestige ini benar-benar buruk. Hanya saja, bagi Anda yang sangat membutuhkan fitur airport lounge, fast track immigration, ataupun 4th night free, maka boleh dikata devaluasi ini akan cukup terasa.

Menariknya, terdapat rumor bahwa mulai tahun 2020 mendatang, annual fee dari kartu kredit Citi Prestige akan bisa dihapuskan dengan syarat tertentu. Sebelumnya, annual fee dari kartu kredit ini 100% tidak bisa dihapuskan. Apabila rumor ini memang benar, maka tentunya kartu kredit Citi Prestige akan tetap layak untuk dimiliki 😉

.

Apa pendapat Anda mengenai ‘devaluasi’ manfaat kartu kredit Citi Prestige di tahun 2020 mendatang ini?

Kredit: Freddy W. & Fido

Share
10 comments
  1. Halo Edwin. Apakah WNA yang tidak tinggal di Indonesia bisa apply and mendapatkan kartu kredit ini (asal memenuhi persyaratan CITIBank tentunya) ?

      1. Terima kasih Edwin. Aku kagum sekali dengan travel benefit CITI Prestige Indonesia. Jauh lebih bagus daripada travel benefit CITI Prestige Amerika and jauh lebih murah.

        1. Jason,

          Saya sangat setuju untuk hal tersebut 🙂 Citi Prestige boleh dikata merupakan salah satu kartu kredit terbaik di Indonesia dalam hal fasilitas dan konvertibilitas.

    1. Sebenarnya Sangat susah. Karena Tiap org pemakaian fitur tertentu berbeda2.

      Makanya Apakah 1 kartu worth untuk di bayar AF Atau worth untuk di kejar T&C Untuk Pembebasan AF Itu Sangat tergantung kembali ke pribadi masing2.

      Contoh saya ada unlimited priority pass jg dari kartu lain, Adanya devaluasi limit untuk priority pass kartu citibank prestige ini tidak pengaruh buat saya.

      Meet and greet juga Sangat hal sepele Karena sering x saya naik SQ business class and above selalu di beri fast pass di Bandara besar tiap negara untuk kelewat jalur Khusus imigrasi(Kecuali Indonesia)

      Tapi Adanya berita bahwa citibank prestige Bisa di waive AF Dan fitur meet & greet yg Justru tidak saya miliki di kartu lain Itu membuat saya Tertarik untuk memiliki nya. Sayangnya Sepertinya kartu yg Sangat susah di miliki Kecuali rela menaruh Dana untuk menjadi nasabah citigold.

  2. Kebetulan saya baru dapat kartu citi prestige ini 3 bulan yang lalu, jujur sedikit kecewa dengan penurunan ini karena tujuan saya buat dapet unlimited priority pass dikarenakn kartu citi ini ga ada free lounge buat domestik jadi cuma mengandalkan dari priority pass. Untuk design kartunya berubah apakah ada info juga untuk tipe material kartunya apakah berubah ke metal card kayak di luar atau masih plastik?

    1. Adi,

      Seperti yang sudah saya tulis, tiap orang memiliki persepsi sendiri-sendiri akan benefit yang mereka peroleh dari kartu ini. Kalau untuk saya sendiri sih unlimited Priority Pass kurang berguna bahkan untuk lounge domestik sekalipun karena seringkali pihak airline sudah memberikan fasilitas airport lounge.

      Untuk material kartu, saya rasa masih akan plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea