Salah satu pertanyaan yang paling sering kami terima di PinterPoin adalah: “Apakah iuran tahunan (nama kartu kredit) bisa dihapuskan?” Hampir setiap hari pertanyaan seperti itu akan muncul di kolom komentar ataupun umpan balik PinterPoin.

Dan saya tidak menyalahkan. Iuran tahunan alias annual fee boleh dikata adalah musuh utama bagi pengumpul airline miles lewat kartu kredit. Jika di Indonesia tidak ada kartu kredit yang memberikan fasilitas free annual fee, maka saya yakin popularitas kartu kredit tidak akan melonjak seperti sekarang.

Di Indonesia, kartu kredit identik dengan free annual fee. Kredit: Parade.com

Dari portofolio kartu kredit saya sendiri, katakanlah apabila saya tidak berhasil mem-waive seluruh annual fee kartu kredit yang saya miliki, maka saya akan membayar sekitar 7,7 juta Rupiah per tahun hanya dari tagihan iuran tahunan! Jumlah yang tentunya tidak sedikit.

Tapi apakah hal tersebut berarti kartu kredit yang memiliki annual fee yang tidak bisa dihapuskan tidak layak untuk dimiliki? Tidak selalu.

Bergantung pada situasi dan valuasi Anda, maka beberapa kartu kredit tetap layak dimiliki walaupun Anda harus membayar annual fee-nya.

Berikut adalah beberapa contoh valuasi saya untuk kartu kredit yang bisa/tidak bisa digratiskan iuran tahunannya:

Citi Prestige (Iuran Tahunan: 3.500.000 Rupiah)

Iuran Tahunan Kartu Kredit

  • Fitur 4th Night Free: Saya tidak memvaluasi terlalu tinggi fasilitas ini karena VISA sedang mengadakan promo serupa sehingga saya hanya memvaluasi program ini senilai 500.000 Rupiah.
  • Airport pick up/drop-off 2 kali setahun: Saya sering ke Jepang dan tarif pick up/drop-off menggunakan mobil mewah dari bandara Narita biasanya berkisar antara 1,5 – 2 juta Rupiah. Oleh karena itu, saya memvaluasi fasilitas ini sebesar 3.000.000 Rupiah (1.500.000 x 2).
  • Unlimited Priority Pass: Membership Priority Pass kelas ‘Prestige‘ adalah 429 USD. Hal ini berarti benefit ini bernilai kurang lebih 6.000.000 Rupiah.
  • Welcome Bonus sebesar 30.000 airline miles: PinterPoin memvaluasi KF Miles/Asia Miles sebesar 210 Rupiah/miles. Oleh karena itu, welcome bonus ini bisa ditranslasikan sebagai benefit senilai 6.300.000 Rupiah.
  • Meet & assist service atau fast track immigration 2 kali setahun: Saya tidak terlalu memerlukan kedua fasilitas tersebut sehingga saya hanya mem-valuasinya 200.000 Rupiah (100.000 x 2).
  • Fitur perolehan airline miles setiap 7.500 Rupiah: Fitur ini tidak terlalu spesial karena banyak kartu kredit yang memiliki earning rate lebih bagus. Saya memvaluasinya 500.000 Rupiah.

Dari perhitungan diatas, dapat diketahui bahwa Anda bisa memperoleh benefit senilai 16.500.000 Rupiah dari kartu tersebut dibandingkan dengan iuran tahunan yang harus Anda bayar sebesar 3.500.000 Rupiah. Apakah kartu kredit ini worth it untuk dimiliki? Secara pribadi saya akan menjawab YA.

.

BCA Singapore Airlines Visa Infinite (Iuran Tahunan: 750.000 Rupiah)

Iuran Tahunan Kartu Kredit

  • Welcome Bonus sebesar 12.500 airline miles: PinterPoin memvaluasi KrisFlyer Miles sebesar 210 Rupiah/miles. Oleh karena itu, welcome bonus ini bisa ditranslasikan sebagai benefit senilai 2.625.000 Rupiah.
  • Free Starbucks di bandara: Mengasumsikan Anda memanfaatkan free starbucks ini 10 kali setahun dan harga 1 gelas starbucks ukuran tall adalah 50.000, maka benefit ini bernilai 500.000 Rupiah (50.000 x 10).
  • Fitur perolehan airline miles setiap 8.000 Rupiah dengan fitur spending bonus: Fitur ini cukup spesial karena semakin banyak Anda bertransaksi, maka semakin bagus pula earning rate kartu kredit ini. Saya memvaluasinya 800.000 Rupiah.

Dari perhitungan diatas, dapat diketahui bahwa Anda bisa memperoleh benefit senilai 3.925.000 Rupiah dari kartu tersebut dibandingkan dengan iuran tahunan yang harus Anda bayar sebesar 750.000 Rupiah. Apakah kartu kredit ini worth it untuk dimiliki? Secara pribadi saya akan menjawab YA.

.

UOB PRIVI Miles (Iuran Tahunan: 1.000.000 Rupiah)

Iuran Tahunan UOB PRIVI Miles

  • Welcome Bonus sebesar 4.500 airline miles: PinterPoin memvaluasi KF Miles/Asia Miles sebesar 210 Rupiah/miles. Oleh karena itu, welcome bonus ini bisa ditranslasikan sebagai benefit senilai 945.000 Rupiah.
  • Fitur perolehan airline miles setiap 8.000 Rupiah dengan fitur double point untuk transaksi dalam mata uang asing: Fitur ini cukup spesial, oleh karena itu saya memvaluasinya senilai 700.000 Rupiah.

Dari perhitungan diatas, dapat diketahui bahwa Anda bisa memperoleh benefit senilai 1.645.000 Rupiah dari kartu tersebut dibandingkan dengan iuran tahunan yang harus Anda bayar sebesar 1.000.000 Rupiah. Apakah kartu kredit ini worth it untuk dimiliki? Jika memperhitungkan welcome bonus, maka jawabannya adalah YA.

Namun apabila saya memiliki kartu kredit dengan earning rate yang jauh lebih bagus dan tidak memperhitungkan welcome bonus, maka secara pribadi saya akan memilih untuk tidak memiliki kartu kredit UOB PRIVI Miles ini jika annual fee-nya tidak bisa dihapuskan. Hal ini dikarenakan benefit yang saya peroleh lebih kecil dari annual fee yang harus saya bayarkan 🙂 .


Baca juga: 6 Kartu kredit Di Dompet Saya Sekarang
Baca juga: 3 Cara Ampuh Menghapus Iuran Tahunan Kartu Kredit

Penutup

Tidak semua kartu kredit memiliki iuran tahunan yang bisa dihapuskan. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan betul apakah suatu kartu kredit tetap untuk layak dimiliki apabila annual fee dari kartu tersebut tidak bisa dihapuskan.

Secara pribadi, saya akan merekomendasikan Anda untuk tidak menutup kartu kredit Anda walaupun diharuskan membayarkan annual fee terutama jika:

  1. Anda tidak memiliki kartu kredit dengan earning rate yang lebih bagus dibandingkan dengan kartu tersebut.
  2. Kartu tersebut adalah satu-satunya kartu kredit yang Anda miliki.
  3. Kartu tersebut memiliki benefit yang jauh lebih besar dibandingkan dengan cost yang Anda keluarkan.

.

Apakah Anda memiliki kartu kredit dengan iuran tahunan yang tidak bisa dihapuskan?