Apabila Anda mengikuti beberapa artikel di PinterPoin tentang Marriott, Anda tentu pernah mendengar tentang free night award dari Marriott. Optimalnya, sertifikat gratis menginap tersebut akan lebih ideal & menguntungkan untuk digunakan di luar negeri. Namun, di tengah pandemi ini Anda tentu akan sedikit kesulitan untuk bepergian ke luar negeri.

Oleh karena itu, opsi paling memungkinkan adalah menukarkannya untuk hotel Marriott di Indonesia. Di mana saja Anda dapat memakai voucher tersebut di Indonesia?

Apa itu Free Night Award dari Marriott?

Marriott terkadang memberikan voucher 1 malam gratis bagi anggotanya. Secara umum, di Indonesia ada 2 jenis voucher yang umum ditemui:


Baca juga: Panduan Lengkap Marriott Bonvoy


Hotel apa saja yang bisa saya dapatkan dengan Free Night Award dari Marriott?

Menurut award chart Marriott, jumlah poin yang diperlukan untuk mendapatkan 1 malam gratis dibagi menjadi 8 kategori dan 3 jenis waktu (Off Peak, Standard, dan Peak). Saya akan membagi daftar ini berdasarkan kategori hotel dan merek menurut Marriott.

Marriott pada dasarnya membagi 30 merek hotelnya menjadi 3 kategori utama:

Marriott Bonvoy membagi hotelnya ke 3 kategori: Mewah, premium, dan layanan terbatas.

Kategori 1-3 (kapanpun)

Hotel di kategori ini biasanya terdiri dari hotel layanan terbatas. Walaupun begitu, mengingat harga hotel di Indonesia cukup rendah Anda dapat menemui cukup banyak hotel layanan premium.

Promo "BOG" Terima Kasih Indonesia Marriott Bonvoy

The Hermitage merupakan salah satu opsi penukaran terbaik di kategori 1-3.

Mewah:

Premium:

Layanan terbatas:


Kategori 4 (Off Peak & Standard untuk voucher promo anggota baru, kapanpun untuk voucher dari Annual Choice Benefits)

Hotel kategori 4 di Indonesia cukup didominasi oleh properti di daerah dengan banyak turis asing seperti Bali atau Batam. Karena kategori di kedua tempat tersebut terlalu tinggi dibandingkan dengan propertinya, saya lebih merekomendasikan The Westin Jakarta.

The Westin Jakarta menawarkan opsi yang bagus di antara hotel kategori 4.

Mewah:

  • Tidak ada.

Premium:

Layanan terbatas:


Kategori 5 (Kapanpun untuk voucher dari Annual Choice Benefits)

Selain beberapa Ritz-Carlton, hotel di kategori 5 di Indonesia pada umumnya tidak memberikan upgrade yang signifikan dari kategori 4.

Mayfair Suite di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place dapat Anda dapatkan dengan malam gratis dari Annual Choice Benefits.

Mewah:

Premium:

Layanan terbatas:

  • Tidak ada.

Kategori 6 (Off Peak untuk voucher dari Annual Choice Benefits)

Di Indonesia hanya ada 1 properti Marriott di kategori 6, yaitu The Ritz-Carlton Bali.

Kesimpulan

Walaupun Anda saat ini tidak dapat pergi ke luar negeri, bukan berarti Anda tidak dapat menggunakan free night award di properti yang bagus. Selalu pastikan bahwa properti yang Anda pilih menawarkan nilai yang bagus sebelum mengambil malam gratis.

 

Di manakah Anda akan menggunakan free night award dari Marriott?