Setelah Alila Ubud, saya berkesempatan mengunjungi Element by Westin Ubud yang terletak tidak jauh dari hotel saya sebelumnya.

Perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit dan saya memutuskan untuk menginap di hotel ini selama 1 (satu) malam dalam rangka promo Savetember yang menawarkan rate Rp500.000,- nett per malam pada weekday.


Sekilas Informasi

Element by Westin Ubud adalah satu-satunya properti Marriott di Indonesia dengan brand ‘Element’. Hotel ini memiliki 152 kamar dan terletak di jalan raya Andong di Ubud. Berikut deskripsi singkat hotel tersebut seperti yang saya kutip dari website Marriott Bonvoy:

Located near to Ubud City Centre, Element by Westin Bali Ubud offers an accommodation with a range of healthy food and wellness activities. At this property guests can enjoy the natural saline swimming pool and tailored spa at the PancaMaya Wellness. Daily morning yoga is offered from sunrise to sunset. Each accommodation at the 4-star hotel has pool views, and guests can enjoy access to a fitness centre. The property provides a 24-hour front desk and free high-speed WiFi.”

Lokasi Element by Westin Ubud terletak di jalan besar

Berbanding terbalik dengan Alila Ubud, hotel ini terletak dekat dengan pusat keramaian kota Ubud sehingga Anda tidak akan sulit menemui minimarket, restoran, ataupun toko-toko yang menjual berbagai pernak-pernik khas Ubud.


Hotel Review

Kesan pertama saya begitu masuk ke kompleks hotel Element by Westin Ubud adalah back to nature dan kesan tersebut tidak sepenuhnya salah karena hotel ini memiliki area hijau yang luas dan dikelilingi oleh hutan dan sungai di bagian samping hotel.

Sebagai member platinum elite dari Marriott Bonvoy, saya diinformasikan ketika check-in bahwa kamar saya di-upgrade menjadi Punyan Suite. Element sendiri memiliki 2 jenis suite yaitu Punyan Suite dan Puri Penthouse (yang masih dikategorikan sebagai suite). Sekilas, untuk bisa memperoleh Puri Penthouse, Anda harus memiliki status Titanium atau lebih tinggi.

Terdapat 2 jenis welcome gift yang ditawarkan hotel ini yaitu 500 poin atau boneka yang cukup lucu (saya lupa mengambil fotonya); Saya memilih 500 poin dan menyesalinya dikemudian hari karena boneka tersebut sebenarnya bisa menjadi hadiah giveaway PinterPoin yang cukup menarik.

Lobby hotel

View hotel Element by Westin Ubud dari lobby hotel

Hotel ini literally dikelilingi oleh alam

Kamar Punyan Suite saya sendiri cukup bagus dan lega dalam artian kamar ini didesain sedemikian rupa hingga terasa well balanced sekali.

Di kamar ini, terdapat meja yang bisa digunakan sebagai workdesk, kabinet tempat menaruh barang, kursi untuk bersantai, dan sofa yang terkesan out of place namun juga bisa digunakan untuk bersantai.

Penampakan kamar Punyan Suite

Kasur dan area tidur dari kamar Punyan Suite

Tampilan kamar Punyan Suite dari samping

Koridor menuju bathroom

Kabinet yang bisa digunakan untuk menaruh barang dan koper

In-room amenity dari Element by Westin Ubud

Dua hal yang saya sangat suka dari hotel ini adalah ranjangnya yang sangat nyaman (mereka menggunakan The Heavenly® Bed layaknya Westin) dan kamar mandinya (lebih spesifiknya – bathtub).

Kasur dan bantal dari hotel ini benar-benar ‘pas’. Tidak terlalu empuk namun juga tidak terlalu padat. Selama liburan saya di Bali, saya bisa dengan yakin mengatakan bahwa tidur terpulas saya adalah di hotel ini dan hal tersebut bukan karena kelelahan 😉

Sedangkan kamar mandi dari hotel ini juga entah kenapa terasa sangat nyaman bagi saya. Tekanan air dan temperatur dari shower sangat pas, desain kamar mandi-nya juga cukup modern dan luas, dan yang terutama adalah bathtub-nya yang spotless, ergonomis, dan memiliki sandaran tempat Anda bisa menaruh handuk ataupun gadget Anda.

Kamar mandi Punyan Suite

Kamar mandi Punyan Suite terkesan luas dan cukup mewah

Sayangnya, bath amenity terkesan kurang mewah karena menggunakan dispenser

Kamar Punyan Suite juga dilengkapi dengan balkon yang sangat cocok digunakan untuk bersantai di siang ataupun malam hari. View dari balkon kamar saya sendiri cukup bagus sehingga saya banyak menghabiskan waktu di sini.

Jalan menuju balkon kamar

Balkon kamar lengkap dengan kursi untuk bersantai

View dari balkon kamar

Mungkin satu-satunya kekurangan dari kamar Punyan Suite yang sempat saya tempati ini adalah kamar tersebut memiliki sedikit bau undermaintained; Seperti bau kamar yang sudah cukup lama tidak digunakan.

Tapi saya tidak bisa menyalahkannya mengingat rendahnya tingkat okupansi akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Untungnya kualitas ranjang, bantal, dan kamar mandi Punyan Suite ini bisa menutup kekurangan tersebut dengan signifikan.

Kompleks Hotel

Seperti yang sempat saya tulis diatas, kompleks hotel Element by Westin Ubud berbatasan dengan hutan dan sungai di bagian belakang hotel sehingga kesan back to nature benar-benar terasa. Hampir seluruh area hotel dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun dan di halaman belakang hotel, terdapat sejenis kebun kecil dengan berbagai buah-buahan seperti pisang ataupun nangka.

Kebun buah di bagian samping hotel

Satu hal yang benar-benar mentereng dari hotel ini adalah gedung utamanya yang sangat iconic dan seringkali digunakan sebagai foto utama dalam menampilkan hotel ini di websitenya maupun di berbagai OTA. Beserta dengan lobby, saya merasa bahwa stairway ke breakfast area ini adalah lokasi yang paling instagrammable dari hotel ini.

Penampakan gedung utama hotel di siang hari

Penampakan gedung utama hotel di malam hari

Kompleks hotel dipenuhi oleh area hijau

Penampakan gedung samping hotel

Element by Westin ubud memiliki banyak area hijau

Satu hal lagi yang cukup saya sukai dari hotel ini adalah kolam renangnya yang cukup unik. Terdapat 3 area kolam renang yaitu child pool yang dibatasi dengan sekat, infinity pool yang sangat instagrammable, dan kolam dasar. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai dengan keluarga ataupun pasangan Anda.

Child pool yang dibatasi dengan sekat

Kolam renang utama dengan konsep infinity pool

Kolam renang dasar

Berbicara mengenai keluarga, hotel ini bisa dikatakan sangat child friendly dan family friendly terlihat dari fasilitas hotel ini yang menyediakan kids area tepat di sebelah business center dan juga fasilitas sepeda yang dipinjamkan secara cuma-cuma pada tamu hotel.

Kids area

Business center

Terdapat penyewaan sepeda secara cuma-cuma untuk tamu hotel (termasuk sepeda roda tiga)

Hotel ini juga dilengkapi dengan tempat spa & massage bernama Pancamaya wellness dan juga pusat kebugaran (gym) yang memiliki peralatan cukup lengkap walaupun tempatnya cukup terbatas. Sekali lagi, kedua tempat ini sangat well designed layaknya berbagai bagian hotel lainnya.

Pancamaya Wellness menawarkan paket spa & massage dengan harga terjangkau

Pusat kebugaran (gym)

Pusat kebugaran (gym)

Saya juga menyempatkan diri untuk mengelilingi kompleks hotel sebagai bagian dari review.

Puri Penthouse terletak di lantai paling atas hotel ini

Element by Westin Ubud memiliki desain yang sangat baik dan iconic

Hanya saja, objek foto favorit saya di hotel ini justru adalah patung-patunya yang boleh dikata cukup ‘nyentrik’. Saya terutama menyukai patung tiga monyet ini 🙂 yang mungkin mengajarkan filosofi hidup yaitu jangan berbicara yang tidak perlu (alis menyebarkan gosip), jangan mendengar hal yang tidak diperlukan (alias mendengarkan gosip) dan jangan melihat hal yang tidak perlu dilihat.

Patung monyet yang menjadi photo spot favorit saya

Breakfast

Layaknya hotel-hotel di Bali yang masih buka selama era pandemi Covid-19, Element by Westin Ubud menyajikan breakfast dengan konsep ala carte untuk mengakomodir tamunya.

Breakfast area dari hotel ini sendiri terletak di gedung utama persis di bawah lobby. Kesan pertama saya ketika mengunjungi breakfast area ini adalah mereka menerapkan prinsip social distancing dengan ketat dan kebersihan selalu dijaga. Anda bisa memesan menu breakfast yang ada menggunakan barcode yang tersedia di meja.

Breakfast area hotel

Breakfast area hotel

Menu breakfast bisa dilihat dengan cara scan barcode

Untuk kopi ataupun teh, Anda harus mengambil dan meracik sendiri

Pilihan kopi yang tersedia

Untuk breakfast, saya memesan poached egg dengan bayam dan bacon dengan baked beans. Kedua makanan tersebut datang dengan porsi yang cukup besar dan rasanya pun tergolong cukup nikmat. Saya merekomendasikan kedua menu breakfast tersebut untuk Anda.

Poached egg & bayam (8/10) dan bacon & baked beans (8/10)

Saya juga menyempatkan untuk mencoba hidangan Indonesia mereka yaitu nasi goreng. Rasanya juga cukup memuaskan.

Nasi goreng (8/10)

Singkat kata, breakfast di hotel ini tidak boleh Anda lewatkan. Jika saya disuruh memilih antara breakfast atau 500 poin sebagai welcome gift; saya tidak akan ragu memilih breakfast mereka yang lezat 🙂

Penutup

Saya merekomendasikan Element by Westin Ubud bagi Anda yang mencari properti Marriott di kawasan Ubud dengan harga yang terjangkau, memiliki fasilitas yang lengkap, family friendly, dan generous terhadap member elit.

Mengingat lokasi hotel ini yang terletak tidak terlalu jauh dengan pusat keramaian Ubud, maka hotel ini juga cocok bagi Anda yang mencari akomodasi dengan lokasi yang strategi dan tidak jauh dari mana-mana. Lahan parkir yang melimpah juga mempermudah Anda yang membawa kendaraan sendiri.

Element by Westin Ubud memiliki desain yang unik dan value for money yang baik

Kebetulan sekali di Instagram Element by Westin Ubud, mereka menawarkan kembali paket menginap seharga Rp500.000,- nett per malam bagi Anda yang berencana menginap di Bulan Oktober dan menurut saya hal tersebut merepresentasikan good deal.

Secara pribadi, ranjang dan bantal yang sangat empuk (karena mereka menggunakan The Heavenly® Bed) dan bathtub di Punyan Suite sudah cukup untuk menarik saya kembali.

Tambahkan dengan pelayanan yang baik untuk member elit Marriott Bonvoy, lokasi yang strategis, breakfast yang nikmat, dan kolam renang dengan konsep infinity pool yang instagrammable, maka hal tersebut menjadi magnet tersendiri bagi saya untuk kembali mengunjungi hotel ini di masa depan.

(+) Value for moneybreakfast yang berkualitas, The Heavenly® Bed, family friendly, dan banyak photo spot yang instagrammable

(-) Beberapa kamar mungkin sedikit memiliki bau kamar yang kurang terawat

 

Apakah Anda tertarik untuk menginap di Element by Westin Ubud?