DEVALUASI: CIMB Niaga Akan Menurunkan Rate Penukaran KrisFlyer Miles Sebesar 50%

Akan terdapat devaluasi besar pada hampir seluruh kartu kredit terbitan CIMB Niaga pada 1 Januari 2023 di mana rate penukaran poin X-Tra CIMB menjadi KrisFlyer Miles akan turun sebanyak 50%.

Secara praktis, hal ini berarti kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate, CIMB Niaga Visa Infinite, dan CIMB Niaga World MasterCard akan memiliki earning rate sebesar Rp7.500/1 mile KrisFlyer efektif pada 1 Januari 2023 mendatang dari sebelumnya Rp5.000/mile KrisFlyer.

Hal ini membuat kartu kredit terbitan CIMB Niaga tidak lagi menjadi kartu kredit dengan perolehan KrisFlyer Miles terbaik di Indonesia.

Devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate
CIMB Niaga JCB Ultimate tidak akan lagi menjadi kartu kredit dengan perolehan KrisFlyer Miles terbaik di Indonesia setelah devaluasi ini

Berikut adalah SMS yang diperoleh oleh salah satu pembaca PinterPoin pada tanggal 24 November 2022 lalu:

“Per 1 Jan’23, Konversi Poin Xtra (PX) ke KrisFlyer Miles (KF) menjadi 3,000 PX = 223KF (Ultimate)/1,000KF (World)/667KF(Infinite) [Rp7,500 = 1 KF]. Info 1500800”

Sebelumnya, CIMB Niaga memiliki rate konversi Poin X-Tra menjadi KrisFlyer Miles sebagai berikut:

Dengan devaluasi ini, maka poin X-Tra Anda akan memiliki konversi yang lebih sedikit efektif pada 1 Januari 2023 mendatang. Berikut adalah rate konversi baru sesuai dengan SMS yang dikirimkan:


Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga JCB Ultimate

Baca juga: Devaluasi Spending Reward Kartu Kredit CIMB Niaga


Penutup

CIMB Niaga akan mengalami devaluasi yang cukup signifikan pada 1 Januari 2023 mendatang untuk konversi poin X-Tra menjadi miles KrisFlyer. Dengan devaluasi ini, baik kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate maupun CIMB Niaga Visa Infinite/Mastercard World tidak lagi menjadi kartu kredit terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles.

Devaluasi pada 1 Januari 2023 mendatang mengubah rate penukaran Poin Xtra CIMB menjadi KrisFlyer Miles

Langkah devaluasi ini tentunya sangat disayangkan, namun expected mengingat peminat points & miles di Indonesia semakin banyak akibat mahalnya harga tiket dan rasa penasaran masyarakat akan cara traveling murah atau bahkan gratis namun mewah.

Jika dipikir-pikir kembali, rata-rata kartu kredit terbitan bank di Indonesia memiliki rate perolehan KrisFlyer Miles antara Rp7.500 – 10.000/mile namun hanya CIMB Niaga (dan BCA Singapore Airlines PPS Club) yang memiliki rate perolehan Rp5.000/mile KrisFlyer.

Dengan logika tersebut, kita pasti tahu bahwa CIMB pasti mensubsidi earning rate tersebut dan ketika peminat dunia points & miles membludak seperti saat ini (ya, MasterClass PinterPoin selalu 100% full) maka all good things have to end dan hal tersebut termasuk perolehan miles KrisFlyer yang fantastis di kartu kredit terbitan CIMB Niaga.

Solusinya? Jika Anda mau kartu kredit yang anti-devaluasi maka jawabannya adalah Kartu Kredit Amerika yang justru semakin bagus (upvaluasi) setiap tahunnya meskipun iuran tahunan tidak bisa digratiskan 🙂

Apa pendapat Anda mengenai devaluasi rate penukaran poin Xtra CIMB menjadi KrisFlyer Miles ini?

Share
20 comments
    1. Stephen,

      yang sebagaus JCB Ultimate? Hanya ada BCA Singapore Airlines PPS Club yang mana earning rate juga 5.000 Rupiah – hanya saja mustahil untuk mendapatkannya jika bukan member PPS Singapore Airlines; Akan lebih murah dan praktis untuk mengajukan kartu kredit Amerika yang memiliki banyak kartu dengan earn rate 5.000 Rupiah = 1 miles.

      1. Apakah penggunaan cc amerika ada konversi mata uang ? karna origin cc adalah amerika jd smua expenses akan di konversi ke usd dahulu?

        1. Zee,

          Iya betul sekali langsung dikonversi. Tapi kartu kredit US hampir semuanya memiliki 0% foreign transaction fee atau bahkan Anda bisa untung.

  1. Untuk QRIS dengan kartu ktedit hanya bisa Octo ya kak di Indonesia?

    Dana cuma bisa CC kalau di scan di HP, bukan scan QR di EDC nya

    1. Sedikit info..bukan hy cimb ya yg bisa byr pk QR di Mbanking.

      *** Ada Bank Mega >>> Byr Qr dgn sumber kartu kredit mega yg sdh di link di Msmile

      *** BRI Juga Dgn Brimo nya sdh uji cona Byr Bia Scan QR ,dgn sumber dana kartu kredit Bri yg sdh di link di Brimo ( hy CC BRI Reguler ya ,Tdk Utk CC Bri Co Brand)

      Semoga membantu

  2. Edwin,

    Thanks buat info nya, biarpun saya masih shock sampai sekarang. Langsung pusing . Ada ide untuk penukaran points CIMB supaya bisa last longer, mengingat KF expire dalam 3 tahun saja? Biarpun saya pakai 3x/tahun berdua ke EU/US in J kuatirnya masih tidak bisa habis, mengingat kemarin saya barusan mengosongkan poin HSBC juga (biarpun sudah saya bagi antara KF dan AM)

    1. Mantap sekali pointnya.. setahun bisa 2x Star Alliance Round The World berdua berarti selama 3 tahun berturut-turut.. Bagikan tips ternak poinnya kak. haha

  3. Hi kak pinterpoint
    Saya mau tanya saya pingin tukarkan point cimb saya sblm 1 januari tp nunggu juga kriflyer bonus campaign 2022tiap taun biasanya akhir taun bonus 15% itu
    Apa suda ada info kak kapan ada krisfler bonus campaign 2022?

  4. Izin bertanya.
    Andai kata kita contact call centre cimb niaga pd tgl 29 des 2022 utk melakukan point convertion menjadi krisflyer miles.
    Miles nya bisa saja mkn waktu 5 sampai 7hr kerja. Dimana dlm keadaan ini sdh tgl 5 Jan 2023.
    Nah dlm keadaan gini cimb tetap pakai rumus yg lama (1mile = 5rb) atau rumus yg devaluation (1mile = 7.5rb).

    1. Bantu jawab, dengan rumus yang lama. Pengalaman devaluasi penukaran HSBC rate dihitung per tanggal redeem, bukan tanggal miles masuk ke akun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea