Devaluasi: CIMB Niaga Akan Mengubah Ketentuan Spending Reward Efektif 1 Agustus 2022

CIMB Niaga akan mengubah ketentuan spending reward pada seluruh kartunya (JCB Ultimate, Visa Infinite, Preferred Visa Infinite, dan Preferred Visa Infinite Syariah) efektif pada 1 Agustus 2022 mendatang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan ini berdampak negatif sehingga bisa dikatakan bahwa terdapat devaluasi pada seluruh program spending reward kartu kredit CIMB Niaga. Berikut adalah detail dari perubahan program spending reward tersebut seperti yang saya kutip dari website CIMB Niaga:

Syarat & Ketentuan:

  1. Maksimum klaim 2x per tahun.
  2. Transaksi yang diperhitungkan adalah transaki kartu hadir (face to face transaction) dan onlinetidak termasukcash advance, CashPlus, fees & charges, bills payment, transaksi yang sudah diubah menjadi cicilan, ataupun transaksi yang sudah di klaim untuk program Cashback 4% khusus untuk Kartu JCB Ultimate.
  3. Periode klaim maksimum 2 bulan setelah billing cycle/transaksi tercetak dalam tagihan.
  4. Seluruh Poin Xtra yang terkumpul pada 2 billing cycle tersebut tidak boleh ditukarkan dengan hal lain, jika ditukarkan dengan hal lain maka akan dihanguskan.
  5. Transaksi harus genuine, transaksi yang terdeteksi oleh Bank termasuk transaksi tidak wajar maka tidak dimasukkan ke dalam perhitungan.
  6. Nama yang tertera pada tiket hanya berlaku untuk kartu utama atau kartu tambahan.
  7. Tidak berlaku black out period sesuai ketentuan maskapai penerbangan dan maksimum jangka waktu perjalanan adalah 21 hari.
  8. Segala pembatalan dan perubahan tiket dengan alasan dan kondisi apapun akan diproses sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan dan menjadi tanggung jawab nasabah.
  9. Informasi selengkapnya atau apabila ingin mengikuti program ini hubungi Layanan CIMB Niaga 1500800.
  10. Khusus untuk Kartu Kredit Visa Infinite, ketentuan Penghapusan Iuran Tahunan (waive annual fee) dengan Program Spending Reward tidak akan berlaku efektif 1 Agustus 2022.

Secara praktis, berikut adalah perubahan-perubahan yang ada pada setiap kartu kredit yang memiliki fitur penukaran spending reward dari CIMB Niaga:

CIMB Niaga JCB Ultimate

  • Nilai total transaksi minimum meningkat dari 200.000.000 menjadi 210.000.000 (peningkatan 5%)
  • Periode transaksi meningkat dari 2 bulan menjadi 3 bulan dengan tambahan syarat minimum transaksi 70.000.000 per bulan
  • Tidak terdapat perubahan jumlah kuota penukaran per tahun yaitu masih di 2 tiket per tahun kalender.

CIMB Niaga Visa Infinite

  • Nilai total transaksi minimum meningkat dari 40.000.000 menjadi 75.000.000 (peningkatan 87,5%)
  • Periode transaksi meningkat dari 1 bulan menjadi 3 bulan dengan tambahan syarat minimum transaksi 25.000.000 per bulan
  • Terdapat perubahan jumlah kuota penukaran tiket per tahun dari 4 (empat) kali setahun menjadi 2 (dua) kali setiap tahun
  • Opsi penukaran spending reward dari transaksi dalam mata uang asing sebesar Rp15.000.000 dalam 1 (satu) billing cycle ditiadakan.

CIMB Niaga Preferred Visa Infinite

  • Nilai total transaksi minimum meningkat dari 50.000.000 menjadi 75.000.000 (peningkatan 50%)
  • Periode transaksi meningkat dari 2 bulan menjadi 3 bulan dengan tambahan syarat minimum transaksi 25.000.000 per bulan
  • Tidak terdapat perubahan jumlah kuota penukaran per tahun yaitu masih di 2 tiket per tahun kalender.

CIMB Niaga Preferred Syariah Visa Infinite

  • Nilai total transaksi minimum meningkat dari 50.000.000 menjadi 75.000.000 (peningkatan 50%)
  • Periode transaksi meningkat dari 2 bulan menjadi 3 bulan dengan tambahan syarat minimum transaksi 25.000.000 per bulan
  • Tidak terdapat perubahan jumlah kuota penukaran per tahun yaitu masih di 2 tiket per tahun kalender.

Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga JCB Ultimate

Baca juga: Review Kartu Krecit CIMB Niaga Visa Infinite


Tips: Tukarkan Spending Reward Anda Sekarang

Bagi Anda yang ingin menghindari perubahan (baca: devaluasi) spending reward dari kartu kredit CIMB Niaga ini, saya menyarankan Anda untuk menukarkan fitur spending reward dari kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate atau CIMB Niaga Visa Infinite pada billing statement bulan ini (Juni) dan/atau bulan depan (Juli).

Mengingat kartu kredit premium CIMB Niaga biasanya memiliki tanggal cetak di atas tanggal 20, maka terdapat 2 kesempatan bagi pemegang kartu kredit premium CIMB Niaga untuk menukarkan spending reward di syarat yang lama yaitu:

CIMB Niaga JCB Ultimate: Tukarkan 1 (satu) tiket bisnis All Nippon Airways (ANA) PP Jakarta – Jepang dengan menukarkan spending reward untuk billing statement di bulan Juni & Juli 2022.

CIMB Niaga Visa Infinite: Tukarkan 2 (dua) tiket ekonomi PP Singapore Airlines Jakarta – Singapura dengan menukarkan spending reward untuk masing-masing billing statement di bulan Juni & Juli 2022.

CIMB Niaga Preffered Visa Infinite: Tukarkan 1 (satu) tiket ekonomi PP Jakarta – Singapura/Bali dengan menukarkan spending reward untuk billing statement di bulan Juni & Juli 2022.

CIMB Niaga Preffered Syariah Visa Infinite: Tukarkan 1 (satu) tiket ekonomi PP Jakarta – Lombok/Kuala Lumpur dengan menukarkan spending reward untuk billing statement di bulan Juni & Juli 2022.

Penutup

CIMB Niaga kembali mendevaluasi spending reward program setelah sebelumnya melakukan hal yang sama di tahun 2020 lalu. Tetapi, layaknya airline miles ataupun hotel loyalty program pada umumnya, devaluasi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan.

Menurut saya pribadi, perubahan ketentuan spending reward dari CIMB Niaga ini paling berdampak pada kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite dikarenakan selain perubahan nominal transaksi minimum yang cukup drastis, perubahan ini juga mengurangi jatah penukaran tiket menjadi separuhnya saja sehingga secara efektif value yang ditawarkan dari kartu kredit ini juga boleh dibilang berkurang separuh.

Kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite adalah kartu yang paling terdampak oleh perubahan ketentuan spending reward ini

Saya secara pribadi merekomendasikan Anda untuk menukarkan spending reward CIMB Niaga pada billing statement di bulan Juni dan Juli 2022 ini khususnya untuk kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite dan CIMB Niaga JCB Ultimate.

Mengingat Jepang sudah buka kembali pada 10 Juni lalu (meskipun terbatas untuk group tour), maka tidak ada salahnya Anda membuat speculative booking menggunakan fitur spending reward dari kartu kredit JCB Ultimate ini. Toh, Anda bisa gratis reschedule selama setahun 😉 dan saya cukup yakin Jepang akan kembali menerima turis individual tidak lama lagi.

Apa pendapat Anda mengenai perubahan fitur spending reward kartu CIMB Niaga pada 1 Agustus 2022 ini?

Share

11 comments
  1. Hallo pak ed
    Untuk ikut program ini harus daftarkan diri dulu pak ? Atau tinggal spend saja dan setelah capai target tinggal contact call center ??

  2. Pak Edwin,

    Saya dan istri saya sudah pegang kartu ini, dan kami berencana pergi beriga bersama anak

    tapi saya baru sadar ada poin

    “6. Nama yang tertera pada tiket hanya berlaku untuk kartu utama atau kartu tambahan.”

    Apakah ini berarti anak saya tidak bisa mendapatkan tiket gratis?

    1. Ebi,

      Bisa diakalin dengan redeem tiket ANA menggunakan KrisFlyer lalu kemudian tiket tersebut di link ke tiket ANA dari CIMB Anda. Hal ini dikarenakan anak yang belum 17 tahun tidak bisa menjadi pemegang kartu tambahan.

      1. Dear Pak Edwin, terima kasih banyak pak atas jawabannya. Just to clarify, jadi pada prinsipnya solusi yg mungkin adalah dengan anak saya membeli tiket scr terpisah dengan melakukan redeem KF miles di ANA, lalu kemudian booking tiket anak saya dan tiket saya dan istri di link kan setelah semua booking sudah issued, betul begitu pak?

        terima kasih lagi sebelumnya

        1. Ebi,

          Betul sekali. Hanya saja belakangan tax ANA untuk penukaran via KrisFlyer ini cukup tinggi jadi ya cukup mahal juga sih.

  3. Syarat nya makin memberatkan hanya untuk mengejar 1 tix ke spore. Redeem krisflyer saat ini pun sangat sulit , tidak banyak seat available.

  4. Dear Pak Edwin

    Apakah redeem tiket tersebut juga akan memotong poin kita? Jika iya apakah lebih worth it utk menukarkan poin dengan KF miles daripada tiket.

    1. Vic,

      Iya memotong poin yang terkumpul selama periode 2/3 bulan tersebut. tentunya lebih worth it untuk ditukarkan jadi tiket karena dengan spending yang sama Anda sudah dapat tiket PP berbayar.

      1. misalkan kita spending per bulan 80 jt,jika ditukarkan ke tiket ekonomi dengan SQ seharga 15.000 pp per person+ 800rb tax
        mana yg lebih worthed jika dituker ke poin krisflyer atau tiket pp?

        1. Wilson,

          Sesuai kebutuhan, tetapi saya lebih prefer tiket PP dari CIMB Niaga karena merupakan tiket berbayar (bisa dapat miles lagi) dan juga bisa disesuaikan untuk kebutuhan. Kami merekomendasikan hanya untuk menukar miles yang Anda miliki setidaknya untuk penerbangan di kelas bisnis atau lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea