Update Status dan Manfaat Marriott Bonvoy untuk 2022

Marriott baru saja menerbitkan update ketentuan manfaat program Marriott Bonvoy di tahun 2022. Berikut detailnya:

Pemegang Status di 2021

Status yang Anda pegang saat ini akan terus berlaku hingga akhir Februari 2023, bahkan apabila Anda tidak menginap sama sekali di tahun 2021.

Perpanjangan Suite Night Award, Sertifikat Malam Gratis, dan Poin

Berikut ini akan diperpanjang hingga 30 Juni 2022:

  • Suite Night Award (SNA) yang akan kedaluwarsa pada 31 Desember 2021
  • Sertifikat malam gratis yang akan kedaluwarsa pada 2 Januari – 29 Juni 2022

Selain itu, poin yang Anda dapatkan tidak akan kedaluwarsa hingga 31 Desember 2022. Setelah itu, poin akan kedaluwarsa apabila tidak ada aktivitas perolehan maupun penukaran dalam 2 tahun terakhir seperti biasa.

Perubahan Sertifikat Malam Gratis

Di awal 2022, sertifikat malam gratis dapat di top-up hingga 15.000 poin melebihi poin maksimal sertifikat tersebut.

Sebagai contoh, sertifikat malam gratis dari Annual Choice Benefits 75 malam dapat digunakan untuk menginap di properti hingga maksimal 55.000 poin (40.000 poin normal + sisanya hingga 15.000 poin top-up).

Anda akan dapat menginap di W Bali dengan top-up sertifikat malam gratis Marriott. Foto: Marriott

Penukaran Poin Dinamis

Mulai Maret 2022, Marriott akan berhenti menggunakan sistem kategori dan off-peak/standard/peak untuk menentukan jumlah poin yang diperlukan untuk menginap.

Sebagai gantinya, Marriott akan menggunakan sistem poin minimal dan maksimal. Menurut Marriott, poin minimal dan maksimal tersebut akan kurang lebih mengikuti award chart yang berlaku saat ini.

PointSavers dan program menginap 5 malam hanya dengan membayar 4 malam juga tetap akan ditawarkan seperti sebelumnya.


Baca juga: Panduan Lengkap Marriott Bonvoy

Baca juga: Cerita Pembaca – Fifth Time is The Charm, Pengalaman Berjuang Mengajukan Status Match Marriott Bonvoy


Pendapat

Pemegang Status di 2021

Perpanjangan status ini tentu sangat diapresiasi – jaringan lain seperti Hilton dan Accor sudah melakukan perpanjangan serupa. Walaupun begitu, mengingat perjalanan internasional sudah pulih, kemungkinan besar ini akan menjadi perpanjangan status terakhir dari Marriott (dan jaringan lainnya) sebelum syarat normal kembali berlaku.

Jangan lupa, dengan perpanjangan ini maka akan ada jauh lebih banyak anggota elit Marriott di tahun 2022 sehingga tentunya di tahun tersebut akan sedikit lebih menantang lagi untuk bisa mendapatkan manfaat tertentu di properti Marriott seperti upgrade kamar:

Review Yogyakarta Marriott Hotel | PinterPoin
Upgrade ke suite di properti Marriott akan lebih menantang dengan lebih banyak anggota elit di tahun 2022.

Perpanjangan Suite Night Award, Sertifikat Malam Gratis, dan Poin

Sama seperti perpanjangan status, perpanjangan manfaat ini tentu juga cukup diapresiasi, walaupun sedikit lebih pelit dibandingkan dengan perpanjangan status.

Perubahan Sertifikat Malam Gratis

Perubahan ini juga merupakan hal yang positif di mana sebelum ini salah satu masalah yang paling signifikan adalah sertifikat malam gratis tidak bisa dipakai melebihi nilai poinnya.

Sebagai contoh, saya ingin menginap di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place dengan sertifikat malam gratis anggota baru hingga 25.000 poin yang dulu pernah ditawarkan. Dengan asumsi hotel tersebut saat in di kategori 5, maka:

  • Sebelumnya: Tidak bisa digunakan sama sekali
  • Mulai awal 2022: Top-up 5.000 (off-peak), 10.000 (standard), atau 15.000 (peak) poin

Penukaran Poin Dinamis

Hal Ini merupakan hal paling utama dari perubahan ini.

Saat ini hingga Februari 2022, Marriott menggunakan award chart berdasarkan kategori hotel dan jenis masa menginap. Dengan berubahnya poin menjadi dinamis (selama dalam rentang poin minimal dan maksimal), tentu akan jauh lebih sulit untuk memprediksi berapa poin yang akan diperlukan.

Sebagai contoh, untuk properti yang sebelumnya di kategori 3, dan dengan asumsi poin minimal dan maksimal mengikuti kategori tersebut:

  • Sebelum: 15.000/20.000/25.000 poin
  • Sesudah: Berapapun dalam rentang tersebut (misal, 15.000 malam ini, 16.000 untuk malam berikutnya, 24.000 untuk malam berikutnya lagi)

Menurut Marriott ke The Points Guy, 97% properti akan mengikuti poin minimal dan maksimal seperti kategori hotel mereka saat ini. Ini artinya:

  • Perubahan poin kali ini bisa dibilang kurang lebih sama dengan penyesuaian yang dilakukan Maret 2021 lalu
  • Setidaknya untuk saat ini, perubahan poin ke poin dinamis hanya memberikan variasi jumlah poin yang lebih fleksibel daripada 3 tingkatan yang ada

Walaupun begitu, variasi poin ini tentu akan perlahan menjadi semakin luas, dan tidak menutup kemungkinan jumlah poin untuk menginap di properti Marriott memiliki variasi sebesar Hilton kedepannya.

Selain itu, dengan penukaran poin dinamis tentu tidak menutup kemungkinan untuk misalnya melakukan devaluasi mendadak seperti yang pernah dilakukan IHG Rewards, walaupun melihat keadaan Marriott sendiri hal seperti itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat.


Baca juga: Panduan Lengkap IHG Rewards


Apa yang Harus Saya Lakukan?

Apabila Anda sudah memiliki rencana pasti untuk menukarkan poin, saya menyarankan Anda untuk segera memesan (pesanan yang sudah terkonfirmasi dan dibayar dengan poin) sebelum akhir Februari 2022.

Seperti biasa, pembatalan tetap tidak dikenakan biaya hingga mendekati masa menginap. Jadi, apabila jumlah poin yang diperlukan lebih sedikit setelah berpindah ke penukaran poin dinamis Anda tentu dapat membatalkan reservasi dan memesan ulang dengan tarif baru.

Patut diperhatikan bahwa Anda akan dikenakan tarif yang baru saat Anda mengubah reservasi atau apabila Anda mengkonfirmasi reservasi Points Advance saat tarif sudah berubah. Oleh karena itu, saya tidak menyarankan untuk memesan secara spekulatif.


Baca juga: Opini – Marriott Bonvoy adalah Hotel Loyalty Program Terbaik di Indonesia


Penutup

Walaupun perubahan lainnya cukup diapresiasi, perubahan penukaran poin untuk menginap di Marriott menjadi dinamis tentu memiliki sisi positif dan negatif.

Seperti biasa, kami selalu menyarankan untuk menerapkan prinsip earn and burn dan hal ini berlaku juga untuk poin Marriott. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki poin Marriott cukup banyak, maka ini mungkin saatnya bagi Anda untuk mulai menukarkan poin.

The Westin Jakarta kami prediksikan akan mengalami peningkatan poin yang signifikan akibat dynamic award pricing ini

 

Apa pendapat Anda tentang update Marriott Bonvoy di tahun 2022?

Share

2 comments
  1. mau tanya kalau sy punya intercontinental ambassadro program ,apakah masih bisa status match ke hotel chain lainnya? sy sangat tertarik dg marriot bonvoy ini. Karena saya sempat mau status match di website marriott bonvoy nya, kok ga bisa ya? katanya harus yang benar2 member platinum elite, tidak bisa dg membeli program ambassador nya lalu status match.

    Mohon konfirmasi nya ya, apa mungkin saya salah persepsi. Dan apabila saya salah, adakah cara terbaik bagaimana agar bisa goal status match nya. ?

    Terima kasih Pinterpoin

    1. Halo John,

      InterContinental Ambassador itu salah satu benefit-nya adalah status IHG Platinum yang mana bisa Anda gunakan untuk status match di program Hilton Honors.
      Sayangnya untuk saat ini Marriott tidak memiliki program status match melainkan hanya status challenge yang mana Anda harus menginap 16 malam di hotel jaringan Marriott Bonvoy untuk bisa memperoleh status elite Marriott Bonvoy Platinum.

      Dan ya, Anda salah timing. Terkadang Marriott Bonvoy memang mengadakan status match dan Anda bisa match dari status IHG Platinum bawaan dari InterContinental Ambassador namun untuk saat ini mereka tidak sedang mengadakan program tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea