Sejak lama, program Points Advance telah menjadi andalan anggota Marriott Bonvoy untuk mengamankan award booking di hotel yang diinginkan.

Intinya, program Points Advance ini memperbolehkan anggota Marriott Bonvoy untuk memesan kamar dengan menggunakan poin bahkan ketika belum mempunyai poin yang diperlukan, anggap seperti berhutang.

Anggota bisa membuat 3 reservasi Points Advance pada saat yang sama untuk tanggal kedatangan minimal 30 hari kedepan. Namun perlu diperhatikan bahwa jumlah poin yang diperlukan bisa berubah-ubah hingga penukaran poin aktual dilakukan.

Selama ini, kebijakan Points Advance adalah anggota harus mempunyai poin yang diperlukan paling lambat 14 hari sebelum kedatangan atau reservasi Points Advance tersebut akan dibatalkan tanpa biaya.

Terkini, Marriott Bonvoy telah menambah ketentuan dari program tersebut, dimana anggota harus memenuhi salah satu ketentuan berikut (yang mana lebih dulu):

  • Anggota diwajibkan untuk mempunyai poin yang diperlukan dalam waktu 60 hari sejak membuat reservasi Points Advance
  • Anggota harus mempunyai poin yang diperlukan paling lambat 14 hari sebelum kedatangan

Contoh Implementasi:

Misalnya pada tanggal 1 Juni 2021 nanti saya membuat reservasi Points Advance untuk menginap di Aloft Jakarta pada tanggal 1 Desember 2021, maka saya harus mempunyai poin yang diperlukan paling lambat 60 hari dari tanggal pemesanan, yaitu 31 Juli 2021.

Misalnya pada tanggal 1 Juni 2021 nanti saya membuat reservasi Points Advance untuk menginap di Aloft Jakarta pada tanggal 5 Juli 2021, maka saya harus mempunyai poin yang diperlukan paling lambat 14 hari sebelum tanggal kedatangan reservasi saya, yaitu 21 Juni 2021.

Alasan Perubahan

Alasan Marriott menambah peraturan ini dikarenakan reservasi dibawah program Points Advance merepresentasikan lebih dari 25% reservasi mendatang di banyak resort dan hotel.

Angka tersebut dinilai terlalu tinggi & beresiko bagi pihak properti karena terjadi banyak pembatalan H-14 hari akibat anggota yang tidak mempunyai poin yang diperlukan. Tentunya properti akan sulit menjual kamar yang tidak jadi terjual tersebut dalam jangka waktu 14 hari.

Marriott Bonvoy Points Advance

Foto: Yogyakarta Marriott Hotel | PinterPoin


Baca juga: Opini: Marriott Bonvoy Adalah Loyalty Program Hotel Terbaik di Indonesia


Penutup

Marriott Bonvoy menambah aturan baru untuk pemesanan Points Advance. Saya pribadi tidak melihat hal ini sebagai perubahan yang buruk, namun sebaliknya. Bagi pihak hotel & resort, perubahan ini bisa membantu mengurangi kemungkinan kehilangan revenue yang signifkan. Bagi anggota Marriott Bonvoy, perubahan ini bisa membantu meningkatkan ketersediaan award booking.

.

Apakah Anda pernah memanfaatkan fitur Points Advance?