Marriott Bonvoy atau yang sebelumnya dikenal sebagai Marriott Rewards merupakan salah satu loyalty program hotel terbesar di dunia. Setelah mengakuisisi Starwood Preferred Guest dan Ritz-Carlton, Marriott semakin menjelma menjadi grup hotel raksasa yang dominan.

Jika Anda rajin mengikuti perkembangan dunia poin dan miles secara global, terutama di Amerika, mungkin Anda tahu jika Marriott Bonvoy seringkali dikritik. Banyak orang yang merasa jika Marriott telah membunuh Starwood Preferred Guest (SPG) yang aslinya merupakan loyalty program hotel yang sangat rewarding.

Alhasil, banyak orang yang meninggalkan Marriott Bonvoy (SPG dan Ritz-Carlton) dan beralih ke program lain seperti World of Hyatt dan Hilton Honors.

Istilah seperti #Bonvoyed pun kini sering ditemukan karena buruknya customer service Marriott Bonvoy pasca merger. Namun kini situasi sudah semakin membaik dan dari pengalaman saya pribadi, Marriott sudah memperbaharui dan memperbaiki sistemnya secara signifikan.

Meski banyak bule 😉 yang meninggalkan Marriott Bonvoy, saya pribadi menganjurkan sebaliknya. Bagi saya Marriott Bonvoy merupakan loyalty program terbaik di Indonesia dan layak untuk Anda gunakan kedepannya.

Al Maha, a Luxury Collection, Dubai

Foto: Al Maha, a Luxury Collection Desert Resort & Spa, Dubai.

Marriott Bonvoy, Loyalty Program Hotel Terbaik Bagi Orang Indonesia

Dari opini saya pribadi, Marriott Bonvoy masih sangat menguntungkan, terutama di Asia dan Indonesia. Mengapa? Berikut alasan-alasannya:

Poin Marriott Bonvoy Mudah Diakumulasikan

Mengumpulkan poin Marriott Bonvoy saya anggap cukup mudah. Terdapat beberapa faktor yang mendukung seperti:

  • Terdapat banyak properti Marriott Bonvoy di Indonesia, Asia, dan tentunya dalam skala global
  • Properti Marriott sangat terjangkau (bisa ditemukan di harga Rp400.000an per malam), terutama di Indonesia dan Asia Tenggara
  • Seringnya promo bonus poin, double elite nights, dsb.

Dengan momen yang tepat, Anda bisa mengumpulkan poin Marriott dengan biaya yang murah. Contoh skenario:

Menginap di hotel terjangkau seperti Four Points, Fairfield, atau Moxy yang bisa dipesan dengan harga di kisaran Rp400.000-an per malam. Jika terdapat promo 2.000 poin per malam dan ditambah benefit elit seperti bonus 500 poin, Anda akan mendapatkan poin dengan valuasi minimal sebesar Rp337.500 (Rp135 / 1 poin) menurut valuasi PinterPoin. Biaya efektif yang Anda bayarkan untuk menginap berarti kurang dari Rp100.000 per malam. Luar biasa bukan?

Bahkan, “luxury property” seperti J.W. Marriott Surabaya dan Medan seringkali bisa dipesan dengan harga dibawah Rp900.000,- nett. Jika Anda menginap dengan status Platinum (atau lebih tinggi) dan promo bonus poin, Anda akan mendapatkan poin yang signifikan, elite nights, dan elite benefit yang menarik (welcome gift, early check in, free breakfast, afternoon tea, evening cocktail, late checkout, dll).

JW Marriott Surabaya

Afternoon tea di executive lounge J.W. Marriott Surabaya bisa dinikmati secara gratis jika Anda mempunyai status Platinum keatas. Foto: PinterPoin.


Poin Marriott Bonvoy = Currency Poin Fleksibel Berharga

Setiap orang akan mempunyai preferensi penukaran poin yang berbeda-beda. Untuk poin Marriott, preferensi saya adalah ditukarkan menjadi airline miles.

Anda memerlukan miles seperti Korean Air SKYPASS, American Airlines dan Virgin Atlantic yang tidak accessible di Indonesia? Jangan berkecil hati karena poin Marriott Bonvoy merupakan currency poin yang berharga karena bisa ditransfer ke 43 frequent flyer program dengan rasio transfer yang kompetitif, yakni 3:1.

Umumnya, setiap 3.000 poin Marriott = 1.000 airline miles. Jangan lupa, lakukan transfer setiap kelipatan 60.000 poin Marriott karena Anda akan mendapatkan bonus 5.000 miles.

Contoh transfer poin Marriott Bonvoy ke KrisFlyer:

60.000 poin Marriott = 20.000 KrisFlyer miles + bonus 5.000 KrisFlyer miles

Jangan lupa juga jika Marriott terkadang mengadakan promo bonus miles untuk transfer ke program tertentu seperti American Airlines atau Etihad.

Contoh promo bonus transfer poin hotel ke American Airlines miles.

Transfer partner Marriott Bonvoy:

AEGEAN Miles+Bonus 3:1
Aer Lingus AerClub 3:1
Aeroflot Bonus 3:1
Aeromexico ClubPremier 3:1
Air Canada Aeroplan 3:1
Air China PhoenixMiles 3:1
Air France-KLM Flying Blue 3:1
Air New Zealand Airpoints 200:1
Alaska Airlines Mileage Plan™ 3:1
Alitalia MilleMiglia 3:1
American Airlines AAdvantage® 3:1
ANA Mileage Club 3:1
Asiana Airlines Asiana Club 3:1
Avianca LifeMiles 3:1
British Airways Executive Club 3:1
Cathay Pacific Asia Miles 3:1
China Southern Airlines Sky Pearl Club 3:1
Copa Airlines ConnectMiles 3:1
Delta SkyMiles® 3:1
Emirates Skywards® 3:1
Etihad Guest 3:1
FRONTIER Miles 3:1
Hainan Airlines Fortune Wings Club 3:1
Hawaiian Airlines HawaiianMiles® 3:1
Iberia Plus 3:1
InterMiles 3:1
Japan Airlines JAL Mileage Bank 3:1
JetBlue TrueBlue 6:1
Korean Air SKYPASS 3:1
LATAM Airlines LATAM Pass 3:1
Multiplus Fidelidade 3:1
Qantas Frequent Flyer 3:1
Qatar Airways Privilege Club 3:1
SAA Voyager 3:1
Saudia Alfursan 3:1
Singapore Airlines KrisFlyer® 3:1
Southwest Rapid Rewards® 3:1
TAP Air Portugal Miles&Go 3:1
Thai Airways Royal Orchid Plus 3:1
Turkish Airlines Miles&Smiles 3:1
United MileagePlus® 3:1.1
Virgin Atlantic Flying Club 3:1
Virgin Australia Velocity Frequent Flyer 3:1
Vueling Club 3:1

Portofolio Hotel yang Luas

Banyak orang yang salah persepsi bahwa Marriott Bonvoy hanya terdiri dari hotel-hotel mewah karena stereotype nama Marriott yang identik dengan luxury hotel. Nyatanya, terdapat banyak hotel anggota Marriott Bonvoy, mulai dari hotel mewah hingga budget.

Hotel anggota Marriott Bonvoy sendiri terdiri dari:

Brand hotel yang bernaung dibawah Marriott Bonvoy.

Mengingat Indonesia merupakan salah satu pasar hotel paling terjangkau di dunia, maka mengumpulkan elite nights Marriott bisa dikatakan sangat mudah jika Anda lakukan dengan benar.

Setelah Anda mempunyai status elite, Anda bisa memanjakan diri dengan menginap di hotel mewah atau full service untuk menikmati status Anda sembari mendapatkan poin dan elite nights.


Status Marriott Bonvoy Mudah Didapatkan

Bagi saya, status sweet spot dari program Marriott Bonvoy adalah Platinum Elite. Normalnya, Anda perlu menginap 50 malam per tahun untuk mendapatkan status tersebut. Menariknya, Anda bisa mendapatkan status Platinum hanya dengan menginap 16 malam saja dalam setahun. Anda hanya perlu mengajukan status challenge kepada Marriott, baca caranya di artikel ini.

Tips: Status yang didapat akan berlaku selama 2 tahun + 1 bulan. Misalnya Anda menyelesaikan status challenge di bulan Januari 2021, maka status Platinum akan berlaku sepanjang tahun 2021, 2022, hingga 31 Januari 2023.

Pada level Platinum, segala benefit menarik dari Marriott telah terbuka, misalnya:

  • 50% bonus poin
  • Upgrade kamar hingga Suite
  • Akses ke executive lounge (free breakfast, afternoon tea, evening cocktail)
  • Welcome gift berupa poin/breakfast/amenity (tergantung brand hotel)
  • Late checkout hingga jam 4 sore
  • Annual gift (ketika Anda mencapai 50 malam per tahun)

Jika Anda loyal, Anda berkesempatan mendapatkan Lifetime status Marriott yang berlaku seumur hidup. Nantinya Anda tidak perlu khawatir untuk requalify status setiap tahunnya.

  • Lifetime Silver Elite: Menginap 250 malam + 5 tahun menjadi Silver Elite
  • Lifetime Gold Elite: Menginap 400 malam + 7 tahun menjadi Gold Elite
  • Lifetime Platinum Elite: Menginap 600 malam + 10 tahun menjadi Platinum Elite

Menukarkan poin untuk menginap juga akan mendatangkan elite nights. Anda bisa memanfaatkan fitur 5th Night Free penukaran poin Marriott untuk mattress run terjangkau.

Contoh: Aloft Jakarta bisa ditukar dengan 5.000 poin per malam di hari-hari biasa atau bahkan 4.000 poin ketika ada PointSavers. Dengan menukarkan 5 malam berturut-turut, Anda hanya memerlukan 16.000 poin untuk mendapatkan 5 elite nights.

Gratis breakfast sudah menjadi jaminan saat menginap di hotel Marriott dengan status Platinum, bahkan ketika Anda memesan kamar termurah tanpa breakfast.


Promo Anggota Baru yang Menarik

Anda belum menjadi anggota Marriott Bonvoy atau mungkin akun Anda tidak pernah digunakan? Maka saya sarankan untuk mendaftar pada promo khusus anggota baru Marriott Bonvoy.

Anda akan mendapatkan gratis menginap 1 malam di hotel Marriott manapun di seluruh dunia hanya dengan menginap 2x (2 stays). Baca cara melakukannya di artikel ini.

Jangan lupa, pemesanan hotel wajib dilakukan langsung di website atau aplikasi resmi Marriott Bonvoy untuk bisa mendapatkan poin dan elite nights.

Luxury Hotels in Kuala Lumpur Malaysia | The St. Regis Kuala Lumpur

Dapatkan menginap gratis di St. Regis Kuala Lumpur dengan menginap 2x di hotel Marriott manapun. Foto: Marriott.


Marriott Bonvoy Menjual Poin dengan Bonus

Anda memerlukan miles frequent flyer program unik atau Anda mengalami kekurangan poin untuk ditukarkan? Anda bisa membeli poin Marriott kemudian ditransfer ke frequent flyer program pilihan Anda.

Kabar baiknya adalah Marriott Bonvoy sering menjual poin dengan promo yang menarik. Contohnya adalah pada promo terakhir, dimana Marriott menawarkan bonus 50%.

Korean Air First Class

Transfer poin Marriott menjadi miles Korean Air dan tukarkan untuk First Class Korean Air. Foto: Korean Air.


Penutup

Melihat banyaknya properti hotel yang tersebar di Indonesia, manfaat dari status elite, dan akses ke 43 frequent flyer program, saya menganggap Marriott Bonvoy sebagai loyalty program hotel paling menarik di Indonesia.

Mungkin akan banyak yang berpendapat bahwa program seperti Accor Live Limitless lebih menarik karena properti yang lebih banyak. Namun selain properti yang banyak, valuasi poin dan kegunaan poin juga menjadi faktor penting.

Sayangnya, akses poin Marriott Bonvoy dari kartu kredit di Indonesia saat ini hanya terbatas dengan Danamon American Express Platinum. Harapan saya adalah kedepannya Marriott Bonvoy akan bekerja sama dengan penerbit kartu lain di Indonesia.

Pada artikel selanjutnya, saya akan menjelaskan cara paling efektif dan menguntungkan untuk memulai karir loyalty program hotel dengan Marriott Bonvoy.

.

Apa loyalty program hotel favorit Anda?