Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Mega Travel Card menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit Mega Travel Card adalah kartu kredit top-tier dari Bank Mega yang ditujukan untuk nasabah-nya yang memiliki hobi traveling.

Kartu ini sempat menjadi kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan GarudaMiles di Indonesia. Sayangnya, per 1 Mei 2021 lalu, kartu ini mengalami devaluasi yang cukup masif untuk earning rate-nya sehingga membuat kartu ini tidak semenarik sebelumnya.

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 62,5 Mega Poin = 1 GarudaMiles/2 AirAsia BIG Point

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin yang sama untuk transaksi dalam maupun luar negeri. Berikut detail perolehan poin untuk kartu kredit Mega Travel Card:

  • Spending 10.000 Rupiah untuk transaksi ritel dalam/luar negeri = 100 Mega Poin

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/2 AirAsia BIG setiap melakukan transaksi retail dalam maupun luar negeri sebesar 6.200 Rupiah. Nilai yang didapat adalah 2.5

Nilai: 2.5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini tidak memiliki welcome bonus apapun setelah devaluasi pada Mei 2021 lalu.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 2 transfer partner yakni Garuda Indonesia dan AirAsia.

Nilai: 0.5

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini terkadang mengadakan travel fair melalui AntaVaya Tour walaupun maskapai yang diajak bekerja sama bisa berbeda-beda.

Pemegang kartu kredit Mega bisa mendapatkan diskon ataupun cashback khusus untuk pemesanan tiket pesawat ataupun tur selama periode travel fair.

Nilai: 0.5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki 3 jenis airport perks yaitu:

  • Airport perks berupa akses ke airport lounge domestik di Indonesia. Klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini.
  • Airport perks berupa free 1 makanan & 1 minuman di Coffee Bean and Tea Leaf di bandara. Klik disini untuk mengetahui daftar Coffee Bean and Tea Leaf yang bekerja sama.
  • 1 kali akses ke airport lounge yang bekerja sama dengan Lounge Key dalam setahun.
Nilai: 1

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu kredit ini adalah sebesar 1.000.000 Rupiah dan bisa di-waive (dihapuskan) dengan syarat transaksi dalam nominal tertentu.

Nilai: 0.8

Total Nilai: 5.3 / 10

“Kartu kredit top-tier dari bank Mega yang memiliki keunggulan utama berupa earning rate GarudaMiles yang baik serta airport perks yang cukup komprehensif.”

 

Penutup

Kartu kredit Mega Travel Card sempat menjadi kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan GarudaMiles di Indonesia sebelum mengalami devaluasi pada 1 Mei 2021 lalu. Meskipun begitu, kartu kredit ini masih layak dimiliki dengan pertimbangan earning rate untuk GarudaMiles yang masih cukup baik.

Kartu kredit ini juga dilengkapi dengan fitur airport perks yang unik yang tidak dimiliki kartu kredit lainnya seperti fitur akses airport lounge yang bekerjasama dengan Lounge Key dan juga free 1 makanan dan minuman di Coffee Bean Tea & Leaf di bandara.

Secara singkat, kartu kredit Mega Travel Card masih layak untuk dimiliki apabila Anda mencari kartu kredit yang mudah diperoleh (limit minimum dari kartu kredit ini hanya 20 juta Rupiah) namun memiliki earning rate GarudaMiles yang cukup baik serta fasilitas airport perks yang unik.

.

Apa pendapat Anda mengenai kartu kredit Mega Travel Card?


Perubahan

Pada 21 Februari 2020 (Upvaluasi):

  • Upvaluasi earning rate dari sebelumnya 7.500 Rupiah per 1 GarudaMiles menjadi 4.808 Rupiah per 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang Rupiah
  • Upvaluasi earning rate dari sebelumnya 3.750 Rupiah per 1 GarudaMiles menjadi 2.404 Rupiah per 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang asing

Pada 1 Mei 2021 (Devaluasi):

  • Devaluasi earning rate dari sebelumnya 4.808 Rupiah per 1 GarudaMiles menjadi 6.200 Rupiah per 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang Rupiah
  • Devaluasi earning rate dari sebelumnya 2.404 Rupiah per 1 GarudaMiles menjadi 6.200 Rupiah per 1 GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang asing
  • Welcome bonus ditiadakan