Memiliki banyak kartu kredit mungkin identik dengan membayar iuran tahunan (annual fee) yang berjibun, namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena faktanya saya hanya membayar 1 dari 12 iuran tahunan kartu kredit yang saya miliki.

Jangan sampai Anda terbebani oleh banyaknya annual fee kartu kredit yang harus Anda bayar.

Banyak dari pertanyaan pembaca PinterPoin sendiri seringkali menanyakan “bagaimana cara menghapuskan iuran tahunan dari (nama kartu kredit) ini”. Oleh karena itu, melalui post kali ini, saya akan menjabarkan beberapa cara praktis namun ampuh dalam menghapuskan annual fee kartu kredit Anda. Berikut adalah cara-caranya:


1. Meminta penghapusan annual fee tanpa syarat

Terkadang, pihak bank penerbit kartu kredit akan memberikan Anda gratis annual fee tanpa syarat apapun. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungi phone call center dan meminta penghapusan annual fee.

Hanya saja, penghapusan annual fee tanpa syarat ini tidak akan selalu berhasil dan bergantung pada pemakaian kartu kredit Anda.

Apabila Anda sering menggunakan kartu kredit tersebut dalam jumlah besar dan pemakaian Anda bagus (tidak pernah menunggak); Maka kemungkinan besar permohonan penggratisan annual fee tanpa syarat ini akan disetujui 🙂 .


Baca juga: 10 Kartu kredit di Dompet Saya


2. Meminta pembebasan bersyarat pada pihak bank penerbit kartu kredit

Terutama untuk kartu kredit top-tier, terkadang pihak bank tidak akan memberikan secara cuma-cuma penggratisan annual fee kartu kredit. Terdapat syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa meminta penghapusan annual fee seperti transaksi dalam jumlah tertentu atau perubahan tagihan Anda menjadi cicilan.

Dalam beberapa kasus, Anda bisa meminta tantangan (challenge) ataupun pembebasan bersyarat dari pihak bank untuk menggratiskan annual fee Anda di tahun tersebut layaknya status challenge hotel chain ataupun maskapai penerbangan.

Sebagai contoh, kartu kredit top-tier terbitan bank CIMB Niaga seperti CIMB Niaga Visa Infinite ataupun CIMB Niaga JCB Ultimate mensyaratkan Anda harus bertransaksi sebesar masing-masing 75 dan 150 juta dalam 3 bulan agar bisa memperoleh penghapusan annual fee.


Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga JCB Ultimate


3. Mengancam Penutupan Kartu

Cara yang terakhir ini sebenarnya sedikit riskan karena kartu Anda bisa benar-benar tertutup. Inti dari cara ini adalah menggertak pihak phone customer service atau bagian penutupan kartu kredit bahwa Anda akan menutup kartu kredit Anda jika tidak diberikan gratis annual fee di tahun tersebut.

Biasanya, cara ini merupakan jalan terakhir (last resort) dan saya tidak menyarankannya apabila Anda masih sangat memerlukan kartu kredit tersebut. Keberhasilan cara ini bergantung pada seberapa bagus kemampuan negosiasi Anda dan seberapa fleksibel kebijakan bank tersebut dalam memberikan penghapusan annual fee.


Baca juga: Cerita Pembaca – Pengalaman Menghapuskan Iuran Tahunan BCA SQ Visa Infinite 


Penutup

Salah satu biaya terbesar dalam memiliki kartu kredit adalah biaya iuran tahunan alias annual fee.

Hanya saja, dengan sedikit kecerdikan dan kemampuan negosiasi yang bagus, maka Anda bisa meminta penggratisan annual fee ini sehingga biaya memiliki kartu kredit bisa ditekan seminimal mungkin namun Anda masih memperoleh manfaat yang maksimal.

Citi Prestige adalah salah satu kartu kredit dengan iuran tahunan yang tidak bisa dihapuskan

Perlu Anda ketahui juga bahwa terdapat kartu kredit yang tidak bisa meminta gratis annual fee sama sekali. Contohnya adalah Citi Prestige ataupun Danamon World Elite Mastercard.

Dalam kasus ini, Anda harus benar-benar cermat dalam menghitung apakah manfaat (benefit) yang Anda peroleh dari kartu kredit tersebut sebanding dengan annual fee yang Anda bayarkan.

.

Bagaimana cara Anda meminta penghapusan annual fee kepada pihak bank penerbit kartu kredit?