3 Cara Ampuh Menghapus Iuran Tahunan Kartu Kredit

Memiliki banyak kartu kredit mungkin identik dengan membayar iuran tahunan (annual fee) yang berjibun, namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena faktanya saya hanya membayar 1 dari 12 iuran tahunan kartu kredit yang saya miliki.

Jangan sampai Anda terbebani oleh banyaknya annual fee kartu kredit yang harus Anda bayar.

Banyak dari pertanyaan pembaca PinterPoin sendiri seringkali menanyakan “bagaimana cara menghapuskan iuran tahunan dari (nama kartu kredit) ini”. Oleh karena itu, melalui post kali ini, saya akan menjabarkan beberapa cara praktis namun ampuh dalam menghapuskan annual fee kartu kredit Anda. Berikut adalah cara-caranya:


1. Meminta penghapusan annual fee tanpa syarat

Terkadang, pihak bank penerbit kartu kredit akan memberikan Anda gratis annual fee tanpa syarat apapun. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungi phone call center dan meminta penghapusan annual fee.

Hanya saja, penghapusan annual fee tanpa syarat ini tidak akan selalu berhasil dan bergantung pada pemakaian kartu kredit Anda.

Apabila Anda sering menggunakan kartu kredit tersebut dalam jumlah besar dan pemakaian Anda bagus (tidak pernah menunggak); Maka kemungkinan besar permohonan penggratisan annual fee tanpa syarat ini akan disetujui 🙂 .


Baca juga: 10 Kartu kredit di Dompet Saya


2. Meminta pembebasan bersyarat pada pihak bank penerbit kartu kredit

Terutama untuk kartu kredit top-tier, terkadang pihak bank tidak akan memberikan secara cuma-cuma penggratisan annual fee kartu kredit. Terdapat syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa meminta penghapusan annual fee seperti transaksi dalam jumlah tertentu atau perubahan tagihan Anda menjadi cicilan.

Dalam beberapa kasus, Anda bisa meminta tantangan (challenge) ataupun pembebasan bersyarat dari pihak bank untuk menggratiskan annual fee Anda di tahun tersebut layaknya status challenge hotel chain ataupun maskapai penerbangan.

Sebagai contoh, kartu kredit top-tier terbitan bank CIMB Niaga seperti CIMB Niaga Visa Infinite ataupun CIMB Niaga JCB Ultimate mensyaratkan Anda harus bertransaksi sebesar masing-masing 75 dan 150 juta dalam 3 bulan agar bisa memperoleh penghapusan annual fee.


Baca juga: Review Kartu Kredit CIMB Niaga JCB Ultimate


3. Mengancam Penutupan Kartu

Cara yang terakhir ini sebenarnya sedikit riskan karena kartu Anda bisa benar-benar tertutup. Inti dari cara ini adalah menggertak pihak phone customer service atau bagian penutupan kartu kredit bahwa Anda akan menutup kartu kredit Anda jika tidak diberikan gratis annual fee di tahun tersebut.

Biasanya, cara ini merupakan jalan terakhir (last resort) dan saya tidak menyarankannya apabila Anda masih sangat memerlukan kartu kredit tersebut. Keberhasilan cara ini bergantung pada seberapa bagus kemampuan negosiasi Anda dan seberapa fleksibel kebijakan bank tersebut dalam memberikan penghapusan annual fee.


Baca juga: Cerita Pembaca – Pengalaman Menghapuskan Iuran Tahunan BCA SQ Visa Infinite 


Penutup

Salah satu biaya terbesar dalam memiliki kartu kredit adalah biaya iuran tahunan alias annual fee.

Hanya saja, dengan sedikit kecerdikan dan kemampuan negosiasi yang bagus, maka Anda bisa meminta penggratisan annual fee ini sehingga biaya memiliki kartu kredit bisa ditekan seminimal mungkin namun Anda masih memperoleh manfaat yang maksimal.

Citi Prestige adalah salah satu kartu kredit dengan iuran tahunan yang tidak bisa dihapuskan

Perlu Anda ketahui juga bahwa terdapat kartu kredit yang tidak bisa meminta gratis annual fee sama sekali. Contohnya adalah Citi Prestige ataupun Danamon World Elite Mastercard.

Dalam kasus ini, Anda harus benar-benar cermat dalam menghitung apakah manfaat (benefit) yang Anda peroleh dari kartu kredit tersebut sebanding dengan annual fee yang Anda bayarkan.

.

Bagaimana cara Anda meminta penghapusan annual fee kepada pihak bank penerbit kartu kredit? 

Share
46 comments
  1. salam kenal bro Edwin , saya mau tanya kalau untuk BCA Visa Signature Krisflyer itu penghapusan Iuran Tahunan nya dengan cara apa ya? punya bro Edwin kan ada pake itu dan bebas biaya tahunan.

    1. Halo Hendra,

      Penghapusan iuran tahunan BCA SQ Visa Signature adalah dengan meminta penghapusan tanpa syarat pada pihak phone customer service. Saya sendiri memperoleh penghapusan iuran tahunan tanpa syarat, saya hanya perlu memintanya dengan alasan bahwa penggunaan kartu kredit saya bagus (tidak pernah menunggak) dan aktif.

  2. Halo… Saya mau tanya, saya baru saja dapat JCB Cimb Ultimate. Di tagihan pertama (2 minggu setelah kartu didapat), langsung terdapat membership fee sebesar 3 juta. Apakah biaya ini bisa dihapuskan? Dan apakah setiap tahun nanti harus belanja 75 juta per 3 bulan agar biaya ini dihapuskan? Mohon masukan dari bro Edwin dan teman2 yang lain. Terima kasih

    1. Halo Henry,

      Biaya tersebut bisa dihapuskan. Anda hanya perlu bertransaksi sebesar 150 juta Rupiah dalam periode waktu 3 bulan sejak kartu disetujui dan kemudian mengajukan permohonan penghapusan iuran tahunan pada phone Customer Service. Hanya saja, mintalah penghapusan iuran tahunan tanpa ‘menghanguskan’ poin X-Tra Anda.

  3. saya selalu sukses mendapatkan penghapusan annual fee tanpa syarat dengan äncaman”akan menutup kartu kredit. tapi untuk HSBC signature tidak bisa dengan dengan tanpa syarat. harus tukar point (jmlh point yg harus dtukar saya lupa)

    1. Halo Linda,

      Ada teman saya yang berhasil memperoleh penghapusan annual fee kartu kredit HSBC Visa Signature dengan cara berbelanja 2x limit yang diberikan.

  4. Halo Edwin,

    Di tagihan pertama kartu kredit BCA SQ Infinite saya, sudah terlist biaya iuran tahunan sebesar 750.000. Apakah saya dapat menelepon customer service utk meminta penghapusan iuran tanpa syarat? Atau ada nominal yg saya harus belanjakan agar terbebas dari iuran ini?

    Terimakasih sebelumnya.

    1. Kalau untuk BCA krisflyer visa infinite, harus minimum prioritas member atau bca solitaire. Baru bisa di waive iuran tersebut. Kalau regular nasabah ga bisa. Biarpun pemakaian besar dan bagus.

  5. Halo Selvia,

    Anda bisa mengajukan penghapusan iuran tahunan tanpa syarat untuk kartu tersebut apabila kartu tersebut merupakan kartu yang benar-benar baru (bukan merupakan upgrade kartu dari BCA SQ Visa Infinite). Untuk syarat lengkap pembebasan iuran tahunan, silahkan hubungi call center BCA.

    1. Halo bro edwin mohon infonya sudah 2x tlp ke pihak bank mega untuk kartu kredit visa gold..
      jawaban sama untuk dapat free annual fee harus dgn cara redeem poin.. Sedangkan poin sy tidak mencukupi..
      Kalau cara yg ke 3 itu gmn ya deg2an jg.. Kalau ngancam mau di tutup

      1. Kamelia,

        Saya tidak memiliki kartu kredit bank Mega namun beberapa teman saya mengatakan bahwa memang kartu kredit Mega cukup ribet untuk diajukan peng-gratisan annual fee nya.
        Sebenarnya opsi ke-3 ini bergantung pada kondisi Anda sekarang. Jika Anda sudah memiliki kartu kredit yang lebih bagus dibanding kartu kredit Anda sekarang, maka sebenarnya Anda nothing to lose namun sebaliknya apabila kartu kredit tsb merupakan satu-satunya kartu kredit Anda, maka secara langsung Anda harus berpikir 2 kali sebelum memilih opsi ketiga.

        Oleh karena itulah kemampuan negosiasi yang baik selalu saya tekankan ketika saya menulis artikel ini 😉

      2. Halo Kamelia

        Pengalaman saya menggunakan Mega Visa Platinum dan Metro Mega Card, keduanya bisa dihapuskan annual fee dengan menghubungi call center. Berhubung mega poin rewards saya tidak mencukupi pada saat saya menghubungi pihak Bank Mega, dari pihak call center-nya yang malah menyarankan untuk melakukan transaksi minimal Rp 1juta pada masing-masing kartu. Segera setelah itu saya langsung perbanyak transaksi saya di kedua kartu tersebut. Surprisingly, gak nyampe seminggu saya udah terima SMS dari Bank Mega kalau permintaan waive annual fee untuk kedua kartu saya tersebut disetujui. Jadi kayaknya Bank Mega benar-benar melihat frekuensi pemakaian kartu kita sebagai pertimbangan juga.

  6. Tidak bisa hapus annual fee bank DBS.. hanya bisa dengan tukar poin (7.500poin)
    Info dr marketing tidak valid bilangnya bisa hapus annual fee tiap tahun tinggal telp aja.. ternyata bohong padahal sudah di ancam kartu akan di tutup.. tetep aja g bisa

    1. Paydhi,

      Anda harus menyambungkan ke bagian penutupan kartu kredit untuk bisa meminta waiver annual fee kartu kredit DBS. Banyak dari pembaca PinterPoin sudah berhasil melakukannya dan memperoleh penggratisan annual fee.

  7. Mas Edwin mau tanya, untuk permohonan penghapusan annual fee mandiri gimana ya, ribet nggak ya,, mohon info nya

  8. Mas Edwin mau tanya, untuk permohonan penghapusan annual fee BRI Mastercard , ribet nggak ya,, mohon info nya

  9. baru saja menggunakan tips ke2 yaitu tantangan untuk hapus annual fee bni garuda. Syarat hapus annual fee adalah transaksi 3 juta IDR dalam 3 minggu sejak telpon.

    1. BNI garuda saya bisa dihapus tanpa syarat. Tapi ini cc sering saya pakai juga sih, mungkin jadi pertimbangan buat mereka juga.

    2. Tergantung promo dari BNI sendiri, klo ada penghapusan tanpa syarat mrka biasa lgsg menghapusnya, tp klo tidak ada biasa nya penawaran mrka transaksi 3 jt (Khusus Platinum) klo type signature sy ga copy 🙂

  10. Kalau BRI wonderfull bisa dihapuskan ga ya? Soalnya telepon ke cs malah disuruh nunggu 24 hari kerja. Iuran nya rp 600.000

    1. Iuran tahunan adalah income bagi bank. Penghapusan tidak perlu menunggu 24 hari kerja. Batas pembatalan annual fee max 70 hari dari tanggal ditagihkan (mohon koreksi kalau salah), lewat batas tsb maka tidak bisa dihapuskan lagi. Sekalipun tutup kartu permanen, akan muncul tagihan yang WAJIB dibayar atau anda akan berhadapan dgn bagian collection.

      Kalau anda punya bargain dgn tidak butuh sekali kartu tsb, sebelum batas akhir anda bisa minta bagian penutupan untuk membereskan iuran tsb karena mereka punya kewenangan lebih dari CS

  11. Awal bulan ini saya minta penghapusan iuran ocbc titanium. Awalnya cs memberikan saran dgn cukup transaksi 3× dalam sebulan tanpa adanya batas minimum berapa yg dibelanjakan (Sebenarnya penawarannya cukup kompetitif dan meringankan). Tapi saya coba minta pengajuan hapus iuran tanpa syarat. Oleh cs proses bisa cukup 1 hari, bisa sampai 14 hr kerja. Ternyata keesokan harinya saya cek di mbanking sudah terwaive. Bisa menjadi “partner” dlm transaksi nontunai sy ke depan, terlebih ini kartu pertama saya

  12. salam kenal, mas Edwin…saya punya cc mandiri classic, kalau mau hapus annual fee tanpa syarat bisa gak ya mas? cara jitunya gmna yaa? karna tiap taun saya bayar 300k. trima kasih

    1. Amoorea,

      Bisa ya bisa tidak. Cara paling simpel adalah menghubungi pihak phone CS bank dan meminta penghapusan iuran tahunan. Jika tidak bisa, Ancam Anda akan menutup cc tersebut, biasanya pihak bank akan memberikan penghapusan iuran tahunan.

  13. halo pp,

    kalau AF sudah keluar, kita tidak mendapatkan penghapusan dengan cara 1 dan 2, kan otomatis harus dilakukan cara 3 ( tutup kartu ) nah pertanyaan saya, apakah dengan kartu ditutup, AF akan direversal?
    alias tidak udah dibayar dan AF nya tidak ditagihkan?
    apakah ada yang punya pengalaman menutup kartu kredit karena masalah annual fee?

    1. Alv,

      Betul sekali dengan kartu ditutup AF akan di-reversal. Jadi dari pengalaman saya dan beberapa pembaca lainnya, jika Anda memutuskan untuk menutup kartu setelah dikenakan annual fee, maka Anda tidak perlu membayar annual fee tersebut.

      1. terimakasih infonya pak edwin,

        saya sering ditakut2i oleh pihak bank bahwa tetap akan ditagihkan si annual fee tersebut kalau sudah tercetak walaupun saya ingin tutup kartunya, dan akan masuk ke blacklist BI apabila tidak dibayar.

        mungkin ada bagusnya ditambahkan ke artikel, agar teman2 pembaca PP yang ditakut2i seperti saya tidak takut untuk melakukan cara 3.

  14. Sekadar Sharing saja, barusan saya hub BCA untuk penghapusan AF Krisflyer Visa Infinite. Lagi ada program penghapusan dengan Transaksi sebesar 30jt sampai 31 Desember 2021. Lagi di proses dan akan ada koreksi dalam 5 hari paling lama, dikarenakan dalam 3 bulan terakhir transaksi sudah lewat 30jt. Silahkan mencoba.

  15. Mas Edwin, barusan saya menelepon CS BRI utk penghapusan kartu kredit BRI Platinum Mastercard saya. Diberikan 2 jenis challenge, yaitu mengikuti program auto payment utk tagihan rutin seperti listrik, pasca bayar, dll selama 1 tahun atau komitmen belanjaan 13jt selama 3 bulan. Saya tdk berniat mengambil salah satu opsi dan meminta utk menutup kartu. Namun CS mengatakan bahwa kartu tdk dpt dihapuskan sebelum tagihan diselesaikan meskipun itu hanya annual fee. Sebagai informasi, saya tdk pernah menggunakan kartu kredit ini, krn merasa lebih menguntungkan dg penggunaan kartu kredit yg lainnya. Saya menerima tawaran kartu kredit ini saat pameran dan dijanjikan free annual fee seumur hidup. Ternyata di bulan ini tagihan AF muncul.
    Saya sdh bolak-balik minta kejelasan terkait aturan tab dan mengatakan aturan bank lain tdk demikian, yaitu jika kartu kredit ditutup maka AF tdk perlu dibayarkan. Namun CA tersebut tetap dg jawaban yg sama meskipun sepertinya dia jg sudah bolak-balik tanya kepada koleganya.
    Mungkin Mas Edwin atau teman2 yg lain punya insight terkait ini, krn jatuh tempo kartu tgl 25 Juni dan saya tdk mau punya catatan tunggakan utk pembayaran kartu kredit.
    Terima kasih sebelumnya, mas.

    1. Nida,

      Jika boleh saran – sebaiknya Anda mengambil penawaran ‘komitmen’ bertransaksi 13 juta selama 3 bulan saja. Jika nanti annual fee dihapus di depan (sebelum transaksi 13 juta dibukukan) maka Anda bisa call BRI lagi untuk menutup kartu tsb. Biasanya annual fee akan dihapuskan di depan dan baru ditagih lagi jika ternyata Anda tidak dapat memenuhi challenge yang ditentukan. Sekian saran dari saya

      Dan iya, worst case Anda harus tetap bayar annual fee yang ada daripada merisikokan tunggakan yang akan sangat berpengaruh pada credit score Anda.

        1. Saya baru saja menghubungi call center BRI, ternyata memang kebijakan tahun lalu dan tahun ini sudah berubah. Tahun lalu cukup menghubungi call center dan melakukan transaksi 1x nominal berapapun dalam 1×24 jam maka annual fee langsung dapat dihapus. Di tahun ini hanya ada 3 opsi
          1. Transaksi 12 bulan terakhir minimal XX
          2. Mendaftarkan 2 biller dengan komitmen 1 tahun
          3. Komitmen transaksi 3 bulan ke depan dengan nominal XX

          Untuk yang komitmen transaksi sudah saya coba nego, sama sekali tidak bisa diturunkan nominalnya dan reversal hanya dilakukan setelah transaksi mencapai nominal komitmen tersebut.

    2. sama dengan saya, barusan saya telpon ke BRI dan di beri syarat sama persis dengan yg mbak tulis. klo dah berurusan sama cc emang ribet. padahal dia juga dan ngambil biaya ini itu. masih aja malakin AF. dan yg bikin kesel lagi, tiap taun pasti syarat penutupan berubah ubah.

  16. Saya sangat setuju dgn cara2 diatas, terbukti di semua kartu kredit yang saya miliki, tidak ada yang terkena annual fee. Jika bisa, carilah kartu kredit yang free for life (ygang saya miliki dr mandri, CIMB Niaga & Maybank) sehingga tidak perlu repot mengurusnya tiap tahun.

  17. maaf kalau untuk danamon bisa tidak ya mengajukan bebas biaya tahunan,saya lihat tagihannya 400rb.Terimakasih sebelumnya.

  18. Siang mas edwin, nanya dong. tahun kmrn saya di tawari CC BRI marketing menjanjikan saya untuk bebas iuran tahunan seumur hidup, tgl 25 nov 2021 saya menerima sms tagihan AF saya, trs saya sempat komplen ke call center bag CC dan meminta untuk penghapusan AF, kartu blm saya gunakan sama sekali cm salahnya sdh saya aktifkan. dan sy blg akan menutup kartu jika ttp dikenakan biasa AF, dan marketing menjelaskan bahwa saya ttp harus membayar AF baru bisa dilakukan penutupan CC. minta pencerahannya kalo saya ttp tdk mau membayar AF alasan gmn ya biar di acc penghapusan AF nya dan jika permohonan AF sy tdk di acc dan kalo sy tdk membayar AF apa akan kena BI Checking. mohon dibantu mas edwin. thanks

    1. Eka,

      Jika Anda tidak membayar iuran tahunan yang menyebabkan tagihan Anda macet, maka hal tersebut akan berpengaruh ke BI Checking Anda. Oleh karena itu, akan bijaksana jika Anda membayar dulu tagihan yang ada lalu minta kembali iuran tahunan dalam bentuk reimbursement atau Anda tutup langsung kartu tersebut namun meminta iuran tahunan ditarik. Sebenarnya ini kembali ke kemampuan negosiasi sih.

      1. mas edwin kita sedang bernegoisasi dengan customer services yg dibilang manusia tpi kyk mesin penjawab. mereka gk menguasai apa yg kita minta dan hanya bekerja berdasarkan SOP saya mau nutup cc bri persis di todong bayar AF dulu. gila sih emang. saya mau tutup BRI ngemis2 minta di bayar dulu AF nya. parah!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea