Cerita pembaca kali ini berasal dari Vic yang menceritakan pengalaman beliau meminta penghapusan iuran tahunan (annual fee) kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite meskipun beliau bukan nasabah prioritas dari BCA.

Berikut kisahnya:


(disunting untuk kemudahan membaca)

 

Tagihan annual fee kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite saya muncul di bulan Januari namun baru berhasil dihapuskan pada bulan Agustus.

Proses pengajuan (inquiry) penghapusan annual fee selama ini selalu saya lakukan via surel HaloBCA (halobca@bca.co.id) karena saya membutuhkan sesuatu yang tertulis dan bisa dilacak hari serta jam-nya.

Seperti biasa, Halo BCA akan merespon dengan ‘mohon menunggu’ dan akan diinformasikan ke pihak terkait. Hal ini terus terjadi berkali-kali dan selalu ditambahkan dengan penjelasan di awal bahwa tidak ada program seperti itu (penghapusan iuran tahunan untuk nasabah non-prioritas).

Tidak puas dengan jawaban tersebut, saya langsung merespon dengan mengibaratkan suatu bisnis produk yang dibangun dari awal. Dari awal pasti ada project management-nya seperti apa, timeline-nya seperti apa, dan sebagainya. Apakah BCA tidak memiliki rencana untuk waiver annual fee ini dan bagaimana kejelasannya untuk tiap-tiap nasabah.

Intinya, semua ini penuh ketidakjelasan. Ditambah, saya juga menyebutkan masalah awal dari kartu kredit top-tier dari BCA ini juga cukup aneh karena tidak bisa dipakai di beberapa merchant offline maupun online jika ada promo semisal cicilan. Ini juga saya tekankan karena kalau tidak bisa dipakai, yang rugi juga pihak BCA sendiri.

Awalnya, jawaban dari pihak marketing dan IT terkesan tidak sinkron sama sekali dan saya jujur juga kaget. Saya juga sadar bahwa jawaban dari Halo BCA itu terbatas untuk merespon dengan informasi yang valid dan akurat.

Setiap minggu saya menanyakan bagaimana kelanjutan dari kasus ini karena bagaimanapun juga saya membutuhkan informasi dan kejelasan akan program tersebut. Pihak Halo BCA sering menjanjikan untuk menghubungi saya tetapi setelah saya tunggu, tidak ada telepon juga. Mungkin mereka bingung mau memberi jawaban apa.

.

Pernah sekali mereka menelepon saya dan kembali memberikan jawaban yang sama. Saya balas dengan “gampang banget ya (jawabnya) copy paste, saya juga bisa”, sekali lagi saya tekankan bahwa saya hanya ingin minta informasi dan kejelasan.

Sebagai itikad baik, saya melakukan transaksi sampai mendapatkan bonus 1.000 mileage per bulannya. Sayangnya, saya tidak melakukan hal tersebut setiap bulannya melainkan hanya sekitar 1-2 kali saja. Mungkin hal ini juga berpengaruh terhadap faktor decision making mereka.

Saya juga mengubah transaksi yang besar menjadi cicilan karena kartu BCA Singapore Airlines Visa Infinite merupakan salah satu kartu kredit yang masih memberikan airline miles sekalipun suatu transaksi diubah menjadi cicilan.

Tidak terasa sudah lebih dari 6 bulan berlalu dan saya terus menyurati HaloBCA menggunakan surel. Saya sempat meragukan bahwa apa benar kualitas pelayanan bank no.1 di Indonesia ternyata seperti ini? Bukankan suatu bank bisa bertumbuh dengan pesat dengan mengembangkan segmen konsumer retail.

Akhirnya, setelah menunggu lama, saya memperoleh telepon bahwa permohonan penghapusan iuran tahunan saya sudah disetujui.

Pertama saya sempat ragu “kapan?” tanya saya karena saya tidak bisa melihat reimbursement iuran tahunan tersebut di transaksi berjalan. Saya sempat tidak percaya dan menanyakan posisi dan jabatan orang yang menelpon saya untuk berjaga-jaga.

Setelah cukup yakin, saya menunggu dan ternyata betul 2-3 hari kemudian saya memperoleh surel yang menyatakan bahwa reimbursement iuran tahunan akan muncul di billing statement berikutnya. Tapi sebenarnya saya sudah tahu karena transaksi tersebut sudah muncul di tagihan berjalan.

Oleh karena itu, bisa dikonfirmasi bahwa saya memperoleh gratis iuran tahunan kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite meskipun bukan nasabah prioritas BCA setelah berjuang sekian lama.


Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Singapore Airline Visa Infinite


Opini

Kisah epic dari pembaca Vic untuk memperoleh kembali 750.000 Rupiah dengan cara mengirim surel ke HaloBCA secara konstan setiap minggunya.

Jika memang betul, maka saya salut dengan kegigihan pembaca Vic ini sampai akhirnya BCA ‘mengalah’ dan akhirnya memberikan free iuran tahunan untuk nasabah non-prioritas mereka.

Kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite memiliki iuran tahunan yang sulit (namun bisa) dihapuskan

Lantas, apa yang bisa kita pelajari dari kisah pembaca Vic ini? Berikut sedikit kesimpulan-nya:

  • Iuran tahunan kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite bisa dihapuskan untuk nasabah non-prioritas dengan perjuangan
  • Sifatnya adalah case-by-case. Bukan berarti karena pembaca Vic berhasil meminta penghapusan iuran tahunan dengan metode ini, maka Anda bisa melakukan hal yang sama dan berekspetasi untuk memperoleh hasil yang sama juga
  • Gunakan surel (e-mail) untuk korespondensi dengan pihak Bank jika Anda ingin menghemat biaya mengurus hal-hal seperti ini
  • Kerja keras tidak akan mengkhianati hasil

Mungkin suatu hari jika saya menggunakan metode dari pembaca Vic dan berhasil menghapuskan iuran tahunan, maka saya harus menjamu beliau untuk makan siang karena saya sudah menghemat 750.000 Rupiah 🙂

.

Apakah iuran tahunan kartu kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite Anda bisa dihapuskan?