Jepang dikabarkan akan menerima kembali pengunjung dari negara-negara di kawasan Asia ataupun Oseania yang berhasil menangani epidemi Covid-19 di negaranya dan memiliki hubungan yang erat dengan Jepang.

Berikut kutipan dari Japan Guide:

A gradual reopening of Japan’s borders is currently being prepared, starting towards countries where the coronavirus has been contained or which have important ties to Japan. Vietnam, Thailand, Australia, New Zealand, Taiwan, South Korea, China, Singapore, Malaysia, Brunei, Myanmar, Cambodia, Laos and Mongolia are some early candidates. Entry will initially be limited to business travelers, experts and trainees. Students and eventually tourists will follow at later points.”

Berikut poin-poin penting dari kutipan tersebut:

  1. Pembukaan kembali perbatasan sejauh ini hanya berlaku untuk pelancong bisnis dan tenaga ahli. Pembukaan kembali perbatasan untuk turis akan menyusul.
  2. Indonesia tidak termasuk dalam negara yang diwacanakan boleh berkunjung ke Jepang untuk alasan apapun.

Sayangnya, Anda harus menunda dulu rencana berwisata ke Jepang dalam jangka waktu dekat

Sayangnya, Indonesia tidak termasuk dalam wacana negara yang boleh berkunjung ke Jepang. Kemungkinan besar akibat penanganan epidemi Covid-19 yang buruk walaupun secara teoritis Indonesia memiliki ‘important ties‘ dengan Jepang.

Saya merasa setidaknya sampai Indonesia benar-benar bisa mengatasi Covid-19 (dan tidak mencetak rekor baru penambahan kasus setiap minggu-nya), maka kita harus menunda dulu rencana berwisata ke Jepang setidaknya sampai akhir tahun 2020 ini. 

Apapun itu, berita ini dapat dicerna sebagai berita yang positif mengingat Jepang sudah memiliki wacana untuk membuka turisme-nya walaupun secara perlahan.


Baca juga: Flight Review – Cathay Pacific First Class Boeing 777-300ER Tokyo Haneda – Hong Kong

Baca juga: Flight Review – JAL Domestic First Class Boeing 777-200 Sapporo New Chitose – Tokyo Haneda


Penutup

Jepang termasuk salah satu negara yang cepat kembali membuka perbatasannya dibanding dengan negara lain seperti Australia yang berencana untuk menjadi ‘tertutup’ hingga tahun 2021 mendatang.

Sayangnya, saya tidak melihat pengunjung asal Indonesia akan diperbolehkan berkunjung ke Jepang dalam jangka waktu dekat.

.

Apa pendapat Anda mengenai rencana Jepang kembali menerima pengunjung dari negara-negara tertentu?