GarudaMiles Platinum

Fast Track GarudaMiles: Dapatkan Status GarudaMiles Platinum dengan Cepat

Garuda Indonesia mengadakan program fast track bagi anggota GarudaMiles di mana untuk sementara waktu anggota GarudaMiles bisa naik status berdasarkan jumlah penerbangan seperti beberapa tahun lalu.

Anda dapat membaca informasi lengkap di situs Garuda Indonesia, namun berikut adalah ringkasannya:

Fast Track Keanggotaan GarudaMiles Menuju Platinum
teks, cuplikan layar, desain grafis, Font, deasin

Program ini berlaku bagi anggota GarudaMiles Blue, Silver, dan Gold.

Anggota GarudaMiles Platinum maupun GarudaMiles non-regular (seperti Citi/UOB, Gold Privilege, dan Junior) tidak berhak mengikuti promo ini.

  • Untuk memanfaatkan program fast track ini, Anda harus mendaftarkan diri di link ini pada periode antara 26 Januari – 29 Februari 2024.

  • Promo ini berlaku untuk periode terbang 26 Januari – 30 April 2024.

  • Setelah mendaftarkan diri, untuk mendapatkan upgrade status dari program fast track ini Anda harus terbang dalam periode promo sebanyak:
    • GarudaMiles Blue ke Silver: 4 segmen
    • GarudaMiles Silver ke Gold: 6 segmen
    • GarudaMiles Gold ke Platinum: 10 segmen

  • Anda bisa upgrade status lebih dari 1 tingkat dengan promo ini.
    • Sebagai contoh, untuk naik dari GarudaMiles Blue ke Platinum, Anda akan memerlukan 4 + 6 + 10 = 20 segmen selama periode promo ini.

  • Penerbangan yang dihitung adalah:
    • Penerbangan yang dipasarkan dan dioperasikan oleh Garuda Indonesia (nomor penerbangan GA dan bukan penerbangan codeshare)
    • Di semua rute
    • Di semua kelas tiket berbayar (tidak termasuk tiket dari penukaran miles).

  • Penerbangan kelas bisnis dan utama dihitung sebagai 2 segmen.
    • Misalnya, untuk upgrade dari GarudaMiles Blue ke Silver Anda bisa memilih:
      • 4x terbang di kelas ekonomi,
      • 2x terbang di kelas ekonomi dan 1x terbang di kelas bisnis, atau
      • 2x terbang di kelas bisnis.

  • Perhitungan status dengan program fast track ini akan dilakukan pada tanggal 15 dan tanggal terakhir tiap bulan selama periode promo.
    • Apabila Anda sudah memenuhi syarat segmen untuk naik status, Anda harus menunggu sampai perhitungan status berikutnya sebelum statusnya akan di-upgrade.

  • Status berlaku selama 12 bulan setelah didapatkan.
    • Khusus saat menjadi GarudaMiles Platinum, tier miles akan di-reset menjadi 0 (tier miles yang didapatkan selama 2024 tidak bisa dihitung ulang untuk mempertahankan status).
    • Apabila Anda tidak bisa mempertahankan status dengan cara normal setelah program ini berakhir, status Anda akan turun ke 1 tingkat di bawah.

Apakah Program Fast Track GarudaMiles ini Menarik?

Sebagai mantan anggota GarudaMiles Platinum beberapa tahun silam, saya bisa berkata status GarudaMiles hanya menarik dalam keadaan tertentu.

Walaupun GarudaMiles memiliki 3 tingkat status elit (Silver, Gold, dan Platinum), satu-satunya status yang layak dipertimbangkan adalah GarudaMiles Platinum, mengingat banyaknya manfaat yang baru bisa dirasakan di status tersebut.

Berikut beberapa manfaat utama status GarudaMiles Platinum, yang merupakan status tertinggi di program GarudaMiles dan juga setara SkyTeam Elite Plus, beserta alternatifnya:

ManfaatMaskapaiAlternatif
Prioritas waitlist reservasi dan standbyAnggota SkyTeamTidak ada alternatif
Prioritas check-in, pemeriksaan, naik pesawat, dan bagasiGaruda IndonesiaBNI Garuda Indonesia Visa Signature (harus diajukan di awal)
Prioritas check-in, pemeriksaan, naik pesawat, dan bagasiAnggota SkyTeam
(selain Garuda)
Tidak ada alternatif
Tambahan kuota bagasi 20 kgGaruda IndonesiaGaruda Indonesia UOB Credit Card (otomatis)
BNI Garuda Indonesia Visa Signature (harus diajukan di awal)
Tambahan kuota bagasi 20 kg atau 1 pcAnggota SkyTeam
(selain Garuda)
Tidak ada alternatif
Akses lounge domestikGaruda IndonesiaBerbagai kartu kredit
Akses lounge internasionalAnggota SkyTeamDelta Sky Club:
BCA American Express Platinum
Danamon American Express Platinum

Priority Pass unlimited:
BCA American Express Platinum
Danamon American Express Platinum
HSBC Premier Mastercard
HSBC Visa Signature
25% bonus milesGaruda IndonesiaTidak ada alternatif

Walaupun begitu, bagi Anda yang kehilangan status GarudaMiles Platinum pascadevaluasi akhir 2020 silam dan masih sering bepergian di rute jarak dekat, program ini bisa membantu Anda untuk kembali mendapatkan status tersebut.

Status GarudaMiles Platinum sendiri juga bisa berguna saat terbang dengan 19 maskapai lain anggota SkyTeam seperti KLM, Delta, dan China Airlines berkat status SkyTeam Elite Plus.

mebel, plafon, dalam ruangan, meja, lantai, desain interior, meja kopi, dinding, Perlengkapan plafon, sofa, restoran, Meja dapur & ruang makan, lobi, kamar, kursi, hotel, lounge
Dapatkan akses ke lounge Garuda Indonesia dengan GarudaMiles Platinum.
Rekomendasi Rute

Apabila Anda masih ingin mengejar status ini, idealnya Anda terbang di rute-rute yang harga tiketnya relatif terjangkau.

Berbeda dengan strategi sebelumnya, kali ini kelas ekonomi apapun (baik promo maupun fleksibel) dihitung sebagai 1 segmen, jadi Anda bisa memilih manapun yang paling murah.

Berikut beberapa rute rekomendasi PinterPoin, serta harga termurahnya di kelas ekonomi untuk 1x jalan:

  • Bandar Lampung (TKG) – Jakarta (CGK): Rp470.950
  • Jakarta (CGK) – Bandar Lampung (TKG): Rp567.520
  • Kendari (KDI) – Makassar (UPG): Rp610.000
  • Makassar (UPG) – Kendari (KDI): Rp699.880
  • Surabaya (SUB) – Bali (DPS): Rp724.080
  • Bali (DPS) – Surabaya (SUB): Rp724.200
  • Semarang (SRG) – Jakarta (CGK): Rp791.630
  • Jakarta (CGK) – Semarang (SRG): Rp846.020
    dalam ruangan, Sandaran kepala, kendaraan, abin pesawat terbang, Sandaran tangan, mobil
    Terbang di kelas ekonomi jarak dekat bisa membantu Anda mendapatkan status GarudaMiles dengan cepat melalui program fast track kali ini.

    Baca juga: 10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan GarudaMiles

    Baca juga: Review Kartu Kredit BNI Garuda Indonesia Signature


    Penutup

    Garuda Indonesia menawarkan program fast track bagi anggota GarudaMiles yang bisa dimanfaatkan bagi sebagian orang, terutama corporate traveler atau komuter yang sering terbang di kelas ekonomi di rute-rute pendek.

    Meskipun hanya berjalan 3 bulan lebih sedikit, program ini kembali membantu Anda yang sebelumnya tidak bisa mengejar status elit GarudaMiles via tier miles yang bisa saja sangat sedikit perolehannya (30% jarak untuk subkelas Q sampai G) saat terbang dengan tiket promo.

    Bagi Anda yang memang tertarik mengejar status GarudaMiles Platinum (yang juga memberikan Anda status SkyTeam Elite Plus), secara praktis Anda hanya perlu terbang 20 segmen berbayar untuk bisa meningkatkan status Anda dari GarudaMiles Blue menjadi GarudaMiles Platinum.

    teks, cuplikan layar, Font, logo, deasin
    Dapatkan status GarudaMiles Platinum melalui promo Fast Track 2024 ini

    Hanya saja, sekali lagi jangan lupa memperhitungkan cost dan benefit status GarudaMiles Platinum ini, terlebih seperti yang PinterPoin selalu katakan di KrisFlyer Masterclass yaitu Lebih baik jadi anggota biasa tapi terbang di business/first class daripada jadi anggota elit tapi terbang di kelas ekonomi.

    Apabila Anda tertarik mengikuti program fast track ini, jangan lupa mendaftarkan diri sebelum terbang di sini.

    Apakah Anda akan memanfaatkan program fast track GarudaMiles di awal tahun 2024 ini?

    Share

    15 comments
    1. Pak Edwin, mohon info – “4x terbang di kelas ekonomi” itu maksudnya rute terbang ekonomi PP Jakarta Bali lalu kembali Bali Jakarta itu kehitung 1x atau karena tiketnya pulang pergi tersebut terhitung 2x?

    2. Sayangnya program ini ga masuk buat yg sudah Platinum dalam kaitannya untuk tetap bertahan di status Platinum, sekarang kan syaratnya minimal 25.000 miles buat stay di Platinum. Huhuhu.. berat ini bila seringnya kelas ekonomi yang sering dinaili.

      1. Hi Arifien,

        Betul, ini khusus untuk yang sedang menuju Platinum, tapi yang perlu maintain Platinum saat ini harus dengan cara normal. Bukan hanya berat, tapi lebih berat lagi kalau terbangnya di kelas ekonomi promo.

    3. What about going Jakarta to Timika (Papua) via Jayapura (transit) does that count as 1 or 2 segments? It’s two boarding passes.

    4. Pak Erik, ada klausul ini
      “Khusus saat menjadi GarudaMiles Platinum, tier miles akan di-reset menjadi 0 (tier miles yang didapatkan selama 2024 tidak bisa dihitung ulang untuk mempertahankan status).”

      Apakah tier miles yg didapatkan sebelum 26 Jan 2024 juga akan di reset / 0 kan ?

      1. Hi Hendro,

        Cukup berisiko, karena ketika di-upgrade subkelas yang muncul adalah subkelas setelah upgrade (R/O). Memang miles-nya bisa diklaim sesuai subkelas tiket berbayar (sebelum upgrade), tapi tidak ada ketentuan yang jelas bagaimana dihitungnya dan proses klaim miles manual memerlukan waktu lama.

        1. Kl search di website Garuda ada Pak J. lbh murah kl CGK-HKG tidak direct. Tp pointnya bukan di route, lebih ke arah kl misalnya terbang kudu ada transit, eg CGK-SYD, butuh turun dulu di DPS, ini dihitung 2x or 1x ya kl dlm 1 tiket number? Terima kasih

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.