Review: Kartu Kredit Citi Garuda Indonesia (Updated)

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Citi Garuda Indonesia menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit Citi Garuda Indonesia adalah kartu kredit mid-tier dari Citi Indonesia yang melakukan co-branding dengan Garuda Indonesia.

Kartu ini tergolong unik karena memiliki benefit yang tidak dimiliki kartu kredit lain di Indonesia seperti ekstra bagasi 20 kilogram ketika terbang menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan juga diskon penukaran GarudaMiles sebesar 10%.

Kartu ini juga dilengkapi dengan welcome bonus yang menarik walaupun dari sisi konvertibilitas dan earning rate, kartu ini boleh dikata kurang kompetitif.

Berikut adalah earning rate dari kartu ini:

  • Transaksi di kantor Garuda Indonesia menggunakan EDC Citibank: Rp6.666 = 1 GarudaMiles
  • Transaksi selain di kantor Garuda Indonesia: Rp10.000 = 1 GarudaMiles

GarudaMiles yang terkumpul di kartu kredit akan secara otomatis ditransfer ke akun GarudaMiles Anda ketika sudah mencapai 250 miles.

Tidak ada perbedaan perolehan Garudamiles untuk transaksi di dalam maupun di luar negeri.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3,5)

Anda bisa mendapatkan 1 airline mile setiap melakukan transaksi di kantor Garuda Indonesia sebesar Rp6.666. Nilai yang didapat adalah 2,5

Anda bisa mendapatkan 1 airline mile setiap melakukan transaksi selain di kantor Garuda Indonesia sebesar Rp10.000. Nilai yang didapat adalah 1,5

Nilai: 2

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan welcome bonus dengan total 7.500 GarudaMiles setelah melakukan transaksi sebesar Rp2.500.000 dalam periode waktu 90 hari sejak kartu kredit disetujui.

Nilai: 1

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1,5)

Kartu ini hanya memiliki 1 rekanan transfer yaitu Garuda Indonesia dengan Frequent Flyer Program-nya yaitu GarudaMiles.

Nilai: 0,5

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki berbagai bonus unik berupa:

  • Ekstra bagasi 20 kilogram ketika terbang menggunakan maskapai Garuda Indonesia
  • Diskon penukaran GarudaMiles sebesar 10%
  • Spesial check-in counter di Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3 Ultimate dan check-in counter GarudaMiles Gold di bandara lainnya di Indonesia untuk Anda dan teman seperjalanan Anda dengan kode booking tiket yang sama.
  • Pemanggilan boarding khusus pemegang Kartu Kredit Garuda Indonesia Citi di bandara tertentu untuk Anda dan teman seperjalanan Anda dengan kode booking tiket yang sama.
Nilai: 1

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak memberikan manfaat apapun di bandara.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp800.000 dan kemungkinan besar bisa di-waive (dihapuskan) ketika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Nilai: 0,8

Total Nilai: 5.3 / 10

“Kartu kredit mid-tier dari Citibank Indonesia yang memiliki kelebihan utama yaitu berbagai manfaat ekstra ketika menggunakan maskapai Garuda Indonesia namun kurang menarik dalam berbagai aspek lainnya”

 

Penutup

Kartu kredit Citi Garuda Indonesia adalah kartu kredit yang wajib Anda miliki apabila Anda sering memesan penerbangan Garuda Indonesia menggunakan cash fare.

Dibandingkan dengan kartu kredit co-branding Garuda Indonesia lainnya yaitu BNI Garuda Indonesia Visa Platinum/Signature; Kartu ini lebih unggul dari sisi manfaat yang ditawarkan.

Sayangnya, kartu kredit ini kurang menarik dari sisi earning rate (kecuali apabila Anda sangat sering bertransaksi di Garuda Indonesia) dan welcome bonus-nya pun tidak terlalu menarik apabila dibandingkan dengan kartu kredit Citi Prestige.

Singkat kata, saya merekomendasikan kartu kredit Citi Garuda Indonesia ini bagi Anda yang sering traveling menggunakan Garuda Indonesia namun membeli tiket-nya menggunakan cash fare ataupun bagi Anda yang sering membutuhkan jatah bagasi lebih ketika berpergian menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

.

Apa Pendapat Anda Mengenai Kartu Kredit Citi Garuda Indonesia Ini? 

Share
15 comments
  1. Yang paling mengecewakan dari kartu ini sejak tahun lalu poin reward belanja di Eropa ditiadakan. Penilaian saya terhadap kartu ini langsung jatuh di titik nadir. Dari semula apresiasi saya untuk kartu Citibank selalu paling tinggi dan bagus.

  2. Diskon penukaran milage 10 % kadang bisa menjadi sia sia.

    Karena penukaran tidak bisa di web atau apps.

    Jadi harus by phone atau kantor. Artinya akan ada tambahan biaya admin. Yang mana untuk rute2 tertentu. Itu tidak sebanding dengan diskon milage nya.

    1. Jacky,

      Saya belum coba tapi seharusnya masih tetap bisa aktif. Aman-nya sebaiknya di akun tersebut Anda habiskan dulu GarudaMiles-nya sebelum menutup CC Citi Garuda Indonesia tersebut.

    2. Bisa tetap aktif. Nomor GarudaMiles nya akan tetap sama dengan yang ada di GICC. Pengalaman saya tahun lalu tutup GICC, saya langsung lapor ke contact center garuda by email dengan melampirkan surat penutupan kartu kredit dari citibank. Nanti level keanggotaan GarudaMiles akan disesuaikan dengan jumlah mile yang tersedia di akun.

  3. Halo Team PP, jika no garuda miles existing saya berbeda dengan no garuda miles yang tertera di kartu Citi Garuda itu solusinya bagaimana? CS yang saya harus hubungi itu CS Garuda atau CS Citi? Terima kasih.

        1. Saya iseng2 apply kartu tambahan Garuda. Dan ternyata disetujui. Tidak ada input nomor GFF pada saat apply. Saya belum terima fisik kartunya. Tapi sepertinya pakai Miles yang baru. Kalau iya bisa ga ya saya convert, atau pun kalau ga bisa ga saya aktifkan juga gpp kan kartu ini.

      1. Saya baru saja kemarin coba kontak CS Citi, dan mereka menginfokan bahwa tidak bisa, yang bisa dilakukan adalah mentransfer miles dari FF non-Citi ke rekening FF Citi dan itu pun melalui CS GarudaMiles.

        Boleh minta info lebih lanjutnya kemarin Mas Edwin bagaimana bisa sukses mengganti nomor FF yang ke-link ke kartu Garuda Citi Card? Dan setelah melakukan link baru, apakah mendapatkan kartu baru juga dengan nomor FF eksisting?

        1. Saya baru disetujui kartu citi garuda indonesia dan rupanya sekarang di aplikasi garuda nomor garuda milesnya langsung berubah dan semua milesnya tertransfer, pastikan saja alamat email yang digunakan di akun garuda sama dengan alamat email di akun citi

  4. Saya baru saja buat akun baru dengan beda no hp dan beda email
    apakah bisa jika 1 akun di pake untuk citi garuda dan 1 akun lainnya dipake di bni garuda?
    dengan nama sama tapi beda no GFF?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea