Maskapai Avianca kembali mengadakan promo untuk membeli miles di program frequent flyer-nya yaitu LifeMiles. Kali ini, LifeMiles kembali menawarkan bonus pembelian miles hingga 165% untuk pembelian hingga 25 Februari 2021 mendatang.

Ketentuan Promo Pembelian LifeMiles

Promo ini tidak bersifat targeted yang berarti semua orang akan dapat memanfaatkan promo ini.

Berikut syarat dan ketentuan untuk promo ini:

  • Untuk memanfaatkan promo ini Anda harus menbeli miles paling lambat 25 Februari 2021.
  • Harga miles sebelum bonus adalah US$33 (~ Rp460.000) tiap 1.000 miles, dan pembelian miles dilakukan dalam kelipatan 1.000 miles.
  • Promo ini memiliki batas maksimum pembelian miles:
    • Maksimum pembelian miles per akun selama promo ini (sebelum bonus) adalah 200.000 miles dikurangi dengan jumlah miles yang dibeli sebelumnya di tahun 2021.
    • Maksimum pembelian miles per akun per tahun kalender (termasuk bonus) pada umumnya adalah 200.000 miles, namun selama promo ini batas tersebut ditingkatkan menjadi 530.000 miles.
  • Anda akan mendapatkan bonus miles berdasarkan jumlah pembelian miles:
    • Beli 1.000 – 200.000 miles tanpa mendaftarkan diri di link khusus: Bonus 150% (efektif Rp184/mile),
    • Beli 1.000 – 200.000 miles dengan mendaftarkan diri di link khusus: Bonus 165% (efektif Rp174/mile)

Untuk mendapatkan bonus 165%, Anda harus mendaftarkan diri di link khusus ini. Pendaftaran tersebut gratis dan akan berlaku secara instan.

Opsi Penukaran LifeMiles

Anda dapat menukarkan miles LifeMiles untuk penerbangan Avianca maupun maskapai rekanan dalam Star Alliance. Bahkan, program LifeMiles sendiri cukup terkenal sebagai “broker” tiket kelas bisnis atau pertama di Star Alliance.

Penukaran normal

Untuk mempermudah Anda mencari jumlah miles yang dibutuhkan, Anda dapat melihat ringkasan award chart untuk penerbangan dari/ke Indonesia yang saya buat di sini. Anda juga dapat melihat award chart penuh untuk penerbangan Star Alliance di LifeMiles dapat Anda lihat di sini. Berikut beberapa opsi penukaran yang menurut saya cukup menarik:

  • 36.000 miles (Rp6.300.000 dengan bonus 165%) untuk kelas bisnis sekali jalan dari Indonesia ke Asia Utara (termasuk Jepang dan Korea),
  • 51.000 miles (Rp8.900.000 dengan bonus 165%) untuk kelas bisnis sekali jalan dari Indonesia ke Hawaii, dan
  • 78.000 miles (Rp13.600.000 dengan bonus 165%) untuk kelas bisnis sekali jalan dari Indonesia ke Amerika Utara kecuali Hawaii.

LifeMiles tidak mengenakan fuel surcharge untuk penukaran miles. Walaupun begitu, ketersediaan kursi di program LifeMiles mungkin sedikit berbeda dengan ketersediaan kursi di maskapai rekanan lain atau maskapai tersebut sendiri, jadi saya menyarankan untuk hanya memesan penerbangan yang tampil di pencarian LifeMiles.

Asiana A350 Jakarta

Anda dapat terbang di kelas bisnis Asiana ke Amerika Serikat hanya dengan 78.000 miles. Foto: Ikhwan Hidayat

Trik menghemat LifeMiles (penerbangan kelas campur)

Berbeda dengan penukaran di program lain, jumlah miles yang dibutuhkan untuk penerbangan dengan kelas berbeda-beda adalah berdasarkan jarak tiap penerbangan dibandingkan dengan jarak seluruh penerbangan.

Sebagai contoh, apabila Anda akan terbang dari Jakarta CGK ke Tokyo HND dengan ANA, Anda akan membutuhkan 36.000 miles di kelas bisnis atau 20.000 miles di kelas ekonomi.

Apabila Anda terbang di satu kelas, jumlah miles yang dibutuhkan akan sesuai yang tertera di award chart.

Namun, apabila Anda akan terbang dari Jakarta CGK ke Tokyo HND dengan kelas bisnis ANA dilanjutkan dengan Tokyo HND ke Okinawa OKA dengan kelas ekonomi ANA, jumlah miles yang diperlukan akan diprorata berdasarkan kelas dan jarak. Oleh karena itu, secara efektif Anda bukan hanya menambahkan penerbangan tambahan secara gratis, namun bahkan “dibayar” dengan berkurangnya jumlah miles yang dibutuhkan.

Anda dapat menghemat ribuan miles di program LifeMiles dengan melakukan penukaran dengan kelas berbeda.

Trik ini dapat dipakai apabila, misalnya, sebagian penerbangan dalam perjalanan Anda hanya ditawarkan di kelas ekonomi, atau Anda memilih untuk terbang di kelas bisnis atau pertama hanya di penerbangan tertentu.

Diskon penukaran LifeMiles

LifeMiles dari waktu ke waktu kadang mengadakan promosi untuk penukaran di rute tertentu. Sebagai contoh, di bulan November 2020 LifeMiles mengadakan diskon penukaran miles untuk puluhan rute.

Apakah ini Saat Terbaik untuk Membeli LifeMiles?

Tidak. LifeMiles cukup sering menawarkan promo untuk membeli miles, dan promo yang ditawarkan (hampir) selalu dengan bonus lebih dari 100%.

Sebagai contoh, LifeMiles di bulan September lalu mengadakan promo dengan bonus 200%, dan di bulan Februari 2020 mengadakan promo dengan bonus 140%. Walaupun bonus 165% merupakan bonus kedua terbaik setelah 200%, namun bukan berarti Anda sebaiknya langsung membeli dengan promosi ini.

Selain itu, Avianca sebagai maskapai yang mengakses award untuk LifeMiles sempat menyatakan diri bangkrut, namun akhirnya akan melakukan restrukturisasi. Walaupun LifeMiles tidak termasuk dalam kebangkrutan Avianca, apabila Avianca harus meninggalkan Star Alliance (atau bahkan berhenti beroperasi), LifeMiles tidak akan mendapat akses ke award Star Alliance.

Misalkan Saya Tetap Membeli LifeMiles, Bagaimana Transaksi Saya Akan Dicatat di Bank?

Pembelian LifeMiles akan diproses langsung oleh Avianca. Oleh karena itu, transaksi ini akan dicatat sebagai:

  • Transaksi di luar negeri,
  • Transaksi dalam mata uang asing (USD),
  • Transaksi online, dan
  • Transaksi perjalanan (merchant Avianca).

Untuk memaksimalkan poin yang didapat, Anda dapat memilih kartu dengan promo spesifik untuk transaksi di atas. Namun, apabila Anda sedang tidak memperoleh promo untuk transaksi di atas, saya menyarankan Anda untuk memakai Mega Travel Card dengan rasio perolehan dan kurs yang sangat atraktif untuk transaksi mata uang asing, yakni Rp2.404 / 1 GarudaMiles dengan markup hanya 0.5%.

Kesimpulan

Walaupun promo LifeMIles ini sekilas nampak cukup menarik, kecuali Anda sudah memiliki rencana pasti untuk menukarkan miles untuk terbang di tahun 2021 saya tidak menyarankan Anda untuk menimbun miles di program ini. Mari berharap semoga di masa yang akan datang LifeMiles akan kembali menawarkan promo membeli miles dengan harga yang serupa atau lebih murah.

 

Apakah Anda akan membeli LifeMiles dengan promo ini?

H/T: OMAAT