Kabar baik bagi Anda yang memiliki visa Amerika Serikat yang sudah kadaluwarsa. Kini, Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia telah mengumumkan bahwa visa AS jenis B1/B2, C1/D atau J, yang masa berlakunya habis dalam 24 bulan terakhir bisa diperpanjang tanpa wawancara.

Sebelumnya, hanya visa Amerika yang masa berlakunya habis dalam 12 bulan terakhir yang bisa diperpanjang tanpa wawancara. Pandemi COVID-19 sepertinya memaksa pihak kedutaan untuk memberikan kelonggaran.

Seperti biasa, Anda tetap harus memenuhi syarat untum memperbaharui visa tanpa wawancara. Informasi tersebut bisa diakses pada link resmi konsulat AS ini.

Selain itu, bagi Anda yang telah membayar biaya visa namun belum menjalani proses wawancara, pihak konsulat juga telah memperpanjang masa berlaku pembayaran hingga 31 Desember 2021. Anda bisa membuat janji temu ketika kondisi sudah kondusif.


Baca juga: Kabar Baik: Masa Berlaku Paspor Indonesia Akan Diperpanjang Hingga 10 Tahun & Pengajuan Akan Dipercepat


Pernyataan Resmi dari Kedubes & Konsulat AS di Indonesia

Kedutaan Besar AS dengan senang hati mengkonfirmasi bahwa mulai 12 Oktober, pemohon yang ingin memperbarui visa B1/B2, C1/D atau J, yang masa berlakunya habis kurang dari 24 bulan yang lalu, mungkin memenuhi syarat untuk memperbarui visa tanpa wawancara melalui prosedur yang dijelaskan di situs https://ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-visarenew.asp.

Jika memenuhi syarat, pemohon hanya perlu menyerahkan dokumen yang diperlukan ke kantor perwakilan RPX dan tidak perlu datang ke Kedutaan atau Konsulat secara langsung.

Jenis Visa AS yang Termasuk

Sebagai informasi, berikut jenis visa yang eligible:

  • B1 – Athlete, amateur or professional (competing for prize money only), business visitor, domestic employee or nanny – must be accompanying a foreign national employer
  • B2 – Visitor for Medical treatment, tourism, vacation, pleasure visitor
  • C1 – Transiting the United States
  • D – Crewmember
  • J – Au pair (exchange visitor), exchange visitor, physician, professor, scholar, teacher (exchange visitor)

Baca juga: Qatar Airways Berikan 21.000 Tiket Gratis Kemana Saja untuk Guru & Pengajar


Penutup

Bagi Anda yang memiliki visa Amerika Serikat yang telah kadaluwarsa dalam 24 bulan terakhir, maka kini Anda diberikan kelonggaran untuk memperpanjang tanpa wawancara. Sebelumnya, kebijakan grace period hanya diberikan untuk visa yang kadaluwarsa dalam 12 bulan terakhir.

.

Apakah visa Amerika Serikat Anda masih aktif?