Kabar baik bagi pelancong asal Indonesia: Masa berlaku paspor biasa Indonesia akan diperpanjang menjadi 10 tahun dari sebelumnya hanya 5 tahun saja.

Selain itu, penerbitan paspor biasa juga akan dipercepat menjadi paling lama 4 (empat) hari kerja saja.

Perubahan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 51 tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2003 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 tahun 2011 Tentang Keimigrasian. Berikut adalah tautan terkait.

“Ketentuan Ayat (1) Pasal 51 diubah, sehingga berbunyi sebagai berikut:

Pasal 51

(1) Masa berlaku paspor biasa paling lama 10 tahun sejak tanggal diterbitkan.

(2) Masa berlaku paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannya.

(3) Batas usia pada anak sebagaimana diamaksud pada ayat (2) ditentukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.”

Paspor Republik Indonesia akan berlaku untuk 10 tahun di masa depan

Sedangkan untuk penerbitan paspor, proses-nya juga akan dipercepat menjadi paling lama 4 (empat) hari kerja saja, berikut kutipannya:

“Ketentuan ayat (1) Pasal 53 diubah, sehingga berbunyi sebagai berikut:

Pasal 53

(1) Menteri atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk menerbitkan Paspor biasa dalam waktu paling lama 4 (empat) hari kerja sejak ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 52 terpenuhi.

(2) batas waktu penerbitan Paspor biasa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku juga terhadap Paspor biasa yang diterbitkan oleh Pejabat Dinas Luar Negeri.”

Peraturan ini sendiri sudah ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada 11 September 2020 lalu.


Baca juga: Begini Cara Memperoleh Visa Schengen Multiple Entry 5 Tahun

Baca juga: Sekilas Mengenai Pengajuan Visa Schengen


Penutup

Kabar masa berlaku paspor biasa Indonesia diperpanjang menjadi 10 tahun ini adalah kabar baik bagi kita semua karena hal tersebut berarti kita tidak perlu menghadapi birokrasi yang menyiksa setiap 5 tahun.

Saya sendiri memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan pada saat mengajukan paspor baru dikarenakan paspor lama saya sudah berakhir masa berlakunya dan saya ingin menggantinya dengan e-paspor yang dilengkapi dengan biometric chip.

Mengantri di kantor imigrasi untuk membuat paspor bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Kredit: Andhika51.blogspot.com

Dari proses antri kuota paspor online hingga akhirnya e-paspor saya peroleh sendiri kurang lebih memakan waktu sekitar 2 minggu seingat saya beberapa tahun yang lalu. Tentunya terdapat jalur ekspress/kilat namun untuk itu Anda harus membayar lebih 😉

Apapun itu, saya cukup bahagia dengan berita ini walaupun belum ada implikasi praktis-nya. Saya berharap akan segera terdapat pilihan untuk mengajukan paspor dengan durasi 10 tahun.

.

Apa pendapat Anda mengenai masa berlaku paspor Indonesia yang mencapai 10 tahun ini?