Uni Emirat Arab berencana untuk kembali menerima turis internasional per 7 Juli 2020. Keputusan menerima turis ini diumumkan melalui twitter Dubai Media Office (@DXBMediaOffice) yang mana merupakan media resmi pemerintah Dubai.

Berikut detail dari kebijakan baru tersebut:

Keputusan Uni Emirat Arab (UEA) untuk membuka keran turisme ini tentu saja cukup mengejutkan mengingat.belum ada tanda-tanda bahwa epidemi Covid-19 akan segera berakhir. Meskipun begitu, saya salut kepada pemerintah UEA yang tidak mempersulit prosedur berkunjung ke negara tersebut.

Selain tidak membedakan kewarganegaraan turis yang berkunjung ke situ, Anda hanya perlu melampirkan hasil tes PCR yang valid selama 96 jam untuk bisa berkunjung ke negara yang terletak di jazirah Arab tersebut.

Sekedar informasi, kemungkinan besar untuk sementara waktu Anda hanya bisa berkunjung ke Uni Emirat Arab dalam rangka turisme menggunakan maskapai Emirates atau Etihad.

Hal ini dikarenakan masih banyak negara yang membatasi atau menolak penumpang yang transit di negara tersebut. Sebagai contoh, berdasarkan cerita dari seorang pembaca PinterPoin dan konfirmasi dengan bandara Changi, Singapura.masih menolak penumpang transit yang berasal dari negara yang memiliki penanganan epidemi Covid-19 yang buruk dan untuk sementara waktu hanya menerima penumpang transit dari Australia dan New Zealand.

Emirates Merilis Video Sambutan

Maskapai Emirates sendiri terlihat sangat antusias dengan rencana pembukaan kembali Uni Emirat Arab untuk turis ini. Terlihat dari bagaimana mereka langsung meng-upload video di channel Youtube mereka yang intinya adalah Dubai sudah ‘buka’ (dalam menyambut turis) kembali.

Saya melihat video ini sebagai tanda bahwa Uni Emirat Arab (terutama Dubai) benar-benar serius dalam membuka kembali negaranya untuk turisme dengan standar new normal.

Apapun itu, saya cukup bahagia melihat beberapa negara sudah mulai melonggarkan ketentuan untuk keperluan turisme. Uni Eropa dan Maldives sendiri juga sudah mulai merencanakan untuk menerima kembali turis internasional.

Saya rasa tidak akan lama sebelum negara-negara lainnya akan melakukan hal serupa ๐Ÿ™‚


Baca juga: Daftar 85 Negara Bebas Visa Untuk Orang Indonesia

Baca juga: 10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan Asia Miles


Penutup

Dalam beberapa waktu kedepan, kita akan melihat berbagai negara kembali membuka perbatasan untuk menerima turis internasional.

Meskipun begitu, saya tidak terlalu terburu-buru untuk traveling saat ini. Perlu Anda ketahui bahwa standar pelayanan selama new normal ini akan jauh berbeda dengan standar pelayanan yang Anda ekspetasikan pada old normal.

Apapun itu, saya hanya berharap industri turisme akan kembali pulih secepatnya dan langkah Uni Emirat Arab untuk menerima kembali turis internasional akan menginspirasi negara lainnya untuk melakukan hal serupa.

.

Apakah Anda tertarik untuk traveling ke luar negeri kembali?