Selain Shopback dan KrisFlyer Spree yang mungkin sudah sering terdengar, saya pribadi rutin memanfaatkan Rakuten (sebelumnya Ebates) yang merupakan salah satu online shopping portal paling terkenal di dunia.

Menggunakan online shopping portal adalah sebuah kewajiban jika Anda bertanya kepada saya. Alasannya karena Anda bisa mendapatkan tambahan cashback atau miles dari pembelanjaan atau pemesanan hotel tanpa membayar lebih.

Cara kerja dari online shopping portal sendiri aslinya cukup simpel. Merchant seperti hotel, maskapai, retailer online, online travel agent, dll, membayar komisi kepada online shopping portal karena telah “mendatangkan” konsumen. Sebagai gantinya, kita sebagai pengguna online shopping portal bisa mendapatkan imbalan balik berupa cashback atau miles.

Online Shopping Portal Rakuten Gratis US$30 | PinterPoin

Rakuten saya anggap cukup generous dalam urusan memberikan cashback. Terkadang, Rakuten mengadakan promo bonus cashback yang bisa mencapai hingga 16% pada merchant tertentu.

Contoh saya sempat mendapatkan 14% cashback pada pemesanan hotel IHG. Ketika saya memesan hotel seharga US$100, maka saya akan mendapatkan cashback sebesar US$14 kembali ke akun PayPal saya.

Online Shopping Portal Rakuten Gratis US$30 | PinterPoin

Cashback tambahan tanpa perlu membayar lebih dengan menggunakan Rakuten.

Jika saya tidak menggunakan online shopping portal seperti Rakuten, maka saya akan tetap membayar US$100 di IHG, namun tidak mendapatkan cashback. Intinya adalah, menggunakan online shopping portal sudah menjadi keharusan, setidaknya bagi saya, ketika memesan hotel atau berbelanja online di merchant yang bekerja sama.

Gratis US$30 Bagi Pengguna Baru

Saat ini, Rakuten sedang menawarkan welcome bonus yang sangat atraktif bagi pengguna baru. Spesifiknya, pengguna baru Rakuten akan mendapatkan welcome bonus sebesar US$30 ketika mendaftar melalui referral link PinterPoin ini dan melakukan transaksi minimum sebesar US$30.

Misalnya jika Anda mendaftar melalui link tersebut dan memesan hotel atau berbelanja (minimal) sebesar US$30, maka Anda akan mendapatkan cashback 100% sebesar US$30 kembali dalam bentuk saldo PayPal!

Anda bisa berbelanja online di merchant-merchant yang berpartisipasi di Rakuten seperti Apple, Microsoft, dsb. Sayangnya, kebanyakan merchant tersebut hanya accessible di luar Indonesia. Oleh karena itu, saya lebih sering memanfaatkan Rakuten untuk pemesanan hotel secara langsung seperti ke Marriott, IHG, Hilton, dan Hyatt.

Cara Menggunakan Rakuten

  1. Buat akun Rakuten menggunakan link ini untuk mendapatkan welcome bonus US$30
  2. Cari merchant yang ingin Anda tuju
  3. Klik “Shop Now” untuk kemudian diarahkan ke website resmi dari merchant tersebut
  4. Anda hanya perlu melakukan transaksi seperti biasa di website merchant/hotel tersebut
  5. Pastikan untuk tidak keluar dari link atau tab browser yang Anda masuki melalui Rakuten, agar cashback tercatat/terekam
  6. Anda kemudian akan menerima email konfirmasi dari Rakuten tentang transaksi tersebut
  7. Cashback akan masuk 6 minggu setelah pembelanjaan atau ketika Anda menyelesaikan check out dari hotel

Baca juga: Memesan Hotel, Lebih Baik Secara Langsung via Web/App Hotel atau Online Travel Agent (OTA)?


Contoh Memanfaatkan Welcome Bonus & Promo Lain

Saya rasa promo anggota baru Rakuten ini bisa digabung dengan beberapa promo lain. Satu promo yang muncul di benak saya adalah hadiah untuk anggota baru Marriott Bonvoy.

Spesifiknya, Anda bisa mendapatkan 1 malam gratis ketika menginap 2x di hotel jaringan Marriott manapun, selengkapnya baca di artikel ini.

Kebetulan, Indonesia merupakan salah satu market hotel termurah di dunia. Artinya mudah bagi Anda untuk menemukan hotel Marriott yang berada di kisaran harga US$30an.

Dengan mendaftar sebagai anggota baru Rakuten dan kemudian memanfaatkan promo anggota baru Marriott, Anda bisa mendapat US$30 dan hanya kurang menginap 1x lagi untuk mendapatkan sertifikat gratis menginap 1 malam yang mana sangat menarik.

Tips: Google Chrome Extension

Awal-awal kenal dengan online shopping portal, saya terkadang juga lupa untuk menggunakan layanan tersebut. Oleh karena itu, saya sangat menyarankan Anda untuk menginstal extension Rakuten untuk browser Google Chrome.

Ketika Anda membuka website merchant yang berpartisipasi di Rakuten, Anda akan diberikan notifikasi sehingga memperkecil kemungkinan kehilangan kesempatan mendapatkan cashback.

Rakuten IHG Cashback

Notifikasi otomatis ketika Anda memasuki website merchant yang berpartisipasi di Rakuten.

Penutup

Mendapatkan US$30 kembali hanya dengan menjadi pengguna saya anggap sangat generous. Jika kebetulan Anda sudah mempunyai akun Rakuten namun jarang atau tidak pernah digunakan, saya sarankan untuk membuat akun baru untuk memanfaatkan welcome bonus tersebut.

Alternatif dari Rakuten sendiri adalah Shopback Indonesia yang menurut saya lebih applicable bagi orang Indonesia karena merchant-merchant yang mayoritas berada di Indonesia. Kabar baiknya juga, Shopback yang tadinya hanya menggandeng Accor kini sudah bekerja sama dengan Marriott Bonvoy dan IHG.

Welcome bonus US$30 dari Rakuten ini saya anggap too good to be true dan wajib Anda maksimalkan selagi ada. Kedepannya, jangan lupa untuk menggunakan online shopping portal untuk menghemat atau memaksimalkan pengeluaran. Anda dipersilahkan untuk membagikan referral link Anda di kolom komentar di bawah.

.

Apakah Anda sudah memanfaatkan online shopping portal Rakuten?