Jika sebelumnya Shopback hanya bekerja sama dengan Accor Live Limitless, kini Shopback telah bekerja sama dengan Marriott Bonvoy dan sudah menambahkan IHG Rewards Club (namun belum ada cashback).

Sewajarnya, online shopping portal pastinya terus menambah partner merchant agar bisa menambah daya tarik. Seperti Shopback yang ternyata sudah semakin memperluas jaringannya sejak beberapa bulan belakangan.

Anggota Marriott Bonvoy bisa mendapatkan cashback sebesar 3% jika membuka website Marriott melalui Shopback. Sedangkan untuk IHG, saat ini belum ada bonus yang ditawarkan. Sama halnya dengan Accor yang sepertinya sedang menyetop kampanye cashback dengan Shopback.

Marriott Bonvoy Shopback

Shopback kini menggandeng Marriott Bonvoy.

Shopback Marriott

IHG juga sudah ditambahkan, namun belum ada cashback yang ditawarkan.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan online shopping portal seperti Shopback dan program lain seperti Rakuten dan KrisFlyer Spree yang sering juga muncul di PinterPoin. Namun masih jarang diketahui jika menggunakan online shopping portal akan memberikan keuntungan tambahan tanpa harus membayar lebih.

Online shopping portal merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan pengeluaran dengan cara mendapatkan return, biasanya berupa cashback atau miles.

Ilustrasi Perolehan Cashback

Saya akan memesan hotel seharga Rp1.000.000,- nett per malam melalui website resmi hotel.

Jika memesan lewat Shopback (kemudian dialihkan ke website resmi hotel tersebut), saya bisa mendapatkan cashback sebesar 3%.

Saya tetap akan membayar Rp1.000.000, namun akan mendapat cashback sebesar Rp30.000 karena menggunakan Shopback.

Selama ini, saya pribadi rutin menggunakan online shopping portal seperti Rakuten, KrisFlyer Spree, Shopback, dsb, untuk memaksimalkan pengeluaran saya, terutama untuk menginap di hotel dan memesan melalui OTA.

Online shopping portal seperti Rakuten bahkan cukup sering menawarkan cashback dengan nominal yang besar seperti 14% untuk pemesanan hotel IHG ini.


Baca juga: Memesan Hotel, Lebih Baik Secara Langsung via Web/App Hotel atau Online Travel Agent (OTA)?


Cara Menggunakan Shopback

  • Daftarkan diri menjadi anggota Shopback disini, jika Anda menggunakan link tersebut, maka Anda dan saya akan sama-sama menerima bonus sebesar Rp25.000,- dari Shopback. Not bad!
  • Pada laman utama Shopback, ketik merchant partner yang ingin Anda tuju. Dalam contoh ini, saya akan menggunakan “Marriott Bonvoy”
  • Shopback kemudian akan menampilkan jumlah cashback yang bisa didapat seperti ini:
Shopback Marriott IHG

Cashback sebesar 3% untuk pemesanan hotel Marriott Bonvoy melalui Shopback.

  • Kemudian tekan tombol “Belanja Sekarang” yang terletak di sebelah kanan dan Anda akan di direct ke website Marriott Bonvoy

Shopback menjanjikan cashback masuk dalam waktu 2 hari setelah Anda check out.

  • Anda kemudian akan masuk ke website Marriott Bonvoy dan tinggal melakukan pemesanan hotel seperti biasa. Penting: Jika Anda secara sengaja/tidak sengaja menutup browser, maka Anda harus mengulang proses klik melalui Shopback agar bisa mendapatkan cashback.

 

Tips: Tambahkan Shopback di Google Chrome Extensions

Awal mulai menggunakan online shopping portal beberapa tahun lalu, saya masih sering kelupaan untuk meng-klik melalui portal. Namun akhirnya saya tidak harus mengkhawatirkan hal tersebut lagi dengan adanya fitur Extensions di Google Chrome!

Setiap kali Anda masuk ke website yang bekerja sama dengan online shopping portal seperti Shopback, Rakuten, Alaska MileagePlan, dll, maka Extensions tersebut akan memberikan notifikasi untuk mengaktifkan cashback. Oleh karena itu, saya sangat menyarankan Anda untuk men-download extension-extension untuk online shopping portal.

Penutup

Sebuah perkembangan yang sangat baik dan menarik dari Shopback. Sebelumnya Shopback hanya menggandeng Accor, namun kini sudah menambahkan Marriott dan IHG. Saya rasa bukan tidak mungkin jika Shopback akan kembali menambahkan jaringan lain seperti Hyatt dan Hilton untuk bersaing dengan online shopping portal lain seperti Rakuten.

Ingat, mendapat tambahan cashback ini bukan berarti Anda akan membayar harga yang lebih mahal. Harga yang dibayarkan tetap sama seperti biasanya, jadi jika Anda tidak menggunakan online shopping portal maka Anda bisa dibilang kehilangan kesempatan mendapatkan 3% uang Anda kembali.

Terakhir, jangan lupa untuk membandingkan nominal cashback yang ditawarkan diantara sejumlah online shopping portal.

.

Jangan lupa untuk menggunakan online shopping portal agar tidak melewatkan cashback/miles tambahan!