Maskapai Air Canada kembali mengadakan promo untuk membeli miles di program frequent flyer-nya yaitu Aeroplan. Kali ini, Aeroplan menawarkan bonus pembelian miles hingga 150% untuk pembelian hingga 25 Februari 2021 mendatang.

Ketentuan Promo Pembelian Miles Aeroplan

Promo ini bersifat targeted dan tidak targeted. Ini berarti, semua orang akan dapat memanfaatkan promo ini, namun sebagian orang mungkin akan mendapatkan penawaran yang sedikit berbeda.

Berikut syarat dan ketentuan untuk promo ini:

  • Untuk memanfaatkan promo ini Anda harus menbeli miles paling lambat 11 Oktober 2021.
  • Harga miles sebelum bonus adalah C$30 (~ Rp340.000) tiap miles, dan pembelian miles dilakukan dalam kelipatan 1.000 miles.
  • Promo ini dengan sendirinya tidak memiliki batas maksimum khusus untuk pembelian miles, namun maksimum pembelian miles per akun per tahun (belum termasuk bonus) adalah 1.000.000 miles.
  • Anda akan mendapatkan bonus miles berdasarkan jumlah pembelian miles – dalam semua kasus bonusnya berada di kisaran 50 – 80%, namun Anda mungkin menerima variasi yang sedikit berbeda, sebagai contoh:
    • Variasi menurut One Mile at a Time dan Prince of Travel:
      • Beli 5.000 – 19.000 miles: Bonus 50% (efektif Rp227/mile),
      • Beli 20.000 – 55.000 miles: Bonus 60% (efektif Rp213/mile),
      • Beli 60.000 – 105.000 miles: Bonus 70% (efektif Rp200/mile),
      • Beli minimal 110.000 miles: Bonus 80% (efektif Rp189/mile).
    • Variasi yang saya terima:
      • Beli 2.000 – 9.000 miles: Bonus 50% (efektif Rp227/mile),
      • Beli 10.000 – 45.000 miles: Bonus 60% (efektif Rp213/mile),
      • Beli 50.000 – 105.000 miles: Bonus 70% (efektif Rp200/mile),
      • Beli minimal 110.000 miles: Bonus 80% (efektif Rp189/mile).

Anda mungkin akan menerima variasi promosi yang sedikit berbeda, namun nilai bonus poinnya sendiri sama.

Opsi Penukaran Aeroplan

Anda dapat menukarkan miles Aeroplan untuk penerbangan Air Canada maupun maskapai rekanan dalam Star Alliance.

Untuk mempermudah Anda mencari jumlah miles yang dibutuhkan, Anda dapat melihat ringkasan award chart untuk penerbangan dari/ke Indonesia yang saya buat di sini. Anda juga dapat melihat award chart penuh untuk penerbangan di Aeroplan di sini. Sebetulnya ada beberapa cara untuk memaksimalkan program Aeroplan seperti memanfaatkan stopover dengan tambahan 5.000 miles untuk penerbangan sekali jalan, namun dalam banyak kasus jumlah miles yang diperlukan dari Indonesia cukup mirip dengan KrisFlyer:

  • 45.000 miles untuk kelas bisnis dari Indonesia ke Jepang (vs 47.000 miles KrisFlyer untuk penerbangan Singapore Airlines atau 47.500 miles KrisFlyer untuk penerbangan anggota Star Alliance),
  • 85.000 miles untuk kelas bisnis dari Indonesia ke Amerika Utara (vs 95.000 – 99.000 miles KrisFlyer untuk penerbangan Singapore Airlines atau 105.500 miles KrisFlyer untuk penerbangan anggota Star Alliance),
  • 100.000 miles untuk kelas bisnis dari Indonesia ke Eropa (vs 92.000 miles KrisFlyer untuk penerbangan Singapore Airlines atau Star Alliance).

Aeroplan tidak mengenakan tuslah bahan bakar (fuel surcharge) untuk penukaran miles kebanyakan maskapai, dan ketersediaan kursinya sendiri relatif standar (Anda bisa juga memeriksa ketersediaan award dengan situs United untuk memastikan). Walaupun begitu, patut diperhatikan bahwa Aeroplan sendiri mengenakan biaya pemesanan sebesar C$39 per tiket apabila Anda memesan penerbangan maskapai rekanan. Oleh karena itu, Anda harus menghitung untuk masing-masing kasus mana yang lebih menguntungkan.

ANA Business Class

Anda dapat terbang di kelas bisnis ANA ke Amerika Utara dengan 85.000 miles Aeroplan. Foto: ANA.

Apakah Saya Sebaiknya Memanfaatkan Promo Membeli Aeroplan Kali Ini?

Tergantung. Apabila Anda memvaluasi KrisFlyer di nilai sekitar Rp200/mile, maka dalam beberapa kasus tertentu membeli miles Aeroplan bisa saja menguntungkan mengingat jumlah miles yang dibutuhkan dalam beberapa kasus cukup mirip dengan KrisFlyer.

Promo ini menurut saya akan bermanfaat apabila Anda sudah memiliki rencana dalam waktu menengah. Anda tetap dapat mencari award bahkan tanpa perlu memiliki miles di akun Aeroplan dan situs webnya sendiri cukup bagus walaupun pelan, jadi silakan cari ketersediaan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Misalkan Saya Tetap Membeli Miles Aeroplan, Bagaimana Transaksi Saya Akan Dicatat di Bank?

Pembelian miles Aeroplan akan diproses oleh Points.com, sama misalnya seperti ketika Anda membeli miles Alaska atau poin Marriott. Oleh karena itu, transaksi ini akan dicatat sebagai:

  • Transaksi di luar negeri,
  • Transaksi dalam mata uang asing (USD),
  • Transaksi online, dan
  • Transaksi umum.

Untuk memaksimalkan poin yang didapat selama periode ini, saya menyarankan Anda untuk menggunakan UOB PRIVI Miles. Walaupun markup-nya untuk kurs asing bisa dibilang standar atau sedikit tinggi, perolehan poinnya yang mencapai hingga Rp900/mile tentu jauh lebih menguntungkan daripada kartu kredit lain.

Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles

UOB PRIVI Miles menawarkan perolehan poin yang fenomenal untuk membeli miles Aeroplan.

Penutup

Kecuali Anda sudah memiliki rencana pasti untuk menukarkan miles untuk terbang dalam waktu menengah atau ingin mengejar promosi 10x poin UOB saya menyarankan untuk menunda membeli miles Aeroplan. Program Aeroplan sendiri memiliki award chart yang cukup mirip dengan KrisFlyer dalam beberapa kasus, dan mengingat sifatnya yang berbasis jarak dan area mungkin sedikit kompleks untuk dicari sweet spot-nya.

 

Apakah Anda akan membeli miles Aeroplan dengan promo ini?

H/T: OMAAT