Bangunan komersial, langit, Blok menara, Metropolis, outdoor, Area metropolitan, daerah perkotaan, kota, bagian depan bangunan, bangunan, pencakar langit, jalanan, tanda, Arsitektur

Bad News: BCA Memangkas Fitur Perolehan Poin di Beberapa Kategori Transaksi

Bad news bagi Anda yang memiliki kartu kredit BCA dengan logo ‘Visa’ ataupun ‘Mastercard’ di mana efektif pada tanggal 12 Agustus 2024 mendatang, Anda tidak akan memperoleh poin untuk transaksi dengan kategori berikut:

  • Donasi (termasuk layanan sosial)

  • Layanan pemerintahan (pembayaran pajak, biaya imigrasi, dan BPJS)

  • Pembayaran listrik, air, dan gas.

Berikut daftar kartu kredit yang terdampak dari perubahan kebijakan BCA untuk kartu Visa dan Mastercard ini:

Dengan logo ‘Visa’

1. BCA Singapore Airlines KrisFlyer PPS Club (baca ulasannya di sini)

2. BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite (baca ulasannya di sini)

3. BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature (baca ulasannya di sini)

4. BCA Visa Black

5. BCA Visa Batman (baca ulasannya di sini)

teks, Font
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite adalah salah satu kartu kredit yang terdampak dengan perubahan ini
Dengan Logo ‘Mastercard’

1. BCA Mastercard World (baca ulasannya di sini)

2. BCA Mastercard Black

3. BCA Mastercard Globe

4. BCA Tiket.com Mastercard (baca ulasannya di sini)

5. BCA Blibli Mastercard (baca ulasannya di sini)

teks, Font, cuplikan layar, Grafis, logo
BCA Blibli Mastercard adalah salah satu kartu kredit yang terdampak dengan perubahan ini
Implikasi

Transaksi yang masuk pada kategori yang dikecualikan tidak akan mendapatkan poin.

Meski begitu, perubahan ini seharusnya tidak berdampak banyak bagi Anda yang memiliki beberapa kartu kredit terutama kartu kredit dari bank lain selain BCA.

Perubahan ini juga tidak berdampak bagi Anda yang memiliki kartu BCA Amex Platinum, BCA JCB Black, BCA UnionPay, dan sebagainya. Terutama bagi pemegang kartu BCA Amex Platinum, perubahan ini seharusnya tidak berdampak sama sekali.

teks, mata uang, uang, Kolektibilitas, muka, dolar

Kenapa? Karena pada dasarnya tanpa spending reward sekalipun, kartu BCA Amex Platinum masih lebih bagus dibandingkan kartu sejuta umat BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite meskipun memiliki batasan penukaran optimal.

Sebagai contoh, asumsikan Anda bertransaksi sebesar Rp50.000.000 untuk membayar listrik, air, atau transaksi kategori apapun yang dikecualikan nantinya sebelum 12 Agustus 2024.

Anda akan mendapatkan:

  • 250.000 Membership Rewards yang bisa ditukarkan dengan 6.667 KrisFlyer miles jika Anda bertransaksi menggunakan kartu kredit BCA Amex Platinum.

  • 6.629 KrisFlyer Miles jika Anda bertransaksi menggunakan kartu kredit BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite yang berasal dari perolehan poin standar sebesar 4.629 dan spending reward sebesar 2.000.

Jadi, sekali lagi, kecuali kartu kredit Anda hanya 1 (satu) saja yaitu kartu kredit BCA dengan logo ‘Visa’ ataupun ‘Mastercard’ dan Anda hanya semata-mata menggunakannya untuk transaksi pada kategori yang akan dikecualikan BCA tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir akan dampak perubahan ini 🙂

Tapi jika Anda memenuhi deskripsi di atas, good luck mencari kartu kredit lainnya sebelum 12 Agustus 2024.


Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite

Baca juga: Tips Menghapuskan Iuran Tahunan Kartu Kredit BCA


Penutup

BCA akan memangkas fitur perolehan poin di beberapa kategori transaksi khusus untuk kartu dengan logo ‘Visa’ dan ‘Mastercard’.

Perubahan ini seharusnya tidak berdampak banyak bagi Anda yang memiliki portofolio kartu kredit yang baik (baca: memiliki beragam kartu kredit dari berbagai bank sehingga Anda well diversified).

Saya sendiri tidak terdampak sama sekali dengan perubahan ini dikarenakan in the first place, saya tidak pernah membayar tagihan listrik, air, PBB, BPJS, dan sebagainya menggunakan kartu kredit BCA.

Masih banyak sekali kartu kredit di Indonesia yang menawarkan perolehan poin lebih baik dari kartu kredit BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite…. jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir.

teks, langit, Papan iklan, cuplikan layar, outdoor, gunung, tanda
Kartu kredit di Indonesia lebih dari sekedar BCA Singapore Airlines series saja

Yang perlu kita khawatirkan adalah jika kebijakan ini menular pada kartu kredit lain yang mana jika hal tersebut sungguh terjadi, maka hal tersebut akan cukup mengkhawatirkan dalam jangka panjang.

Mari kita berharap hal tersebut tidak terjadi. Tapi jika terjadi sekalipun, PinterPoin sudah memiliki solusinya.

Apa pendapat Anda mengenai keputusan BCA untuk memangkas perolehan poin di beberapa kategori transaksi ini?

Update

Berikut daftar marketplace dan kebijakan Merchant Category Code (MCC) dari marketplace tersebut:

Grafis, papan klip, desain grafis, simbol, logo, lingkaran, Font, deasin

Tokopedia: Memiliki MCC untuk utilities dan government sehingga kedepannya Anda tidak akan mendapatkan poin untuk transaksi yang dikecualikan.


Grafis, papan klip, logo, Font, deasin

Blibli: Memiliki MCC untuk utilities sehingga kedepannya Anda tidak akan mendapatkan poin untuk transaksi yang dikecualikan.


teks, Font, Grafis, logo, desain grafis, merah, deasin, tipografi

Shopee: Tidak memiliki MCC khusus untuk utilities maupun government sehingga Anda masih akan bisa menggunakan kartu kredit BCA Anda di sini untuk pembayaran kategori yang dikecualikan.


Font, teks, Grafis, logo, desain grafis, deasin

Bukalapak: Tidak memiliki MCC khusus untuk utilities maupun government sehingga Anda masih akan bisa menggunakan kartu kredit BCA Anda di sini untuk pembayaran kategori yang dikecualikan.


cuplikan layar, Grafis, teks, logo, Warna-warni, deasin

Lazada: Tidak memiliki MCC khusus untuk utilities maupun government sehingga Anda masih akan bisa menggunakan kartu kredit BCA Anda di sini untuk pembayaran kategori yang dikecualikan.

Share

51 comments
      1. Thanks untuk Update, tokopedia, shopee dan bli bli nya…

        Apa boleh d tambahkan dana jg ? Bagaimana dgn MCC nya. Thanks

    1. K525,

      Aplikasi online yang dimaksud ini apa ya? Kalau semisal Marketplace sih sekilas tidak terpengaruh tapi kalau pembayarannya direct melalui MCC layanan pemerintah dan sebagainya akan terdampak.

      1. Halo Cindy,

        Terpengaruh, sistem backend Tokopedia sudah memisahkan MCC untuk penerimaan negara (walaupun di depan namanya masih sama-sama Tokopedia).

  1. Halo pinterpoin,

    Thank you atas infonya. Mohon ijin untuk bertanya apakah kalo bayar listrik via tokped or shope akan terdampak?

    Terima kasih

      1. Layanan pemerintahan (pembayaran pajak, biaya imigrasi, dan BPJS) apakah ini termasuk pembayaran kode billing untuk investasi SBN?

  2. jadi sekarang untuk pembayaran listrik yg lumayan besar, bagusnya pakai kartu bank apa ya? apakah uob? voyage sudah dibatasi, bca jg sdh tidak bisa..

    1. Thomas,

      BCA bisa; Hanya saja bukan Visa atau Mastercard-nya.
      Semisal BCA Amex Platinum, BCA JCB Black, masih bisa.
      Alternatifnya masih banyak sekali dari CIMB, UOB, HSBC, Danamon, dan sebagainya.

      1. iya tetapi untuk pengumpulan krisflyer dari pembayaran listrik kartu kredit danamon jcb, hsbc, cimb masih agak kurang bagus sepertinya ya.. sepertinya harus mulai beralih ke uob privimiles, saat ini dia masih tidak ada pembatasan pembayaran listrik dan bpjs.

    2. Thomas,

      UOB Zenith
      CIMB JCB Ultimate
      BCA Amex Platinum
      Mandiri Prioritas
      dan lain-lain semuanya masih bisa dapat poin dan bayar utilities dalam jumlah besar.

  3. Sudah curiga sejak 2 bulan lalu.
    Transaksi pembayaran listrik, beli token, dll di toped dan blibli… Notifikasi dari app myBCA bilangnya transaksi kategori Pajak

    1. Jadi kalo lihat update artikel diatas marketplace yang ga pakai mcc utk bayar utility cuma shoppe aja? Jadi kalo bayar listrik setelah 12 agt masih dpt poin?

  4. Halo mau tanya dong kalau misal beli barang biasa dan bukan donasi atau bayar pajak dsb di tokopedia bisa dpt miles ga ya? Thank you

  5. Minta tolong kakak Edwin utk buat artikel lagi tentang kartu kredit bank apa aja yg memiliki persyaratan pembayaran utilitas pajak dan pemerintah yg tidak mendapatkan reward poin… Terima kasih kak…

    1. David Edwin,

      Sekilas yang tidak dapat sejauh ini hanya Jenius, OCBC, BCA (Visa dan Mastercard), dan DBS. Untuk yang DBS artikelnya menyusul.
      Sedangkan kompilasi transaksinya juga akan kita buatkan atikel terpisah.

  6. Kalo beli retail online dari Tokopedia, masih termasuk ritel aja kan? MCC govt hanya untuk transaksi yang betul2 untuk bills di kategori tersebut? Thanks!

      1. Apakah ketentuan yg sama berlaku untuk ocbc? Artinya pembayaran listrik via lazada tetap mendapatkan mileage. Kartu ocbc voyage

        Thx resposenya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.