Halo dari Amerika Serikat! Sejak bulan Mei 2021 lalu, saya dan Erika memutuskan untuk menetap selama beberapa bulan di New Jersey, Amerika Serikat.

Salah satu hal yang harus saya pusingkan tentunya adalah tempat tinggal selama berada di Amerika. Berkat lokasinya yang dekat dengan New York, apartment 1 kamar tidur di area New Jersey setidaknya akan memerlukan biaya US$1,400+ per bulan, belum termasuk biaya listrik, air, internet, utilities, dsb.

Dari kalkulasi berdasarkan kandidat apartment yang saya cari, setidaknya saya akan memerlukan biaya US$1,800 per bulannya. Saya juga harus membeli furniture yang pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih, furniture tersebut tidak akan digunakan untuk jangka panjang.

Anti mainstream, saya memutuskan untuk menginap di hotel secara full time

Banyak orang yang bertanya-tanya dan heran mengapa saya menginap di hotel secara full time di Amerika Serikat. Pertanyaan yang paling sering saya dapat adalah:

  • Menginap di hotel?! Pastinya mahal kan? Berapa biayanya?
  • Apa rasanya menginap di hotel tanpa dapur, kulkas, dsb?

Melalui artikel ini, saya akan membagikan kalkulasi dan faktor yang mendorong saya untuk menginap di hotel.

Homewood Suites Extended Stay Hotel in Somerset, NJ

Penampakan luar dari hotel tempat saya menetap

Alasan Memilih Menginap di Hotel

Sebelum memutuskan untuk menginap di hotel, saya terlebih dulu melakukan sedikit riset. Beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan adalah:

  1. Harga (dibandingkan dengan apartment)
  2. Kepraktisan
  3. Lokasi
  4. Brand hotel (untuk akumulasi poin & status)
  5. Promo bonus poin (ada atau tidak)

Dengan perhitungan matang & harga hotel yang menurut saya terjangkau, saya tidak berpikir dua kali untuk menginap di hotel ini selama masa tinggal di Amerika. Selama menginap di hotel, saya tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal seperti:

  • Membeli perabotan apartemen seperti ranjang, sofa, TV, dsb.
  • Membayar tagihan bulanan (listrik, air, internet, utilities, dsb.)
  • Membersihkan kamar
  • Menaruh deposit (setara sewa 1 bulan) untuk menyewa apartment
  • Meneken kontrak jangka panjang (minimal 6 hingga 12 bulan untuk apartment)

Sebagai loyalis Marriott, Hyatt, Hilton, dan IHG, saya langsung menuju ke masing-masing website dan mulai mencari hotel. Untuk mempermudah, saya menggunakan fitur “map” di mesin pencarian agar bisa dengan mudah mengetahui lokasi hotel berikut dengan harganya.

Pencarian dengan mode peta memudahkan saya

Saya langsung melakukan pencarian 90 hari lebih agar bisa melihat hotel mana yang menawarkan harga atraktif untuk long term stay. Akhirnya pilihan saya jatuh kepada Homewood Suites by Hilton Somerset.

Kenapa Homewood Suites by Hilton?

Pertama-tama, tipe hotel yang saya cari adalah hotel ala rumah atau apartment yang dilengkapi dengan dapur, kulkas, tempat laundry, dan parkir gratis.

Homewood Suites by Hilton adalah hotel tipe extended stay yang pastinya memenuhi kriteria tersebut. Setiap kamar di hotel ini adalah suite yang dilengkapi dengan dapur, kulkas berukuran besar, dishwasher, microwave, ruang tamu.

Dari pengalaman pribadi, pada umumnya hotel di Amerika tidak akan murah, biasanya mulai dari US$90++ per malam untuk hotel branded. Kebetulan ketika melakukan pencarian luas hotel di area New Jersey, saya menemukan Homewood Suites by Hilton Honors Somerset dengan harga yang sangat atraktif. Mungkin memang sudah jodoh? 🙂

Lokasi di Somerset juga cukup ideal, tidak terlalu jauh dari tempat-tempat yang harus saya kunjungi secara reguler.

Dapur di Homewood Suites by Hilton Somerset. Foto: PinterPoin

Harga

Faktor penentu terbesar selanjutnya adalah harga.

Homewood Suites by Hilton Somerset menawarkan harga US$67 per malam sebelum pajak dan biaya untuk kamar kategori terendah yakni Queen Bed Studio Suite. Sebagai perbandingan, hotel seperti Hyatt House dan Residence Inn by Marriott terdekat mematok harga US$90-110 per malam sebelum pajak dan biaya.

Kemudian, terdapat trik untuk mendapatkan diskon tambahan di hotel Hilton, yaitu dengan mendaftarkan diri untuk keanggotaan AAA atau AARP.

Dengan keanggotaan AAA seharga US$52.5 per tahun, harga per malam turun dari US$67 menjadi menjadi US$62 sebelum pajak dan biaya. Total biaya net per malam dengan AAA rate adalah US$71.18. Jika dikali 150 malam, penghematan US$5 per malam (US$750) tersebut tentunya terasa signifikan.

Kemudian, saya juga menggunakan online shopping portal Rakuten untuk mendapatkan tambahan 1% cashback.

Untuk stay jangka panjang, Homewood Suites by Hilton Somerset menerapkan sistem penagihan per minggu, yang mana sangat memudahkan saya karena tidak harus membayar untuk stay sekaligus.

Status Diamond

Selama 4 tahun terakhir, saya terus memegang status Diamond (tertinggi setelah Lifetime Diamond) di Hilton Honors. Dengan status Diamond tersebut, benefit terbesar yang saya dapatkan di Homewood Suites adalah bonus 100% poin dan upgrade kamar!

Awalnya saya hanya diberikan upgrade 2 kategori ke 1 King Bed 1 Bedroom Suite, namun dengan sedikit negosiasi, saya berhasil mendapatkan 2 Queen Beds 1 Bedroom Suite yang harganya 2x lipat dari kamar Queen Bed Studio Suite yang saya pesan.

2 Queen Beds 1 Bedroom Suite bisa menampung 4-6 orang. Foto: PinterPoin

Promo 3x Poin Hilton Honors

Kemudian, faktor penentu besar lainnya adalah promo 3x poin Hilton Honors yang berlangsung hingga 6 September 2021 dan kemudian dilanjutkan kembali dari 7 September hingga 31 Desember 2021.

Saya memecah stay menjadi 2 reservasi, dimana stay pertama berlangsung hingga 6 September 2021 (periode akhir promo 3x poin). Stay kedua dimulai dari tanggal 7 September 2021, tepat ketika promo poin Hilton Honors terbaru dimulai.

Alasan saya memecah stay tersebut karena Hilton tidak akan memberikan bonus poin jika saya melakukan check out lewat dari periode promo. Untuk jeda 1 hari, saya menggunakan akun Erika agar kamar saya tidak terambil oleh orang lain.

Total, berikut jabaran perolehan poin saya selama menginap di hotel:

  • 10 poin per US$1 di Homewood Suites by Hilton
  • 10 poin per US$1 bonus dari status Diamond
  • 20 poin per US$1 bonus dari promo 3x poin
  • 14 poin per US$1 dari pembayaran dengan kartu Hilton Honors American Express Aspire
  • 120.000 poin dari Milestone Bonus

Total, perolehan poin saya adalah 54 poin per US$1 + 1.000 poin per malam. Dari reservasi pertama saya selama 98 malam seharga US$6,975.54, total saya mendapatkan 461.340 poin yang bernilai ±US$2,300 jika dibeli pada promo bonus 100% pembelian poin Hilton Honors.

Mendekatkan Diri ke Lifetime Diamond

Aslinya saya tidak mengejar status berlaku seumur hidup di program Hilton. Namun stay ini tentunya mendekatkan saya ke status Lifetime Diamond Hilton. Total, saya sudah mempunyai 200+ malam dengan Hilton Honors dan sudah 4 tahun menjadi anggota Diamond.

Sebagai informasi, berikut syarat untuk mencapai status Lifetime Diamond Hilton Honors:

  • Harus sudah menjadi anggota Diamond selama 10 tahun (akumulatif, tidak harus berturut-turut) dan memenuhi salah satu dari syarat berikut:
    • Menginap 1.000 malam (bisa cash/award stay)
    • Mengumpulkan 2.000.000 base points (US$200,000)

Biaya Net

Terakhir, mari menghitung biaya net saya menginap di hotel (v.s. apartment).

Dari reservasi pertama saya (98 malam), saya mengeluarkan uang sebanyak US$6,975.54. Dikurangi cashback 1% dari Rakuten, uang yang saya keluarkan adalah US$6,905.79.

Dari reservasi tersebut, total saya mendapatkan 461.340 poin yang bernilai ±US$2,300 jika dibeli pada promo bonus 100%.

Artinya dengan valuasi minimal pun, saya hanya mengeluarkan biaya net US$4.605,78 untuk menginap 98 malam atau US$1.410 per bulannya yang mana lebih murah ketimbang apartment di New Jersey pada umumnya.

Perlu diingat kembali, saya tidak perlu membayar tagihan bulanan listrik, air, internet, dsb. Setiap harinya, saya juga mendapatkan breakfast gratis (meskipun mengecewakan) dan kopi gratis sepanjang hari.

Kemudian, jika misalnya saya menggunakan 461.340 poin tersebut untuk menginap di properti Hilton dengan cash rate tinggi, maka terhitung malah mendapatkan valuasi melebihi biaya yang saya keluarkan.

Sebagai contoh, Waldorf Astoria Maldives sempat saya pesan menggunakan 480.000 poin untuk 5 malam. Cash rate per malam di resort ini adalah US$2,000++. Menginap 5 malam, artinya saya akan mendapatkan valuasi poin US$10,000 lebih!

Coba Anda bertanya kepada orang-orang, apakah ada penyewaan apartment ‘berhadiah’ menginap 5 malam di salah satu resort termewah di Maldives? 😉

Promo Pembelian Poin Hilton Honors Bonus 100% Targeted | PinterPoin

Melihat perolehan poin, menginap 98 malam di Homewood Suites by Hilton berhadiah 5 malam di Waldorf Astoria Maldives

Penutup

Banyak orang yang sudah berasumsi bahwa menginap di hotel akan memerlukan biaya yang sangat mahal. Awalnya saya pun berpikir demikian, apalagi hotel di Amerika mempunyai standar harga yang terlanjur tinggi.

Pengalaman saya ini berhasil membuktikan sebaliknya. Untungnya saya menyempatkan diri untuk mengecek harga hotel terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyewa apartment. Menurut saya, setiap orang wajib melakukan riset sebelum mengambil keputusan apapun, apalagi yang menyangkut finansial.

Dengan harga yang bagi saya lebih murah ketimbang menyewa apartment, saya bisa menetap dengan lebih nyaman di hotel, bisa mengumpulkan poin yang melimpah untuk liburan mewah ‘gratis’ di lain hari dan mendekatkan diri dengan status Lifetime Diamond Hilton.

Namun, kondisi setiap orang pasti berbeda-beda sehingga strategi saya ini belum tentu bisa diterapkan oleh orang lain. Bagi orang yang akan menetap jangka panjang, pastinya lebih masuk akal untuk mencari apartment. Harga ‘miring’ yang saya dapatkan di hotel ini juga tidak bertahan lama karena demand sudah kembali naik.

Saya akan membagikan pengalaman menginap saya di Homewood Suites by Hilton Somerset pada lain kesempatan. Diluar dari kenyamanan & kemudahan yang kami rasakan, menginap di hotel dalam jangka panjang pastinya juga hadir dengan pengalaman yang tidak menyenangkan. Stay tuned!

.

Apa pendapat Anda?