Citi Keluar dari Indonesia | PinterPoin

Tips: Menghapuskan Iuran Tahunan Kartu Kredit Citibank (Updated)


Banyak orang awam takut memiliki kartu kredit karena terbebani oleh biaya iuran tahunan (annual fee). Padahal, dengan ilmu yang tepat, hampir tidak ada kartu kredit di Indonesia dengan iuran tahunan yang tidak bisa dihapuskan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai penghapusan iuran tahunan kartu kredit Citibank.

Sekilas Informasi

Citibank Indonesia memiliki beberapa kartu kredit yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan airline miles dengan cepat antara lain:

  • Citi Prestige (baca ulasannya di sini)
  • Citi PremierMiles (baca ulasannya di sini)
  • Citi Rewards (baca ulasannya di sini)
  • Citi Garuda Indonesia (baca ulasannya di sini)

Kecuali untuk kartu kredit Citi Prestige, semua kartu kredit terbitan Citi Indonesia bisa dihapuskan annual fee-nya

Setiap dari kartu kredit Citi memiliki keunikan dan annual fee tersendiri namun untuk artikel pembahasan kali ini, saya hanya akan membahas cara menghapuskan iuran tahunan di kartu kredit Citi Premier Miles sebesar Rp1.000.000 setiap tahunnya.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Garuda Indonesia

Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Rewards


Cara Menghapuskan Iuran Tahunan

Berdasarkan pengalaman terakhir saya, terdapat 3 opsi untuk menghapuskan iuran tahunan kartu kredit Citi PremierMiles. Untuk bisa mengajukan penghapusan iuran tahunan kartu kredit Citibank, pertama-tama Anda harus menghubungi call center Citi di 021-2529500.

Jika Anda meminta penghapusan annual fee, maka Citibank seringkali akan memberikan penawaran sebagai berikut:

  • Opsi 1: Mendaftar dan menggunakan Citi PayAll dengan nominal minimum Rp5.000.000,-
  • Opsi 2: Penghapusan iuran tahunan sebesar 100% dengan cara bertransaksi sebesar Rp10.000.000 dalam periode 90 hari sejak pengajuan penghapusan.
  • Opsi 3: Penghapusan iuran tahunan tanpa syarat apapun.
Anda bisa meminta penghapusan iuran tahunan dengan cara bertransaksi menggunakan Citi PayAll

Opsi 1 atau opsi 3 adalah opsi terbaik namun opsi 1 hanya akan ditawarkan jika Anda belum pernah menggunakan Citi PayAll sama sekali sebelumnya.

Hanya saja, berdasarkan informasi dari rekan-rekan PinterPoin lainnya, opsi Citi PayAll ini terkadang juga ditawarkan meski Anda sudah pernah menggunakan Citi PayAll sebelumnya namun mereka akan mensyaratkan PayAll minimal Rp10.000.000.

Di luar itu, sama seperti bank pada umumnya, Citibank seringkali akan memberikan opsi spending challenge (opsi 2) jika Anda mengajukan penghapusan iuran tahunan. Opsi spending challenge ini tergolong mudah dan bahkan seringkali dihapuskan jika Anda memiliki track record penggunaan kartu kredit Citi yang bagus di tahun sebelumnya.

Update: Terdapat cara termudah menghapuskan iuran tahunan kartu kredit Citibank yaitu melalui live chat di mana Anda sudah hampir pasti akan disetujui untuk opsi 3. Berikut adalah cara mengakses live chat di Citi Mobile.

Hapuskan iuran tahunan Anda tanpa syarat melalui Citi live chat

Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Premier Miles

Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Prestige


Penutup

Kartu kredit terbitan Citibank Indonesia, terutama Citi Prestige merupakan salah satu kartu kredit terbaik di Indonesia dengan fitur yang unik dan tiada duanya seperti 5x luxury airport transfer ataupun 4th night free.

Kecuali untuk kartu kredit Citi Prestige juga, Anda seharusnya tidak akan kesulitan untuk menghapuskan iuran tahunan kartu kredit Citibank tanpa syarat apapun. Alternatifnya, selalu ada opsi Citi PayAll yang bisa memberikan Anda poin/miles sekaligus menghapuskan iuran tahunan tanpa biaya apapun (selama periode promo).

Berdasarkan informasi yang ada, cara termudah dan paling efisien untuk menghapuskan iuran tahunan kartu kredit Citi adalah dengan menggunakan live chat yang tersedia di apps Citi Mobile. Dengan menggunakan apps tersebut, Anda akan menghemat waktu dan biaya (pulsa) untuk menghapuskan iuran tahunan kartu kredit Citi Anda.

Apakah Anda sukses menghapuskan iuran tahunan kartu kredit Citibank?

Asesmen

Nama Kartu Kredit: Citi Premier Miles

Nominal Iuran Tahunan: Rp1.000.000,-

Cara menghapuskan Iuran Tahunan: Dengan/Tanpa Syarat

Sistem penghapusan: Reimbursement

Kemampuan Negosiasi yang diperlukan: 3 dari 10 (tidak perlu keahlian)


Share
6 comments
  1. saya sukses menghapuskan iuran tahunan..

    yg citi premiermiles ; opsi ke 2 (karena kartu baru, tidak bisa request opsi ke 3)
    yg citi garuda : diberikan opsi ke 3

  2. @ Edwin: saya dapat sms dari Citibank
    Yth,terdpt perubahan opsi Airlines/Hotel Partner utk penukaran Citi Miles/Points dr KK Citi Anda mulai 28Jul22.Info https://citi.asia/notif atau hub 021-2529999
    Berita buruk ini dari Citibank :'(, tolong dikonfirmasi

  3. Halo Edwin!

    Untuk tahun ini saya belom coba penghapusan, karena masih jatuh dibulan depan, tp pengalaman sy tahun lalu, bisa dihapuskan dgn cara mengubah transaksi terakhir dengan cicilan, dengan adanya batasan cap dr cicilan nya, (saya lupa, tp seinget saya kalau tidak salah 100rb)

  4. saya hanya chat di aplikasi CITI mobile untuk dilakukan waive, tidak diberikan syarat apa2. dalam waktu 1 jam dapat SMS bahwa pengajuan waiver disetujui

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea