teks, struk, tulisan tangan, Font, kertas

Status Run Report: Mendapatkan Status Enrich Gold (Oneworld Sapphire) Dalam 7 Hari

Dari 28 Februari lalu, saya memulai perjalanan status run saya untuk mendapatkan status Enrich Gold (Malaysia Airlines). Perjalanan ini saya lakukan karena Malaysia Airlines memberikan promosi 3x Elite Miles dan Sectors pada bulan Oktober 2018 kemarin.

Baca juga: Dapatkan Status Oneworld Emerald (Akses Lounge First Class Cathay) Dengan Promo 3x Miles Malaysia Airlines

Pemesanan tiket pada tanggal 9-15 Oktober 2018 dengan periode terbang sampai 31 Maret 2019 akan mendapatkan 3x miles. Bagi Anda yang belum paham dengan frequent flyer program Malaysia Airlines, Anda bisa baca di sini.

Sebenarnya saya adalah anggota baru Enrich dan belum memiliki miles sama sekali di akun Enrich saya sebelumnya. Namun saya tertarik untuk mendapatkan status Enrich Gold agar bisa memanfaatkan keuntungannya jika saya terbang dengan maskapai Oneworld lainnya.

teks, cuplikan layar, Font, Merek, Pencetakan, deasin
Tabel tingkatan keanggotaan Enrich dan cara perolehannya

Rute

Rute untuk status run ini saya mulai dari Osaka (Kansai) karena saya berdomosili di Jepang. Sebenarnya jika Anda berdomisili di Indonesia, rute nya akan lebih mudah untuk mencapai status Enrich Gold. Anda hanya perlu terbang dengan business class dari Medan ke Penang (via Kuala Lumpur) dua kali dan mendapatkan 48 Elite Sectors.

peta, teks, atlas
Rute perjalanan status run saya.

Berikut rute perjalanan status run dengan total 8 penerbangan (KIX-KUL-MNL-KUL-NRT-KUL-MNL-KUL-KIX):

• (28 Maret) Berangkat dari Osaka pukul 09:55 dan tiba di Kuala Lumpur pukul 16:10.
  • (28 Maret) Berangkat dari Kuala Lumpur pukul 17:35 dan tiba di Manila pukul 21:20.
  • (1 Maret) Jalan-jalan di Manila.
  • (2 Maret) Berangkat dari Manila pukul 17:20 dan tiba di Kuala Lumpur pukul 21:15.
  • (2 Maret) Berangkat dari Kuala Lumpur pukul 23:35 dan tiba di Narita pukul 07:15 sehari setelahnya.
  • (3 Maret) Berangkat dari Narita pukul 10:10 dan tiba di Kuala Lumpur pukul 17:05.
  • (4 Maret) Berangkat dari Kuala Lumpur pukul 08:30 dan tiba di Manila pukul 12:20.
  • (5 Maret) Berangkat dari Manila pukul 17:20 dan tiba di Kuala Lumpur pukul 21:15.
  • (5 Maret) Berangkat dari Kuala Lumpur pukul 22:40 dan tiba di Osaka pukul 05:40 sehari setelahnya.

Pemilihan rute ini saya lakukan untuk mendapatkan jumlah miles di butuhkan untuk mencapai status Enrich Gold.

Perjalanan

Perjalanan status run ini merupakan yang pertama untuk saya dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Tidak ada kesulitan bagi saya untuk menjalani status run ini (kecuali rasa pegal duduk berjam-jam di pesawat).

Namun ada hal yang paling menarik dalam perjalanan saya kali ini dimana saya harus terbang dari Kuala Lumpur ke Narita kemudian kembali lagi ke Kuala Lumpur dengan pesawat yang sama.

Sebelum memulai perjalanan ini, saya telah mencari tahu mengenai cara transfer di bandara Narita. Dan kebetulan saya membaca ada beberapa orang yang pernah melakukan status run juga dari Amerika ke Narita kemudian balik lagi ke Amerika tanpa melalui proses imigrasi.

teks, dalam ruangan, rambu, dinding, tanda
Area transfer di bandara Narita.

Setelah saya tiba di Narita, saya langsung bergegas ke transfer desk dan meminta petugas di sana untuk mencetak boarding pass untuk saya. Namun sayangnya Malaysia Airlines tidak memiliki konter di transfer desk.

Staf di sana berkali-kali menanyakan destinasi saya selanjutnya karena mereka bingung dengan penjelasan yang saya berikan. Saya mengatakan kepada mereka bahwa saya datang dari Kuala Lumpur dan saya perlu kembali terbang ke Kuala Lumpur.

Setelah penjelasan yang memakan waktu lebih kurang 10 menit, saya akhirnya di instruksikan untuk memperlihatkan e-ticket saya kepada petugas pengecekan bagasi.

dalam ruangan, sofa, plafon, mebel, lantai, Sofa studio, Kasur sofa, dinding, desain interior, teks, Memasang lantai, kamar, televisi, orang
Bandara Narita menyediakan banyak tempat bagi penumpang pesawat yang menunggu waktu keberangkatan keesokan harinya.

Selain itu, perjalanan saya tidak ada kendala lain. Petugas imigrasi pun tidak menanyakan kepada saya mengapa saya masuk dan keluar dari negara mereka berkali-kali.

Hasil status run

Dari keseluruhan perjalanan status run saya kali ini, saya berhasil mengumpulkan 53.641 Enrich Miles dan 51.212 Elite Miles. Dengan jumlah miles yang saya dapatkan, saya berhasil mendapatkan status Enrich Gold selama 2 tahun sampai 31 Maret 2021.

Perhitungan periode keanggotaan Enrich memang cukup berbeda dengan keanggotaan maskapai lainnya. Anda akan langsung mendapatkan status Anda sesaat setelah mendapatkan jumlah miles yang di butuhkan dan status Anda akan berakhir pada tanggal 31 Maret 2 tahun setelahnya.

teks, cuplikan layar, deasin

Contohnya jika Anda mendapatkan status Enrich Gold pada bulan November 2019, status keanggotaan Anda akan berakhir pada tanggal 31 Maret 2021. Sama halnya jika Anda mendapatkan status keanggotaan Anda pada bulan Januari 2019, status Anda akan berakhir pada tanggal 31 Maret 2021.

Oleh karena itu, saya sarankan jika Anda tertarik untuk mendapatkan status Enrich, sebisa mungkin dapatkan secepat mungkin agar masa keanggotaan Anda berlaku lebih lama. Namun Anda harus hati-hati karena Elite Miles Anda akan di reset menjadi 0 miles setiap tanggal 1 Januari.

Invalid request error occurred.
Foto dari taman di dalam Fort Santiago, Manila.

Keuntungan yang di dapatkan

Dalam perjalanan status run saya kali ini, saya mengeluarkan sekitar 101.000 Yen atau sekitar 12,9 juta Rupiah. Sebelum saya memesan tiket perjalanan ini, saya memikirkan berkali-kali apa keuntungan yang bisa saya dapatkan. Tentunya saya tidak mau biaya yang saya keluarkan tidak menguntungkan.

Dengan membayar biaya 12,9 juta Rupiah, saya bisa mendapatkan sekitar 53.000 miles dan status keanggotaan Enrich Gold selama 2 tahun.

Karena Malaysia Airlines merupakan salah satu anggota Oneworld, anggota Enrich Gold (Oneworld Sapphire) memiliki akses ke business class lounge Oneworld dengan 1 orang tamu, bagasi ekstra, dll.

teks, pintu, tanaman, bangunan, tanaman rumah, dinding, pot bunga, jendela, tanda, dalam ruangan, outdoor
Sakura Lounge di bandara Ninoy Aquino Manila bisa Anda akses jika memiliki status Enrich Gold.

Selain itu, dengan 53.000 miles, saya bisa me-redeem tiket pesawat economy class Kuala Lumpur – Jepang/Korea/China dengan harga normal sekitar 5-6 juta Rupiah. Atau dengan tambahan 3.000 miles lagi, saya bisa me redeem tiket pesawat economy class Kuala Lumpur – London dengan harga normal sekitar 10-11 juta rupiah.

teks, cuplikan layar, Font, nomor
Jumlah miles yang di butuhkan untuk me redeem tiket Kuala Lumpur ke Narita.

Malaysia Airlines menetapkan harga miles yang cukup tinggi untuk me redeem tiket business class. Contohnya penerbangan pergi-pulang Kuala Lumpur – Seoul membutuhkan 104.000 miles atau 78.000 miles untuk satu arah.

Namun meskipun begitu, dengan biaya yang saya keluarkan, cukup menguntungkan jika saya me redeem tiket pergi-pulang Kuala Lumpur – London.

teks, dalam ruangan
Foto di dalam armada Airbus tipe A380 Malaysia Airlines.

Penutup

Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita mengerti mengenai cara pengumpulan miles dan pemanfaatannya. Dari perjalanan status run yang saya lakukan, bisa di bilang saya hanya mengeluarkan sedikit biaya untuk mendapatkan status Enrich Gold.

Dengan jumlah miles yang saya kumpulkan, saya bisa me redeem tiket pesawat yang harganya kurang lebih hampir sama dengan biaya yang saya keluarkan. Selain itu, berbagai keuntungan sebagai anggota Enrich Gold juga bisa saya dapatkan.

Apakah Anda pernah melakukan status run? Jika tidak, apakah Anda tertarik untuk melakukan status run?

9 comments
  1. Dear bro Eddy,

Selamat sebelumnya atas new statusnya hehe, Mungkin kalau ada promo enrich 3x sektor dan 3x miles akan saya coba. Saya masih bimbang antara one world atau Star Alliance elite gold

Nice report 🙂

1. Halo bro Ndre,

Terima kasih karena sudah membaca artikel ini

Menurut saya, Anda harus memilih Aliansi yang sering anda gunakan. Kalau memang Anda sering menggunakan dua aliansi ini, tunggu promosi yang menguntungkan untuk mendapatkan elite status keduanya

1. Halo bro Eddy,

Ya akan dipertimbangkan lagi, mungkin tahun depan karena awal tahun ini baru selesai status run sky team elite plus

Thank you 🙂

2. Halo bro
    Saya suka pergi ke tokyo naik economy class japan airlines
    Setahun bisa 5x kesana
    Yang mau saya tanyakan, setiap kali saya mau cek in, yang mana yg lebih menguntungkan menunjukan JMB card saya atau Enrich saya untuk mendapatkan status gold one world lebih cepat. Terima kasih

1. Halo Jonathan,

Enrich dan JMB sama-sama membutuhkan 50.000miles untuk mencapai status Oneworld Sapphire. Jika Anda terbang dengan Japan Airlines, tentunya Anda akan lebih mendapatkan banyak miles di JMB daripada Enrich.

Perolehan jumlah miles nya tergantung kelas booking Anda. Jika kelas booking Anda bisa mengumpulkan 100% miles, Anda akan mendapatkan 7.258 miles untuk penerbangan Pergi-pulang Jakarta-Narita.

Dengan jumlah miles itu, Anda harus terbang setidaknya 7x dalam setahun untuk mencapai Oneworld Sapphire.

Menurut saya mengumpulkan miles di JMB juga cukup menguntungkan, Anda bisa me redeem tiket pesawat dengan rate yang lebih bagus dari Enrich 🙂

Semoga membantu

1. Thanks bro Eddy atas responnya.
        Itu harus 7x setahun ya? Gak bisa di akumulasi ke tahun berikutnya?
        Misalnya tahun ini 5x, tahun depan 2x gitu hehehe
        Dan apakah sudah ada kartu kredit yang bisa membantu untuk mengumpulkan miles di JMB?

1. Ga bisa bro, akumulasi miles untuk pencapaian status itu biasanya per kalender tahun untuk JMB sama Enrich. Jadi dimulai tanggal 1 Januari sampai 31 Desember. Setelah 31 Desember, miles nya akan di reset lagi.

Setahu saya masih belum ada kartu kredit di Indonesia yang kerjasama dengan JMB 🙁

1. Halo Han,

Untuk promosi 3x miles ini cuma tersedia akhir tahun 2018 lalu. Sampai sekarang belum ada lagi promo ini. Kalau ada promo yang menarik, PinterPoin akan publish 🙂