Malaysia Airlines merupakan maskapai full service asal Malaysia yang berpusat di Kuala Lumpur. Malaysia Airlines terbang ke 63 destinasi yang sebagian besar merupakan wilayah Asia. Untuk rute ke Indonesia, Malaysia Airlines terbang ke 5 kota yaitu Jakarta, Denpasar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

Jika anda tertarik mengumpulkan miles bersama Malaysia Airlines, maskapai ini memiliki frequent flyer program yang di namakan Enrich. Dengan menjadi anggota Enrich, anda bisa mengumpulkan dan juga meredeem miles yang anda telah kumpulkan untuk terbang, akses ke lounge, dll.

Malaysia Airlines menggunakan pesawat Airbus tipe A350 untuk rute London dan Jepang. Kredit: Business Traveller

Artikel ini dibuat khusus untuk mengulas lengkap tentang Enrich, mulai dari cara mengumpulkan dan menggunakan miles khususnya untuk anggota Enrich yang berlokasi di Indonesia.

Penting: Masa berlaku miles Enrich adalah 36 bulan terhitung sejak miles di dapatkan.

Mengumpulkan Enrich Miles

Salah satu cara termudah untuk mengumpulkan Enrich Miles adalah dengan terbang bersama Malaysia Airlines. Tetapi selain itu, ada beberapa cara lain untuk mengumpulkan Enrich Miles seperti:

  • Terbang dengan maskapai anggota oneworld
  • Terbang dengan maskapai partner 
  • Menginap di hotel
  • Kartu kredit
  • Berbelanja

Untuk info lebih lengkap, anda bisa mengakses laman resmi Malaysia Airlines.

Perolehan Enrich Miles dengan Malaysia Airlines

Anda akan mendapatkan miles sesuai dengan jarak tempuh penerbangan dalam satuan jarak miles sesuai dengan booking class tiket anda.

Jika anda terbang dengan kelas ekonomi, anda bisa mendapatkan 25-150% miles sesuai dengan booking class anda. Terbang dengan kelas bisnis, anda bisa mengumpulkan 160-200% miles dan terbang dengan first class, anda akan mendapatkan 300% miles.

Tabel perolehan miles dengan terbang bersama Malaysia Airlines

Menurut saya, Malaysia Airlines memberikan kemudahan untuk mengumpulkan miles. Dengan tiket promo, biasanya anda akan mendapatkan 85% miles, jumlah yang cukup besar untuk harga promo.

Beberapa bulan lalu, saya memesan tiket dari Kuala Lumpur ke Dallas via Narita (Narita ke Dallas dengan American Airlines) dengan harga promo sekitar Rp 9,5 juta. Booking class saya adalah N yang artinya saya mendapatkan 85% miles. Dengan harga 9.5 juta rupiah, saya bisa mengumpulkan sekitar 16.000 miles yang tentunya jumlah ini cukup besar untuk harga promo.

Dari Kuala Lumpur ke Dallas dengan harga promo sekitar Rp 9,5 juta bisa mengumpulkan sekitar 16.000 miles.

Perolehan Enrich Miles dengan maskapai partner

Malaysia Airlines adalah salah satu anggota oneworld. Oleh karena itu, anda juga bisa mendapatkan miles dengan terbang bersama maskapai oneworld lainnya seperti Cathay Pacific, Japan Airlines, American Airlines, Qatar Airways dll.

Selain maskapai anggota oneworld, Malaysia Airlines juga bekerja sama dengan Air France, Alitalia dan Emirates. Jika anda terbang bersama ketiga maskapai tersebut anda akan mendapatkan miles sesuai booking class tiket anda.

Untuk perolehan Enrich Miles dengan maskapai partner, anda bisa mengakses laman resmi Malaysia Airlines.

Perolehan Enrich Miles dengan menginap di hotel

Dengan menginap di beberapa hotel yang bekerja sama dengan Malaysia Airlines, anda juga bisa mengumpulkan Enrich Miles, diantaranya seperti :

  • G Hotel Gurney, G Hotel Kelawai dan G Tower Hotel yang terdapat di Malaysia menawarkan 600 miles setiap anda menginap di hotel tersebut.
  • The Federal Kuala Lumpur dan  Hotel Capitol Kuala Lumpur menawarkan 300 miles per stay (total pembayaran di bawah 300 Ringgit) dan 600 miles per stay (total pembayaran di atas 300 Ringgit).
  • The Grace Sydney menawarkan 300 miles per stay (total pembayaran di bawah 300 Australian Dollar) dan 600 miles per stay (total pembayaran di atas 300 Australian Dollar).
Perolehan Enrich Miles dengan kartu kredit

Malaysia Airlines hanya bekerja sama dengan 2 bank di Indonesia yaitu Bank International Indonesia (BII) dan Maybank.

Untuk pemegang kartu Infinite dan Platinum BII, anda akan mendapatkan 1 BII point setiap penggunaan sebesar Rp. 12.500. 1 BII point bisa anda tukarkan ke 2 Enrich Miles untuk pemegang kartu Infinite dan 1 Enrich Miles untuk pemegang kartu Platinum.

Bank Maybank menawarkan Treat Point untuk pemegang kartu Gold, Platinum dan Infinite. Untuk penggunaan sebesar Rp. 30.000, anda akan mendapatkan 1 Treat Point yang bisa di ganti ke Enrich Miles. Jumlah Enrich Miles yang di dapat berbeda-beda sesuai dengan status kartu kredit.

Tabel penukaran Treat Point ke Enrich Miles.

Membeli Enrich Miles

Anda bisa membeli Enrich Miles seharga 25 USD per 1000 miles dengan jumlah minimum 1.000 miles dan maksimum 50.000 miles per transaksi. Dan dalam 1 tahun, anda bisa membeli maksimal 150.000 miles.

Saya tidak menyarankan anda untuk membeli Enrich Miles karena harga nya cukup mahal. Pembelian miles saya sarankan jika anda hanya ingin membeli miles untuk mencukupi penukaran tiket award atau ada promo menarik untuk pembelian miles.

Menggunakan Enrich Miles

Anda bisa menggunakan Enrich Miles yang telah anda kumpulkan untuk membeli tiket award, menukarkan miles ke Golden Lounge Voucher dan shopping voucher.

Menukarkan Enrich Miles untuk award ticket

Untuk penukaran Enrich Miles ke tiket award secara online, anda harus log in terlebih dahulu di laman resmi Malaysia Airlines. Setelah log in, anda bisa menekan tombol redeem flight dan anda bisa mencari penerbangan yang anda inginkan.

Tabel penukaran Enrich Miles untuk tiket award Malaysia Airlines

Penukaran Enrich Miles di hitung berdasarkan jarak destinasi dalam miles. Untuk penukaran penerbangan pergi-pulang, jumlah miles yang di butuhkan adalah 2 kali dari penerbangan satu arah.

Contohnya, rute Jakarta – Kuala Lumpur masuk ke dalam Zone 2 (501-1200) dan memerlukan setidaknya 20.000 miles untuk kelas ekonomi (promo), 50.000 miles untuk kelas bisnis (promo) penerbangan pergi-pulang.

Anda juga bisa meng-upgrade tiket anda dengan menggunakan Enrich Miles. Sebagai contohnya, untuk rute Jakarta – Kuala Lumpur (601-1800 miles), anda memerlukan 20.000 miles untuk meng-upgrade dari kelas ekonomi ke bisnis.

Tabel penukaran Enrich Miles untuk upgrade tiket

Tidak semua booking class bisa di upgrade dengan Enrich Miles. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat tabel di bawah.

Tabel booking class yang bisa di upgrade dengan Enrich Miles

Selain menukaran Enrich Miles ke penerbangan dengan Malaysia Airlines, anda juga bisa menukarkan Enrich Miles ke penerbangan dengan maskapai partner. Jumlah miles yang di butuhkan untuk penerbangan dengan maskapai partner cukup besar.

Tabel penukaran Enrich Miles untuk penerbangan dengan maskapai partner

Sebagai contoh, untuk rute Jakarta – Hong Kong dengan menggunakan kelas ekonomi Cathay Pacific, anda membutuhkan 41.000 miles (satu arah) atau 65.000 miles (pergi-pulang).

Sebagai perbandingan, anda hanya memerlukan 20.000 Asia Miles untuk penerbangan pergi-pulang rute Jakarta – Hong Kong dengan kelas ekonomi Cathay Pacific.

Menukarkan Enrich Miles ke Voucher

Enrich Miles yang telah anda kumpulkan bisa di tukarkan dengan Golden Lounge Voucher dan Shopping Voucher. Golden Lounge merupakan lounge milik Malaysia Airlines yang ada di Kuala Lumpur, Kuching, Kota Kinabalu dan London.

Tabel penukaran Enrich Miles dengan Shopping Voucher atau Golden Lounge Voucher.

Tingkatan keanggotaan

Enrich memiliki 4 tingkatan keanggotaan dalam programnya yaitu Enrich Blue, Silver, Gold dan Platinum. Anda bisa meningkatkan status keanggotaan anda dengan cara mengumpulkan Enrich Miles atau Elite Sectors.

Elite sectors adalah jumlah penerbangan yang anda lakukan dengan Malaysia Airlines atau maskapai anggota oneworld. Untuk satu kali penerbangan, anda akan mendapatkan 1 Elite Sectors untuk kelas ekonomi, 2 Elite Sectors untuk kelas bisnis dan 3 Elite Sectors untuk first class.

Sebagai contoh, untuk rute Jakarta ke Penang via Kuala Lumpur, anda akan mendapatkan 2 Elite Sectors, yaitu Jakarta – Kuala Lumpur dan Kuala Lumpur – Penang. Jika anda melakukan penerbangan pergi-pulang, anda akan mendapatkan 4 Elite Sectors. Dan jika anda menggunakan kelas bisnis, anda akan mendapatkan 8 Elite Sectors untuk penerbangan pergi-pulang.

Tingkat keanggotaan Enrich

Enrich Blue

Dengan mendaftar menjadi anggota Enrich Miles, anda akan secara otomatis mencapai tingkatan Enrich Blue. Keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah:

  • Mengumpulkan miles di seluruh penerbangan dengan Malaysia Airlines dan maskapai partner (sesuai booking class).
  • Menukarkan miles dengan tiket award, lounge voucher, dll.
Enrich Silver

Jika anda bisa mengumpulkan 25.000 Enrich Miles atau 30 Elite Sectors dalam 1 tahun kalendar (1 Januari – 31 Desember), anda bisa mencapai Enrich Silver. Keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah:

  • Mendapatkan 25% bonus miles dengan penerbangan bersama Malaysia Airlines.
  • Priority reservation waiting list
  • Priority airport standby
  • Priority check-in
  • Priority boarding
  • Ekstra bagasi sebesar 5 kg

Status keanggotaan akan berlaku selama 1 tahun dan bisa di perpanjang jika anda mengumpulkan 25.000 Enrich Miles atau 30 Elite Sectors dalam 1 tahun kalendar.

Enrich Gold

Jika anda bisa mengumpulkan 50.000 Enrich Miles atau 50 Elite Sectors dalam 1 tahun kalendar (1 Januari – 31 Desember), anda bisa mencapai Enrich Gold. Keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah:

  • Seluruh manfaat dari tingkatan keanggotaan sebelumnya
  • Priority baggage handling
  • Tambahan bagasi sebesar 50% jika anda terbang dengan Malaysia Airlines
  • Akses ke Golden Lounge dan lounge maskapai oneworld lainnya bersama 1 orang tamu.

Status keanggotaan akan berlaku selama 1 tahun dan bisa di perpanjang jika anda mengumpulkan 50.000 Enrich Miles atau 50 Elite Sectors dalam 1 tahun kalendar.

Jika mencapai status Enrich Gold, anda bisa mengakses Golden Lounge Malaysia Airlines di Kuala Lumpur International Airport. Kredit LoungeBuddy

Enrich Platinum

Jika anda bisa mengumpulkan 100.000 Enrich Miles atau 130 Elite Sectors dalam 1 tahun kalendar (1 Januari – 31 Desember), anda bisa mencapai Enrich Platinum. Keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah:

  • Seluruh manfaat dari tingkatan keanggotaan sebelumnya
  • Pasangan anda (Suami/Istri) secara otomatis mendapatkan status Enrich Platinum.
  • Tidak ada masa berlaku Enrich Miles selama keanggotaan Enrich Platinum
  • Mendapatkan 30% bonus miles dengan penerbangan bersama Malaysia Airlines.
  • Tambahan bagasi sebesar 100% jika anda terbang dengan Malaysia Airlines.
  • Akses ke Golden Lounge, Platinum Lounge (KLIA) dan lounge oneworld lainnya dengan 1 orang tamu.

Status keanggotaan akan berlaku selama 1 tahun dan bisa di perpanjang jika anda mengumpulkan 100.000 Enrich Miles atau 100 Elite Sectors dalam 1 tahun kalendar.

oneworld

Malaysia Airlines adalah salah satu anggota aliansi oneworld sejak tahun 2013. Sebagai anggota Enrich, status anda akan disesuaikan dengan status yang terdapat di oneworld, yaitu:

  • Enrich Blue -> oneworld Ruby
  • Enrich Gold -> oneworld Gold
  • Enrich Platinum -> oneworld Emerald

Anggota Enrich juga akan mendapatkan manfaat dari seluruh maskapai yang tergabung dalam aliansi oneworld. Berikut tabel perbandingan manfaat bagi tiap tingkatan keanggotaan:

Keuntungan yang bisa anda dapatkan sesuai tingkatan keanggotaan anda

Salah satu manfaat yang menarik jika anda mencapai status Enrich Gold dan Platinum adalah anda bisa mengakses lounge maskapai anggota oneworld.

Untuk Enrich Gold (oneworld Sapphire) bisa mengakses ke business class lounge dan Enrich Platinum (oneworld Emerald) bisa mengakses ke first class lounge.

The Pier (Cathay Pacific) yang ada di bandara internasional Hong Kong bisa anda akses meskipun anda terbang dengan kelas ekonomi. Kredit Australian Business Traveller

Current Sweet Spot Enrich

Sweet spot adalah kesempatan penukaran miles yang menguntungkan dan kemungkinan besar akan dihilangkan setelah menjadi terlalu populer.

Sejauh ini, belum ada sweet spot pada program Enrich.

Penutup

Di bandingkan dengan GarudaMiles, Asia Miles dan KrisFlyer, Enrich sepertinya kurang di minati oleh orang Indonesia. Enrich Miles yang cukup susah untuk dikumpulkan (melihat kurangnya kerja sama dengan bank Indonesia) dan tiket award yang lumayan mahal mungkin menjadi alasan Enrich tidak begitu populer.

Tetapi menurut saya, jika anda sering bepergian ke Asia Tenggara, Malaysia Airlines  sering memberikan harga yang cukup murah. Anda bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk mengumpulkan Elite Sectors dan mencapai tingkatan keanggotaan yang lebih tinggi untuk mendapatkan status elite dengan oneworld.

Apakah anda tertarik bergabung menjadi anggota Enrich?