Dalam rangka penyesuaian rute akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, Singapore Airlines Group memangkas sementara beberapa rute asal Indonesia yang diterbangi.

Sayangnya, hampir separuh dari kota-kota di Indonesia masuk dalam pemangkasan ini. Berikut adalah detail kota di Indonesia yang dilayani oleh Singapore Airlines Group per tanggal 23 Desember 2020 lalu:

Sebagai perbandingan, berikut adalah daftar kota di Indonesia yang dilayani oleh Singapore Airlines Group pada 13 Oktober 2020 lalu:

Dari daftar diatas, dapat diketahui bahwa Palembang, Semarang, dan Yogyakarta berhenti dilayani oleh Scoot dalam periode waktu kurang lebih 2 bulan saja.

Selain itu, Surabaya juga kehilangan layanan Singapore Airlines namun masih dilayani oleh Scoot. Kemungkinan besar dikarenakan pesawat A330-300 yang biasanya digunakan untuk rute ini sudah sepenuhnya dipensiunkan oleh Singapore Airlines.

Kembali lagi, pemangkasan rute ini saya rasa hanya bersifat sementara dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dan Indonesia masih mengalami peningkatan kasus yang cukup signifikan.

Ketika kondisi sudah kembali normal dan pandemi Covid-19 sudah teratasi, saya sangat yakin bahwa Singapore Airlines akan kembali membuka berbagai rute ke Indonesia yang intensif dan dengan armada baru yang mana tentunya pasti lebih baik 😉


Baca juga: 10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan KrisFlyer Miles

Baca juga: Menangkan 50.000 KrisFlyer Miles Dari Permainan ‘Party With Myles’ Singapore Airlines


Penutup

Langkah Singapore Airlines Group yang memangkas sementara beberapa rute asal Indonesia tidak mengejutkan mengingat sekarang saya rasa banyak dari ekspatriat Indonesia di Singapura sudah kembali ke tanah air.

Selain itu, Singapore Airlines mungkin juga merasa bahwa bisnis passenger & transport cargo di destinasi-destinasi asal Indonesia tersebut sudah tidak feasible untuk diterbangi lagi. Fakta bahwa Singapore Airlines sudah tidak menerbangi rute Surabaya – Singapura dengan pesawat jenis widebody turut memperkuat dugaan saya.

Armada Boeing 777-300 Singapore Airlines sempat menerbangi rute Surabaya – Singapura Kredit: liveandletsfly.com

Apapun itu, saya berharap pandemi ini akan cepat berakhir agar kita bisa kembali traveling seperti semula. Dengan dipensiunkannya armada Airbus A330-300 dari Singapore Airlines sendiri saya berharap Surabaya akan dilayani dengan armada 787-10 dengan regional business class yang tentunya jauh lebih istimewa 😉

.

Apa pendapat Anda mengenai langkah Singapore Airlines Group yang memangkas sementara berbagai rute asal Indonesia?