Per 8 Oktober 2020, terdapat beberapa destinasi asal Indonesia yang ditambahkan dalam daftar transit maskapai Singapore Airlines. Destinasi tersebut antara lain adalah Palembang, Semarang, dan Yogyakarta yang mana berarti Singapore Airlines Group kembali menerbangi destinasi tersebut.

Selain itu, Singapore Airlines Group juga menambahkan berbagai destinasi asal yang bisa melakukan transit di Singapura. Menariknya, beberapa dari destinasi tersebut berasal dari negara yang terdampak pandemi Covid-19 terparah seperti Italia, Spanyol, dan Afrika Selatan.

Daftar lengkap destinasi yang diperbolehkan transit di Singapura yang saya kutip dari website Singapore Airlines bisa Anda baca di sini.

Perlu Anda ingat bahwa kebijakan ini hanya berlaku untuk penerbangan transit. Singapura masih belum memperbolehkan orang asing masuk ke negaranya dalam rangka turisme.

Implikasi

Supaya Anda tidak bingung, berikut sedikit gambaran mengenai kebijakan transit dari Singapura:

  • Terbang dari Indonesia ke Turki dengan transit di Singapura menggunakan Singapore Airlines kini diperbolehkan
  • Terbang dari Indonesia ke Amerika Serikat  dengan transit di Singapura menggunakan Singapore Airlines kini diperbolehkan; Begitu juga sebaliknya
  • Singapura tidak boleh menjadi destinasi akhir

Tentunya kebijakan ini adalah sebuah perkembangan positif bagi dunia aviasi dan pariwisata internasional.

Sebelumnya, saya sempat ragu kapan Singapura akan memperbolehkan kembali penerbangan transit namun rupanya mereka membuka kembali penerbangan transit jauh lebih cepat dari yang saya perkirakan 🙂

Ditambahkannya kota second-tier Indonesia seperti Palembang dan Yogyakarta juga merupakan sinyal positif bahwa kedepannya, Singapore Airlines akan terus gencar menambah daftar destinasi yang mereka terbangi kembali.

Orang Indonesia akan diperbolehkan untuk transit di Singapore Changi Airport

Note: Walaupun diperbolehkan kembali untuk transit di Singapura, dapat dipastikan bahwa pengalaman transit Anda di Singapura akan jauh berbeda dengan apa yang Anda ekspetasikan.

Airport lounge, toko, dan restoran tidak akan bisa Anda kunjungi sebagai transit passenger. Anda akan ditaruh di tempat khusus dan akan dikawal kembali ke boarding gate sekitar 75 menit sebelum jadwal keberangkatan penerbangan Anda selanjutnya. 


Baca juga: 10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan KrisFlyer Miles

Baca juga: Singapore Airlines Blokir Akses Award Flight Kepada Maskapai Partner


Penutup

Ditambahkannya beberapa destinasi baru asal Indonesia yang diperbolehkan untuk transit di Singapura tentunya merupakan berita baik. Hal ini juga berarti Singapore Airlines Group kembali melayani rute tersebut walaupun mungkin pada awalnya frekuensinya cukup jarang.

.

Apa pendapat Anda mengenai ditambahnya destinasi asal Indonesia yang masuk dalam daftar transit di Singapura ini?