teks, cuplikan layar, Font, nomor

Review: Kartu Kredit UOB Preferred Platinum

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit UOB Preferred Platinum menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit UOB Preferred Platinum adalah kartu kredit entry level dari bank UOB Indonesia yang dikhususkan untuk traveler aktif.

Walaupun memiliki earning rate yang buruk untuk kategori kartu kredit traveling entry level, kartu ini memiliki konvertibilitas yang baik terlihat dari kerjasama dengan 4 maskapai untuk penukaran poin-nya.

Font, logo, teks, Grafis, simbol, deasin, tipografi
Tukarkan point reward kartu kredit ini menjadi Asia Miles

Setiap transaksi 1.000 Rupiah menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh 1 point reward yang bisa dikonversikan menjadi airline miles.

Rasio penukaran efektif UOB Preferred Platinum menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 45 point reward = 1 airline mile

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan point reward yang berbeda untuk pengeluaran pada kategori restoran, fashion, department store, dan transaksi yang dibukukan dalam mata uang asing.

  • Pengeluaran selain pada kategori restoran, fashion, department store, dan transaksi dalam mata uang asing: Rp 1.000 = 1 point reward

  • Pengeluaran kategori restoran, fashion, department store, dan transaksi dalam mata uang asing: Rp. 1.000 = 3 point reward
teks, cuplikan layar, Font, nomor

Ajukan Sekarang

Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp5.000.000Masa Berlaku
Poin
2 tahun
Kartu Kredit
Referensi
Perlu, limit minimum
Rp7.000.000
Min.
Transfer
1.000 miles
Biaya TahunanRp750.000Rekanan
Penukaran
GarudaMiles
KrisFlyer
Asia Miles
AirAsia BIG
Welcome BonusTidak adaBiaya
Penukaran
Rp0
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Rp15.000-
Rp45.000/mile
Penggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Rp15.000/mileManfaat di
Bandara
Tidak ada

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 airline mile untuk setiap transaksi sebesar:

  • Dalam mata uang Rupiah:
    • Rp15.000 di merchant kategori restoran, fashion, dan department store.
    • Rp45.000 di merchant lainnya yang tidak disebutkan di atas.
  • Dalam mata uang asing:
    • Rp15.000 untuk transaksi kategori apapun dalam mata uang asing
Nilai: 1,25

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu ini tidak memiliki welcome bonus apapun

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 4 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, dan AirAsia.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu kredit ini adalah sebesar Rp750.000 dan bisa di waive jika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Nilai: 0,8

Total Nilai: 3,05/10

“Kartu kredit entry level dengan earning rate yang buruk dan tidak dilengkapi dengan fasilitas apapun”

Penutup

Kalau boleh jujur, kartu kredit UOB Preferred Platinum adalah kartu kredit yang kurang menarik dibanding kartu kredit traveling entry level lainnya seperti Danamon JCB Precious ataupun BCA UnionPay.

Kecuali untuk konvertibilitas, kartu kredit ini kalah telak di hampir seluruh aspek.

Jika ada satu alasan untuk memiliki kartu kredit ini, maka alasan tersebut pastinya adalah Anda akan lebih mudah memperoleh kartu kredit UOB PRIVI Miles.

teks, cuplikan layar, Font, jam, nomor
Kartu kredit UOB PRIVI Miles akan lebih mudah diajukan jika Anda memiliki kartu kredit ini

Kartu ini sendiri bisa Anda upgrade menjadi kartu kredit UOB PRIVI Miles ketika limit Anda mencapai 25 juta Rupiah. Saya akan merekomendasikannya begitu Anda sudah mencapai syarat limit minimum yang ditentukan.

.Apa pendapat Anda mengenai kartu kredit UOB Preferred Platinum ini?


Perubahan

— Tidak ada —


Share

23 comments
  1. Mau nanya pak,, jika saya di approve utk cc preffered platinum nya apakah masih bisa dapat welcme bonus jika berhasil upgrade ke prvi miles nya? Tks

    1. Saya jg baru di-approve preffered platinum, apakah jika kedepan di-upgrade ke privimiles berhak memperoleh welcome bonus?

      1. Christo,

        Sekedar membantu jawab. Anda tetap bisa memperoleh welcome bonus UOB PRVI Miles walaupun sebelumnya sudah pernah memiliki kartu preferred Platinum. Saya sendiri mulai dari preferred platinum dan kemudian upgrade ke PRIVI Miles.

        1. Dear pak edwin, kira” butuh limit brp ya Utk upgrade ke privi agar kemungkinan approve tinggi?
          Selain itu saya jg memiliki cc cimb visa platinum, klo dilihat kedepannya lebih baik fokuskan transaksi ke cimb visa platinum(agar bisa cpt upgrade ke cimb jcb ultimate) atau uob preferred platinum (agar bisa lbh cpt upgrade ke privi? Fyi, saya sering ada trip ke jepang dan korea, bisa kasih masukan kira” pak agar lbh cpt mengumpulkan miles SQ atau garuda?
          Terima kasih.

        2. Ditya,

          Untuk upgrade dari UOB Preferred menjadi UOB PRVI Miles dibutuhkan limit minimum 30 juta Rupiah.
          Kalau Anda sering ke Jepang atau korea, saya sarankan Anda memang mengincar kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate dengan berbagai fitur-nya yang bisa mempermudah Anda traveling ke Jepang dan juga fitur cashback.

          Ya, namun UOB PRIVI Miles juga tidak buruk-buruk amat sih di luar negeri. Bagaimana jika Anda mengajukan keduanya dan lihat kartu kredit mana yang jadi duluan dan bisa langsung Anda gunakan 🙂 daripada menunggu satu per satu apakah Anda bisa memperolehnya.

        3. Thanks banget masukannya pak edwin. Jujur saya newbie masalah cc dan saya nemu web ini baru terbuka wawasan saya mengenai miles dll, intinya bisa ‘memaksimalkan’ fungsi dr kartu kredit itu sendiri selain fungsinya sebagai alat pembayaran.
          Selama ini saya selalu menggunakan cc bca(yang entah kenapa susah banget naik limit) serta cc bni saja utk keperluan pembayaran. Mungkin mulai dr sekarang saya akan bergeser ke cimb dan uob saya.
          Klo misalkan utk cimb brp limit yg dibutuhkan utk up ke jcb ultimate? Saya baca” sepertinya agk susah didapatkan dan yg lebih reasonable mungkin cimb visa infinite atau cimb world master card apa tidak layak utk dipertimbangkan jg pak? Mohon masukannya. Thanks

        4. Ditya,

          Senang website ini bisa membantu mengedukasi Anda mengenai dunia miles dll.

          Dalam kondisi normal, Anda membutuhkan limit 75 juta Rupiah untuk upgrade kartu kredit CIMB apapun menjadi JCB Ultimate. Kalau Visa Infinite itu 50 juta sedangkan World MC itu 75 juta.
          Mmmmmmm, melihat kondisi Anda sih tetap saya rasa paling cocok adalah kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate, toh kedua kartu lainnya (infi & MC) juga tidak memiliki perbedaan apapun dalam hal earning rate.

  2. Saya pemegang UOB Credit Card Privimiles beserta UOB One Card sebagai kartu suplemennya. Saya baru saja menghubungi call center UOB untuk mengajukan waiver annual fee atas kedua kartu tersebut, Waduh… tidak seperti biasanya, disetujui, tapi kali ini jawaban dari call center, tidak bisa dihapuskan karena tidak ada program. Duuh…Di tengah2 pandemi begini, UOB terkesan jual mahal, sehingga tidak ada program waiver annual fee…

      1. Terima kasih Edwin…

        Betul, saya telah berenca untuk menghubungi UOB Call Center kembali. Kalau UOB tetap ngotot tidak mau menghapuskan annual fee, saya akan minta utk menutup One Card nya. Karena tdk saya gunakan, dan toh limitnya gabungan. Jadi paling tdk, akan mengurangi jumlah annual fee yg dibebankan kpd saya.

  3. Apply privi tp dptnya kartu ini cuma dikasi limit 10jt. Mending gausa di aktifin trus apply ulang privi ya ? Karna uob lg tutup kran naik limit ktnya udah 2thn selama pandemi.
    Atau gmn baiknya ko ? Lbh baik piara kartu ini atau coba ke privi langsung ?

      1. Untuk langsung ke privi wajib semi secured ga ya ko ? Soalnya kmrn saya cuma depo 100jt tp dapetnya kartu ini,kebetulan salesnya ga minta rek koran.
        Apakah rek koran bank lain sangat membantu ? Karena di bank lainnya saya apply dan dpt limit besar ketika melampirkan rek koran.

        1. Dicky,

          Untuk langsung ke PRIVI tidak perlu semi secured. Tetapi memiliki rekening koran terutama apabila nominalnya cukup besar tentunya akan membantu Anda dalam keberhasilan mengajukan kartu kredit tersebut.

      2. Malam Pak Edwin, mau menanyakan perihal yang sama. Jika mendapatkan preferred platinum limit 20juta, apakah lebih baik ditutup? (Yang saya inginkan Privi). Terima Kasih

        1. Andry,

          Worth it kalau Anda memang mengincar cc UOB privi Miles di endgame-nya karena kartu kredit tersebut sangat sering mengadakan promosi yang sangat menarik seperti pada promo 10x poin untuk trx mata uang asing ini.

        2. Andry,

          Limit minimum PRIVI adalah 25 juta, jadi mungkin lebih baik Anda minta kenaikan limit menjadi 25 juta (hanya naik 20%, harusnya mudah) lalu kemudian Anda minta upgrade menjadi kartu kredit UOB Privi Miles.

  4. Halo Team Pinter Poin mau nanya, kartu UOB Preferred Platinum ini memang ada charge 0,8% ya untuk transaksi luar negeri (untuk facebook ads)?

    Dulu saya dari citibank reward , dan dialihkan jadi kartu UOB Preferred Platinum tetapi tagihan facebook ads saya jadi kena charge 0.8% setelah pajak 11%

    Misalnya invoice facebook ads Rp 5.550.000 jadi tertagih Rp 5.594.400.
    soalnya CSnya lama responnya butuh 1-3 hari baru tahu hasilnya terima kasih Pinter Poin

      1. Wah ini senasib dengan saya. Biaya transaksi untuk subscription dari apple app store, setelah diganti ke uob preferred jadi kena 0,8% mulai dari akhir november 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.