Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Mandiri Shopee, kartu kredit co-brand dengan platform e-commerce pertama di Indonesia, menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit Mandiri Shopee adalah salah satu dari 2 kartu kredit co-brand dari Bank Mandiri yang memberikan poin langsung ke rekanan selain Mandiri Traveloka Card.

Kartu ini dapat memperoleh koin Shopee untuk semua transaksi ritel yang tidak diubah menjadi cicilan dengan perhitungan sebagai berikut:

  • Transaksi Rp1.000 di toko restoran atau makanan = 5 Koin Shopee
  • Transaksi Rp1.000 di toko lainnya = 1 Koin Shopee

Anda dapat menggunakan koin Shopee untuk berbelanja di Shopee dengan rasio penukaran sebagai berikut:

1 koin Shopee = Rp1 diskon (dapat digabungkan dengan promo lainnya, maksimal 25% nilai transaksi untuk pemakaian di Shopee atau 50% nilai transaksi untuk pembayaran dengan ShopeePay)

Kartu ini belum dapat diajukan
(perkiraan Juni-Juli 2021)

Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp10.000.000 Masa Berlaku
Poin
3 bulan (cobrand)
Kartu Kredit
Referensi
Tidak perlu Min.
Transfer
Belum ditentukan
Biaya Tahunan
Rp300.000
(gratis 1 tahun)
Rekanan
Penukaran
  • Shopee
Welcome Bonus
100.000 Koin Shopee Biaya
Penukaran
Rp0
Perolehan Poin
Dalam Negeri
Sampai 0,5% dalam
Koin Shopee
Penggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
Sampai 0,5% dalam
Koin Shopee
Manfaat di
Bandara
Tidak ada

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda akan mendapatkan 5 koin Shopee tiap pembelanjaan Rp1.000 di toko restoran atau makanan dan 1 koin Shopee tiap pembelanjaan Rp1.000 di toko lainnya (termasuk di Shopee). Saya memvaluasi 1 koin Shopee senilai Rp0,95, sehingga secara efektif Anda akan mendapatkan reward senilai 0,095% untuk transaksi umum atau 0,475% untuk transaksi di toko restoran atau makanan.

Apabila perolehan poin untuk transaksi umum disetarakan dengan valuasi airline miles PinterPoin, perolehan tersebut setara dengan Rp221.052 per 1 airline miles. Nilai yang didapat adalah 0.

Nilai: 0

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Welcome bonus untuk kartu ini ditawarkan dalam bentuk 100.000 koin Shopee senilai Rp95.000 setelah mengaktifkan kartu. Seperti Traveloka PayLater Card, Valuasi ini di bawah batas setara 1.000 miles untuk perhitungan welcome bonus, sehingga nilai yang didapat adalah 0,1.

Nilai: 0.1

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Koin Shopee dapat dipakai untuk berbelanja di Shopee, misalnya untuk berbelanja barang, membayar tagihan, membeli tiket, atau bahkan berbelanja dengan ShopeePay. Mengingat Shopee memberikan opsi penukaran yang fleksibel, saya akan menganggap program ini memiliki 1 rekanan (Shopee). Nilai yang didapat adalah 0.5.

Nilai: 0.5

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini menawarkan 3 bonus unik, yaitu:

  • Bebas biaya administrasi untuk cicilan di Shopee (biaya adminstrasi untuk pembayaran penuh saat ini sudah gratis untuk kartu kredit manapun),
  • Cashback hingga 100.000 koin Shopee tiap hari di Shopee, dan
  • Perlindungan pembelanjaan barang.

Nilai yang didapat adalah 0.5.

Nilai: 0.5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak memberikan manfaat apapun di bandara.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki biaya tahunan Rp300.000 dan mungkin dapat digratiskan di tahun berikutnya dengan syarat tertentu. Nilai yang didapat adalah 0.9.

Nilai: 0.9

Total Nilai: 2 / 10

“Kartu kredit co-brand yang hanya menarik untuk memanfaatkan promosi di Shopee, namun sangat buruk dalam aspek lainnya.”

Penutup

Saya sendiri cukup heran melihat persyaratan yang diperlukan dengan manfaat yang diberikan. Selain cashback dan kemungkinan promosi di Shopee, perolehan kartu ini bisa dibilang sangat buruk untuk level kartu dengan pemasukan minimum Rp10.000.000/bulan.

Apabila Anda tidak begitu peduli dengan manfaat di Shopee, dengan tingkatan kartu yang serupa saya lebih menyarankan kartu berikut:

 

Apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu kredit Mandiri Shopee ini?