Selamat tahun baru 2021 & selamat datang di valuasi poin & miles PinterPoin tahun 2021! Perlu diakui, tahun 2020 berlalu dengan sangat cepat akibat adanya pandemi COVID-19. Mari berharap agar tahun 2021 akan menjadi tahun yang baik bagi kita semua.

Satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah berapa nilai atau valuasi poin & miles dari tiap frequent flyer atau hotel loyalty program. Jawabannya tentu akan berbeda-beda tergantung bagaimana cara penggunaan dari poin & miles tersebut.

Setiap tahunnya atau jika ada perubahan signifikan pada program, saya akan memberikan update valuasi poin & miles. Valuasi ini bisa memudahkan Anda untuk membuat keputusan dalam mengakuisisi atau menggunakan poin & miles.

Menurut saya, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui berapa nilai tunai dari poin & miles yang Anda miliki agar bisa dimaksimalkan sebaik mungkin. Ingat, poin & miles bisa disamakan dengan mata uang asing yang bisa dibelanjakan!

GarudaMiles Jual Miles Bonus 50% Garuda Indonesia | PinterPoin.com

Tukarkan GarudaMiles untuk terbang di first class Garuda Indonesia


Baca juga: Panduan Pemula Poin & Miles


Untuk memudahkan, saya akan membagikan valuasi pribadi saya pada tiap frequent flyer dan hotel loyalty program populer. Namun sebelumnya, berikut beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui:

  • Seluruh valuasi di artikel ini merupakan murni pendapat sayabukan perhitungan resmi dari pihak maskapai/hotel
  • Valuasi yang saya berikan adalah harga maksimum yang akan saya bayar untuk membeli 1 poin/mile jika diberi kesempatan untuk membeli
  • Valuasi tersebut berdasarkan kemungkinan kegunaan dari poin & miles dari sudut pandang orang Indonesia (Contoh: Meskipun AEGEAN merupakan maskapai asal Yunani, namun frequent flyer programnya bisa Anda manfaatkan untuk terbang di business class maskapai Star Alliance di Asia)
  • Frequent flyer dan hotel loyalty program yang saya ikut sertakan pada valuasi ini adalah mitra transfer dari kartu kredit Indonesia atau setidaknya bisa Anda beli poin & milesnya
  • Laman ini akan di perbaharui setiap tahunnya atau setiap ada perubahan signifikan pada suatu loyalty program
  • Untuk perbandingan, klik disini untuk melihat valuasi poin & miles tahun 2020

Tanpa menunda lebih lama lagi, berikut valuasi poin & miles 2021 versi PinterPoin (updated):

Frequent Flyer Program

Program Nilai atau Valuasi
AEGEAN (Miles+Bonus) Rp270 / 1 mile
AirAsia (BIG Points) Rp30 / 1 poin
Air France/KLM (Flying Blue) Rp150 / 1 mile
Alaska Airlines (Mileage Plan) Rp270 / 1 mile
American Airlines (AAdvantage) Rp270 / 1 mile
Avios (British Airways) Rp180 / 1 mile
Avianca (LifeMiles) Rp240 / 1 mile
Cathay Pacific (Asia Miles) Rp210 / 1 mile
Emirates (Emirates Skywards) Rp170 / 1 mile
Etihad (Etihad Guest) Rp150 / 1 mile
EVA Air (Infinity MileageLands) Rp180 / 1 mile
Garuda Indonesia (GarudaMiles) Rp150 / 1 mile
Malaysia Airlines (Enrich) Rp60 / 1 mile
Qantas (Qantas Points) Rp150 / 1 mile
Qatar Airways (Qmiles) Rp180 / 1 mile
Singapore Airlines (KrisFlyer) Rp210 / 1 mile


Hotel Loyalty Program

Program Nilai/Valuasi
Accor Live Limitless Rp270 / 1 poin
Best Western Rp60 / 1 poin
Hilton Honors Rp80 / 1 poin
World of Hyatt Rp270 / 1 poin
IHG Rewards Rp80 / 1 poin
Marriott Bonvoy Rp135 / 1 poin
Raddison Rewards Rp60 / 1 poin


Update Terbaru – Maret 2021

  1. Thai Airways Royal Orchid Plus dihilangkan karena saat ini tidak bisa digunakan untuk penukaran apapun selain penerbangan Thai Airways sendiri dan melihat kondisi perusahaan yang mengkhawatirkan (diambang kebangkrutan)
  2. Penurunan valuasi GarudaMiles dari Rp170 menjadi Rp150 / 1 mile karena penyesuaian harga tiket saat ini yang relatif rendah (cash rate)
  3. Penurunan valuasi Etihad Guest dari Rp180 menjadi Rp150 / 1 mile karena banyak award partner yang tidak bisa diakses, salah satunya penukaran untuk penerbangan Garuda Indonesia
  4. Penurunan valuasi Accor Live Limitless dari Rp300 menjadi Rp270 / 1 poin karena faktor murahnya harga hotel saat ini dan adanya keterbatasan penukaran poin untuk hotel dengan harga yang murah
  5. Penurunan valuasi Hilton Honors dari Rp120 menjadi Rp80 / 1 poin karena faktor seringnya pengadaan bonus 100% pembelian poin Hilton Honors dan murahnya harga hotel saat ini
  6. Penurunan valuasi IHG Rewards dari Rp90 menjadi Rp80 / 1 poin karena faktor seringnya pengadaan bonus pembelian poin IHG Rewards dan murahnya harga hotel saat ini

Perubahan dari Tahun 2020

Program milik 3 maskapai besar Timur Tengah (ME3) menjadi highlight dari valuasi tahun 2021 ini.

  1. Kini valuasi untuk Emirates Skywards telah ditambahkan (Rp170 / 1 mile) menyusul semakin populernya program tersebut bagi orang Indonesia
  2. Qatar Airways Privilege Club (Qmiles) melihat kenaikan valuasi drastis dari (Rp120 menjadi Rp180 / 1 mile) setelah dikembalikannya harga award seperti semula. Kini, Qmiles kembali layak untuk dipertimbangkan & menjadi complementary program Asia Miles milik Cathay Pacific
  3. Saya kembali mengurangi valuasi Etihad Guest dari Rp210 menjadi Rp180 / 1 mile karena fitur penukaran Garuda Indonesia yang hingga saat ini masih tidak bisa digunakan. Plus, muncul indikasi kenaikan harga award Etihad untuk setahun kedepan tanpa pemberitahuan

Selain itu, program Thai Airways Royal Orchid Plus juga saya anggap mengalami devaluasi karena posisi maskapai yang bangkrut & semakin rumitnya penggunaan milesnya.

Untuk valuasi program hotel, saya tidak melihat adanya perubahan signifikan selain menurunnya room rate hotel akibat pandemi COVID-19. Jika cash rate sedang rendah, maka otomatis valuasi yang didapat dari penukaran poin akan berkurang. Namun pada saat yang sama, akan lebih baik untuk menebus hotel dengan cash rate ketimbang poin.

Emirates Blokir Akses Award First Class Program Rekanan | PinterPoin

Emirates Skywards semakin populer di kalangan orang Indonesia. Foto: Emirates New First Class 777-300ER

Cara Menghitung Valuasi

Untuk mendapatkan valuasi yang saya rangkum diatas, berikut rumus yang saya gunakan:

(Harga Asli Tiket Pesawat/Hotel) – (Biaya & Pajak Redeem Poin & Miles)

÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷DIBAGI÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

(Jumlah Poin & Miles yang Diperlukan) + (Poin & Miles yang Didapat Jika Membeli dengan Uang)

Contoh:

Harga tiket economy class Singapore Airlines dari Jakarta – Singapore adalah Rp1.800.000 sekali jalan. Jika Anda memilih membayar dengan uang, maka Anda akan berpotensi untuk mendapatkan 390 KrisFlyer miles.

Anda bisa menggunakan 7.500 KrisFlyer miles & Rp150.000 untuk pajak dan biaya untuk tiket tersebut. Maka contoh hasil perhitungan valuasi dari penggunaan miles Anda adalah:

(Rp1.800.000 –  Rp150.000) ÷ (7.500 KrisFlyer Miles + 390 KrisFlyer Miles)

= Rp209 / 1 mile

Penutup

Penting bagi Anda untuk mengetahui valuasi dari poin & miles yang Anda miliki sebelum menggunakannya. Selayaknya mata uang asing, Anda harus menggunakan poin & miles Anda dengan bijak.

Valuasi poin & miles versi PinterPoin adalah murni pendapat pribadi. Dengan demikian, angka dan data yang tersedia di artikel ini bukan merupakan data resmi dari pihak maskapai atau hotel. Setiap orang juga akan memiliki valuasi yang berbeda-beda terhadap tiap currency loyalty program.

Jika Anda memiliki valuasi yang lain terhadap suatu program, jangan ragu untuk berdiskusi melalui kolom komentar di bawah. Sebelum menutup, mari kita kembali berharap agar tidak terjadi devaluasi atau perubahan masif hingga penghujung tahun 2021 ini.

.

Apa pendapat Anda tentang valuasi poin & miles tahun 2021 ini?