Maskapai Thai Airways dalam beberapa tahun belakangan rutin mencari cara agar tidak bangkrut. Semenjak bulan April lalu, Thai Airways sudah menghentikan operasional secara menyeluruh. Bisa dibilang, pandemi COVID-19 ini menjadi last nail in the coffin bagi maskapai nasional Thailand tersebut.

Kini, Thai Airways resmi menyatakan bangkrut dan saat ini sedang menjalankan proses rehabilitasi hutang di Pengadilan Kepailitan Pusat di Bangkok.

Dalam kondisi tersebut, Thai tidak diwajibkan untuk melunasi hutang-hutangnya yang menggunung saat ini. Menariknya, Thai Airways kini tidak dapat menawarkan refund atau pengembalian uang tiket kepada penumpang yang ditotal sebesar Rp11 triliun atau 24 milliar Baht.

Pemegang tiket dianggap sebagai kreditor, dan maskapai ini memiliki kewajiban berdasarkan hukum yang mencegahnya untuk mengembalikan uang pada saat ini.

Kutipan dari artikel CNBC Indonesia

Thai Airways

Thai Airways “diizinkan” untuk menunda memberikan refund tiket. Kredit: Star Alliance.

Penukaran Miles Royal Orchid Plus Dihentikan

Thai Airways juga mengumumkan penghentian penukaran miles Royal Orchid Plus untuk sejumlah opsi termasuk tiket pesawat (Thai & Star Alliance), hotel, dan lifestyle rewards hingga waktu yang tidak ditentukan.

Apa Kedepannya?

Meski tidak diwajibkan untuk melunasi hutang dan termasuk memberikan refund, Thai Airways berjanji akan memberikan refund tiket penumpang dalam waktu 6 bulan. Thai juga yakin bisa membalikkan keadaan dan mengatasi krisis yang menim

Saya pribadi agak skeptis dengan rencana Thai yang tergolong ambisius tersebut. Kondisi keuangan yang kacau dan tidak adanya operasional hingga entah kapan membuat periode 6 bulan terasa terlalu ambisius.

Bukan tidak mungkin jika proses pengembalian refund akan memakan waktu yang jauh lebih lama ketimbang 6 bulan.

Jika Anda kebetulan memiliki tiket Thai Airways, maka bersiap-siaplah menunggu lama untuk pengembalian dana. Alternatifnya Anda bisa mencoba melakukan dispute melalui penerbit kartu kredit, namun saya rasa akan sulit karena status bangkrut dan “dalam rehabilitasi” yang sudah dipegang oleh Thai saat ini.

.

Apakah Anda mempunyai tiket Thai Airways dan belum menerima refund hingga saat ini?