Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Traveloka PayLater Card menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Berbeda dengan kartu kredit pada umumnya, proses pendaftaran kartu Traveloka PayLater ini cukup unik karena limit dari kartu ini.mengkonversi limit dari Traveloka PayLater (layanan kredit tanpa agunan dari Traveloka) Anda sebelumnya.

Oleh karena itu, untuk memiliki kartu ini Anda diwajibkan sudah pernah memiliki Traveloka PayLater sebelumnya dan mendapatkan undangan dari Traveloka.

Kelebihan utama dari kartu ini adalah Anda dapat menggunakan hampir semua promo di Traveloka yang dikhususkan untuk pengguna Traveloka PayLater tanpa harus terkena bunga walaupun kartu ini tidak menawarkan poin yang dapat ditukarkan dengan airline miles.

Kartu ini dapat memperoleh Traveloka Poin untuk semua transaksi, baik di Traveloka maupun di luar Traveloka, yang didapatkan dengan perhitungan sebagai berikut:

Rp100.000 = 5 Traveloka Poin


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 Traveloka Poin setiap melakukan transaksi di dalam maupun luar negeri sebesar Rp20.000.

Saya memvaluasi Traveloka Poin senilai Rp 95/poin sehingga tingkat perolehan yang didapatkan adalah 0,475% atau kalau mengikuti valuasi airline miles PinterPoin setara dengan Rp44.210 per 1 airline miles. Nilai yang didapat adalah 0.5.

Nilai: 0.5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Anda bisa mendapatkan welcome bonus berupa 1.000 Traveloka Poin senilai Rp95.000 dengan bertransaksi minimal Rp5.000.000 dalam 2 bulan setelah kartu disetujui.

Ini adalah salah satu welcome bonus paling rendah yang pernah saya temui di antara kartu yang menawarkan welcome bonus, bahkan lebih rendah dari rentang nilai welcome bonus menurut metode penilaian PinterPoin sehingga saya memberikan nilai 0.1.

Nilai: 0.1

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini hanya memperoleh Traveloka Poin, namun poin tersebut dapat digunakan untuk berbagai layanan di Traveloka, termasuk pembelian tiket pesawat, voucher hotel, voucher makanan.

Selain itu, poin ini juga dapat ditukarkan di beberapa merchant pilihan (walaupun rate konversi yang diberikan memang lebih bagus untuk penggunaan di Traveloka). Nilai yang didapat adalah 0.5.

Nilai: 0.5

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Walaupun ada beberapa promosi di luar Traveloka yang sedang berlangsung, namun benefit unggulannya adalah promo tambahan dari Traveloka yang dikhususkan untuk pengguna Traveloka PayLater Card.

Saat ini hampir semua promosi dari Traveloka PayLater biasa juga bisa diikuti, namun dengan Traveloka PayLater Card Anda tidak akan terkena bunga dan justru mendapatkan reward (walaupun sedikit).

Nilai: 0.5
Traveloka Epic Sale

Dengan Traveloka PayLater Card, Anda bisa saja mendapatkan diskon seperti pengguna Traveloka PayLater biasa.


Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak menyediakan manfaat apapun di bandara.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Seperti fasilitas Traveloka PayLater sendiri, kartu ini bebas iuran tahunan seumur hidup.

Nilai: 1

Total Nilai: 2.6 / 10

“Kartu kredit dari Traveloka/BRI yang cukup membantu apabila Anda sering bertransaksi di Traveloka, namun sangat buruk dalam aspek lainnya.”

Penutup

Traveloka PayLater Card adalah kartu yang bisa dibilang sangat niche. Sebagai perpanjangan dari layanan Traveloka PayLater, kartu ini dianggap sebagai salah satu produk Traveloka dan oleh karena itu memiliki benefit yang lebih difokuskan untuk transaksi dengan Traveloka.

Saya sendiri baru saja mendapatkan kartunya, dan kemungkinan besar saya hanya akan memakai kartu ini apabila ada promosi yang cukup signifikan dari Traveloka.

Walaupun begitu, apabila Anda sudah menggunakan Traveloka PayLater dan kemudian mendapatkan penawaran kartu ini, saya menyarankan Anda untuk mengajukan kartu ini.

 

Apakah Anda tertarik memiliki kartu Traveloka PayLater Card?