teks, cuplikan layar, desain grafis, Grafis, poster, Font, deasin

Review: Kartu Kredit HSBC Visa Platinum

Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit HSBC Visa Platinum menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit HSBC Visa Platinum adalah salah satu kartu kredit mid-tier dari bank HSBC Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan poin HSBC meskipun efektif 1 Agustus 2020 lalu poin dari kartu ini tidak bisa lagi ditukarkan menjadi airline miles.

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki 2 jenis rasio perolehan poin. Rasio perolehan ini bergantung sepenuhnya pada jenis pengeluaran (spending) Anda.

Berikut adalah daftar kategori spending dari HSBC Visa Platinum:

  • Spending 1.500 Rupiah untuk kategori fashion, restoran, dan transaksi di luar negeri = 2 poin rewards HSBC

  • Spending 1.500 Rupiah untuk kategori selain yang sudah disebutkan = 1 poin rewards HSBC

Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi e-voucher ataupun sebagai pemotong biaya tagihan berjalan adalah sebagai berikut:

  • 40.000 poin rewards HSBC = e-voucher Rp100.000
teks, cuplikan layar, desain grafis, Grafis, poster, Font, deasin
Pemasukan
Bulanan
Minimal
Rp15.000.000Masa Berlaku
Poin
12 bulan
Kartu Kredit
Referensi
Tidak PerluMin.
Penukaran
250.000 poin HSBC
Biaya TahunanRp750.000Rekanan
Penukaran
e-voucher
Welcome BonusCashback Rp750.000Biaya
Penukaran
Rp0
Perolehan Poin
Dalam Negeri
N/APenggabungan
Poin?
Tidak
Perolehan Poin
Luar Negeri
N/AManfaat di
Bandara
Tidak ada

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa menukarkan poin yang terkumpul untuk ditukarkan dengan e-voucher ataupun sebagai pemotong biaya tagihan berjalan dengan rasio 40.000 poin rewards HSBC = Rp100.000.

Rasio ini setara dengan cashback sebesar 0,167% untuk setiap transaksi Anda.

Nilai: 0,5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan cashback senilai Rp750.000 setelah pemakaian kartu sebesar 2.500.000 Rupiah dalam periode 90 hari sejak kartu disetujui.

Welcome bonus ini setara dengan 4.054 airline miles menggunakan valuasi PinterPoin.

Nilai: 0,5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Poin dari kartu kredit ini hanya bisa ditukarkan untuk e-voucher ataupun digunakan untuk membayar tagihan lainnya.

Nilai: 0,5

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

HSBC cukup sering mengadakan Travel Fair meskipun maskapai yang diajak bekerja sama bisa berbeda-beda. Pemegang kartu kredit HSBC Visa Platinum bisa mendapatkan cashback untuk pemesanan tiket pesawat selama periode travel fair.

Nilai: 0,5

Airport Perks (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini memiliki airport perks berupa unlimited domestic lounge access dan free annual fee ketika Anda memiliki 1.000.000 poin HSBC (“Million Points Club”).

Mengingat kartu ini tidak menawarkan opsi welcome bonus berupa HSBC Poin Rewards, maka akan sangat sulit bagi Anda untuk bisa memiliki 1.000.000 poin HSBC di kartu ini.

Nilai: 0

Iuran Tahunan (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp750.000 per tahun dan bisa di-waive dengan cara bertransaksi 30 juta Rupiah dalam periode waktu 3 bulan.

Nilai: 0,8

Total Nilai: 2,8/10

“Kartu kredit mid-tier dari HSBC Indonesia yang sangat kurang memadai dalam berbagai aspek.”

Penutup

Kartu kredit HSBC Visa Platinum adalah kartu kredit mid-tier dari bank HSBC Indonesia yang tidak memiliki kelebihan apapun kecuali untuk fitur akses tidak terbatas ke airport lounge domestik setelah Anda mengumpulkan 1.000.000 point reward HSBC.

Masalahnya? HSBC membatasi perolehan poin di kartu ini hanya sebesar akumulatif 50.000 Poin Rewards setiap bulannya yang berarti hampir mustahil bagi Anda untuk bisa mencapai 1.000.000 poin tersebut 🙂

Jumlah maksimal total Poin Rewards Basic dan Poin Rewards Fitur Produk yang dikreditkan ke Pemegang Kartu Kredit Utama setiap bulannya adalah sesuai limit masing – masing produk. Apabila total Poin Rewards yang berhak didapatkan melebihi limit yang ditetapkan, maka selisihnya akan dianggap hangus. Limit produk adalah sebagai berikut :

Platinum – 50.000 Poin Rewards

    Oleh karena itu, satu-satunya tujuan untuk mengajukan kartu kredit ini adalah jika Anda memang mengincar welcome bonus berupa cashback sebesar Rp750.000 yang bisa diulang setiap 6 bulan akibat peraturan baru HSBC untuk welcome bonus.

    Jika tujuan Anda adalah mengumpulkan airline miles lewat kartu kredit HSBC, maka saya akan sangat merekomendasikan Anda untuk memiliki kartu kredit HSBC Visa Signature atau HSBC Premier Mastercard saja.

    Apakah Anda masih tertarik memiliki kartu kredit HSBC Visa Platinum?

    Perubahan

    *Agustus 2020: Devaluasi berupa penghilangan opsi penukaran point reward HSBC Visa Platinum menjadi airline miles ataupun voucher hotel.


    Share

    4 comments
    1. betul, daripada platinum harus sekalian signaturenya atau kalau nggak ya mending platinum cashback masih bisa dpt 400rb sebulan. dengan earning rate rendah yg 1 ini rugi utk diapply.

      1. Yth. Pembaca

        Apakah bisa jika kita sudah punya HSBC Platinum minta downgrade ke HSBC Platinum Cashback? Atau harus pengajuan ulang lagi?

        1. Makmur,

          Biasanya tidak perlu pengajuan ulang lagi dan bisa langsung minta kartu downgrade-nya karena limit yang dibutuhkan setara/lebih rendah.

    2. Dear Pak Edwin,

      Jika sudah pernah punya kartu ini, apakah dengan menutup kartu & apply ulang untuk signature bisa mendapatkan welcome bonus?

      Thanks!

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.