Resmi: Oman Air Bergabung Dengan Aliansi Oneworld di Tahun 2024

Sembilan bulan setelah menyatakan ketertarikan untuk bergabung dengan aliansi Oneworld, salah satu maskapai favorit saya, Oman Air akan segera bergabung dengan Oneworld di tahun 2024 nanti.

Penandatanganan perjanjian telah dilaksanakan oleh Oman Air dan para CEO Oneworld di tanggal 20 Juni 2022 di Doha dan tentunya disambut secara antusias oleh para traveler dan pecinta miles! 😉 Berikut adalah link untuk press release dari Oneworld.

Oman Air resmi tergabung dalam aliansi Oneworld

Oman Air memiliki program loyalti yang dinamakan Sindbad, jadi anggota Sindbad akan dapat mengumpulkan dan menebus miles di seluruh maskapai anggota Oneworld. Selama ini Oman Air hanya berpartner dengan Etihad dan baru pertengahan Desember 2021 silam menambahkan Aeroplan (loyalty program dari Air Canada) sehingga opsi pengumpulan dan penukaran miles ini sangatlah terbatas.

Perjanjian kerja sama ini menandakan Oman Air sebagai maskapai negara Timur Tengah ketiga setelah Qatar Airways dan Royal Jordanian yang telah bergabung dengan Oneworld sebelum ini.

CEO Oman Air Eng Abdulaziz Al Raisi dan CEO Oneworld Rob Gurney menandatangani perjanjian bergabungnya Oman Air ke Oneworld di Doha di even rapat umum tahunan IATA
Keuntungan yang Didapat Anggota Oneworld Apabila Oman Air Bergabung

Oman Air akan menambahkan beberapa destinasi baru untuk anggota Oneworld yang termasuk di dalamnya adalah Duqm dan Khasab di Oman dan Chittagong di Bangladesh.

Pemegang status elite Oneworld Emerald, Oneworld Sapphire dan penumpang kelas premium juga akan dapat mengakses tiga airport lounge Oman Air di Muscat, Salalah dan Bangkok. Saya sendiri telah beberapa kali mengakses lounge Oman Air di Muscat karena bepergian di kursi bisnis dan sekali waktu pernah juga mengakses airport lounge di Bangkok yang dapat diakses menggunakan Priority Pass.


Baca juga: Gratis Stopover Hotel di Muscat Saat Terbang dengan Oman Air


Pengalaman Pribadi Terbang Bersama Oman Air

Saya adalah salah satu penggemar maskapai yang berbasis di Muscat ini. Pertama kali terbang bersama Oman Air di tahun 2018 silam dengan rute Paris ke Jakarta via Muscat di kelas bisnis yang saya beli dengan harga yang saya nilai affordable.

Pengalaman terbang pertama saya dengan Oman sangatlah positif. Kala itu, Oman Air masih menawarkan jasa penjemputan dari hotel yang saya tempati di daerah Opera Paris menuju ke Charles de Gaulle Airport. Saya juga menggunakan program stopover yang mereka tawarkan dan uniknya pula, lagi-lagi mereka menyediakan layanan penjemputan dan penghantaran balik ke Muscat airport setelah stopover 3 hari saya usai. Sayangnya program tersebut telah dihilangkan bagi penumpang kelas bisnis.

Menilik kembali di tahun 2018, saya juga sempat berhasil memesan tiket penerbangan kelas bisnis Oman Air berangkat dari Jakarta menuju Milan dengan harga fantastis, yaitu di angka 12 jutaan Rupiah. Beruntungnya saya di jadwal bepergian di tahun depannya, Oman Air menawarkan program menginap gratis di Al Bustan, properti Ritz-Carlton di Muscat.

Value yang saya dapatkan dari penerbangan ini sangatlah besar mengingat saya memperoleh hampir 28,000 miles yang saya kreditkan ke Etihad Guest, ditambahkan dengan transit hotel pada saat berangkat (Crowne Plaza) dan stopover hotel di Al Bustan. Superb Deal! Saya berharap promo seperti ini akan ada lagi di masa depan.

28,000 miles Etihad Guest bisa dpakai untuk terbang 4 kali di Garuda Indonesia. Temukan triknya di sini!

Oman Air juga menawarkan kursi kelas bisnis yang juga salah satu jenis kursi favorit saya. Kursi yang dinamakan Apex Suite ini juga diadopsi oleh maskapai Japan Airlines dan Korean Air. Walaupun konfigurasi kursinya adalah 2-2-2, uniknya semua kursi memiliki akses langsung ke aisle, lie flat bed, dan juga memiliki privasi cukup baik dengan adanya partisi.

Makanan yang disajikan selama penerbangan juga enak dan di-presentasikan dengan sangat cantik (saya selalu memilih sajian es krim sebagai makanan penutup yang tertata menarik dan juga nikmat tentunya!).

Apex Suite
Penutup

Oman Air akan menjadi anggota ketiga terbaru yang bergabung di Oneworld dalam lima tahun terakhir ini, yang merupakan pertumbuhan pesat bagi Oneworld. Dua maskapai sebelumnya adalah Royal Air Maroc pada April 2020 dan disusul oleh maskapai favorit tim PinterPoin yaitu Alaska Airlines pada Maret 2021 lalu.

Saya memiliki harapan tinggi bahwa bergabungnya Oman Air ini akan membuka peluang lebih banyak untuk menebus miles untuk penerbangan First Class Oman Air, karena selama ini hanya bisa diakses oleh program Sindbad dan Aeroplan saja.

Apakah anda excited dengan berita bergabungnya Oman Air ke aliansi Oneworld ini?
Share
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea