Valuasi Poin Miles PinterPoin

TRIK: Tukar Miles Etihad Guest Untuk Penerbangan Garuda Indonesia

Seringkali, banyak orang yang salah persepsi dengan proses penukaran miles untuk suatu penerbangan tertentu. Kali ini, saya akan membagikan sebuah trik penukaran miles maskapai Etihad untuk penerbangan Garuda Indonesia.

Tentu saja, GarudaMiles bukan merupakan satu-satunya frequent flyer program yang bisa Anda gunakan untuk penerbangan Garuda Indonesia 🙂 .

Etihad Garuda
Tukarkan miles Etihad Guest untuk terbang dengan Garuda Indonesia.

Baca juga: BAD NEWS: Devaluasi Mendadak GarudaMiles Sebesar 20%!


Tentang Etihad Guest

Etihad Guest merupakan frequent flyer program dari maskapai Etihad Airways asal Abu Dhabi. Dikarenakan Garuda Indonesia merupakan salah satu rekanan maskapai Etihad, maka menukarkan miles Etihad untuk penerbangan Garuda Indonesia bisa dilakukan.

Selain penerbangan Garuda, sebenarnya banyak penerbangan lain yang tidak kalah menariknya. Namun akan saya bahas secara terpisah pada artikel selanjutnya untuk menghindari penulisan yang terlalu panjang.

Tabel Penukaran Etihad Guest – Garuda Indonesia

Etihad menggunakan sistem jarak aktual untuk award flight Garuda Indonesia. Menurut saya, sweet spot untuk Garuda Indonesia hanya sampai jarak penerbangan 3001 – 5000 saja.

Untuk jarak penerbangan 5001 – 10000 dan 10001 – 15000, akan lebih baik bagi Anda untuk menggunakan GarudaMiles ketimbang Etihad Guest. Contoh rute penerbangan yang masuk dalam kategori tersebut adalah Medan – Amsterdam (6.195 mil) yang akan membutuhkan 140.000 miles Etihad v.s. 108.000 GarudaMiles.

Etihad Garuda

Perbandingan Penukaran Miles Etihad v.s. GarudaMiles

Untuk mempermudah, saya telah membuat perbandingan penukaran miles pada kedua FFP tersebut di rute-rute populer milik Garuda Indonesia. Fokus disini hanyalah untuk penerbangan dengan jarak tempuh 0 – 5000 mil saja. Miles yang diperlukan dibawah merupakan harga normal tanpa diskon.

  • Jakarta – Lampung
    • GarudaMiles: 7.700 miles
    • Etihad Guest: 7.000 miles
  • Jakarta – Surabaya
    • GarudaMiles: 15.400 miles
    • Etihad Guest: 7.000 miles
  • Jakarta – Pontianak
    • GarudaMiles: 15.400 miles
    • Etihad Guest: 7.000 miles
  • Jakarta – Denpasar
    • GarudaMiles: 27.500 miles
    • Etihad Guest: 14.000 miles
  • Jakarta – Medan
    • GarudaMiles: 27.500 miles
    • Etihad Guest: 14.000 miles
  • Jakarta – Shanghai
    • GarudaMiles: 59.400 miles
    • Etihad Guest: 42.000 miles

Apakah Menggunakan Miles Etihad Selalu Lebih Menguntungkan?

Tentu saja tidak. Setiap frequent flyer program akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dari Etihad Guest tentunya adalah harga award yang lebih murah ketimbang GarudaMiles untuk jarak penerbangan dibawah 5.000 mil.

Namun, terdapat juga kekurangan dari menggunakan Etihad Guest, contohnya:

  • Untuk penerbangan dengan jarak tertentu, akan lebih murah untuk menggunakan GarudaMiles. Contoh:
    • Jakarta – Sydney
      • GarudaMiles: 69.300 miles
      • Etihad Guest: 70.000 miles
    • Jakarta – Amsterdam
      • GarudaMiles: 108.000 miles
      • Etihad Guest: 140.000 miles
  • Anda tidak bisa menukar award First Class Garuda Indonesia dengan Etihad. Namun hal ini seharusnya tidak menjadi masalah besar karena First Class kini hanya tersedia di rute Tokyo saja.
  • Akan lebih menguntungkan untuk menukar GarudaMiles ketika ada promo diskon 50% atau 70% penukaran GarudaMiles.
  • Lebih banyak cara untuk mengumpulkan GarudaMiles ketimbang miles Etihad di Indonesia khususnya.
  • Untuk memesan award Garuda Indonesia dengan Etihad Guest, Anda harus menelpon ke reservation line Etihad. Berikut nomor telepon perwakilan Etihad di Indonesia:
    • 0078 03 011 4933
    • 0018 03 852 9238

Cara Mendapatkan Miles Etihad Guest

Mungkin pertanyaan selanjutnya adalah, “Bagaimana cara mendapatkan miles Etihad Guest? Bukankan GarudaMiles lebih cocok untuk orang Indonesia?”

Kabar baiknya, terdapat beberapa cara realistis & mudah yang bisa Anda tempuh sehingga mendapatkan miles Etihad sendiri tidak sesulit yang dibayangkan.

Penerbangan

Anda bisa mendapatkan miles Etihad dari penerbangan dengan beragam maskapai seperti Etihad Airways, Garuda Indonesia, ANA, Asiana, Korean Air, Malaysia Airlines, Oman Air, dan masih banyak lagi.

Klik disini untuk melihat daftar lengkap maskapai berdasarkan earning chart masing-masing maskapai.

Jika Anda memang akan mengkreditkan penerbangan ke Etihad Guest, maka pastikan agar Anda tidak login ke akun GarudaMiles Anda pada saat membeli tiket Garuda Indonesia.

Anda hanya perlu memasukkan nomor keanggotaan Etihad Guest Anda pada saat membeli tiket. Jika lupa, Anda juga bisa melakukannya pada saat check in. Jika masih lupa juga.. Gunakan fitur “Claim missing miles” Etihad yang bisa ditemukan pada link ini.

ATR 72 Garuda Indonesia
Anda bisa mendapatkan miles Etihad dari penerbangan Garuda Indonesia. Foto: Ikhwan Hidayat.
Kartu Kredit

Selain penerbangan, Anda juga bisa mentransfer poin dari Citibank dan BCA American Express ke Etihad Guest.

Citi Premier Miles atau Citi Prestige Card

Citi merupakan bank dengan transfer partner terbanyak di Indonesia, yakni dengan 10 maskapai dan 1 hotel. Etihad Guest merupakan salah satu transfer partner dari Citi. Anda bisa mentransfer poin Anda dengan rasio transfer 1:1.

Tips: Dapatkan 25.000 miles Etihad Guest dengan mendapatkan welcome bonus dari kartu kredit Citibank Premier Miles.

Dapatkan 25.000 miles Etihad dengan welcome bonus kartu kredit Citibank Premier Miles.

BCA American Express

BCA American Express mempunyai segelintir transfer partner dan Etihad Guest merupakan salah satunya. Anda bisa menukarkan minimal 750.000 poin Membership Reward menjadi 20.000 miles Etihad Guest.

Transfer dari Poin Hotel

Loyalty program hotel yang saya sarankan untuk mentransfer poin ke Etihad adalah Marriott Bonvoy.

Marriott masih menganut sistem bonus 5.000 miles dari SPG. Setiap kali Anda mentransfer 60.000 poin Marriott (atau 20.000 poin SPG dulunya), Anda akan mendapatkan 20.000 + bonus 5.000 miles Etihad.

Transfer poin Marriott Bonvoy ke Etihad Guest.

Penutup

Poin dan miles merupakan topik yang sangat menarik dan luas untuk dibahas. Masih banyak potensi atau yang lebih sering saya sebut sebagai sweet spot yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah penggunaan miles Etihad untuk penerbangan Garuda Indonesia.

Sebelum Anda mentransfer poin kartu kredit atau hotel ke Etihad, pastikan jika Anda akan mendapatkan harga terbaik v.s. menggunakan GarudaMiles.

Pada artikel selanjutnya, saya akan membagikan trik lain menggunakan miles Etihad Guest yang tentunya tidak kalah menarik. Kemungkinan, panduan lengkap Etihad Guest versi PinterPoin juga akan segera dibuat 🙂 .

.

Apakah Anda pernah menggunakan miles Etihad untuk penerbangan Garuda Indonesia?

Share

9 comments
  1. Beberapa kali coba telp Etijad guest utk tuker award ticket GA sebulan ke depan,9 bulan kedepan, 7 bulan kemudian dijawab CS Etihad Guest availabilitynya nol. Dikasihbtau juga lebih sering ga ada buat award ticket GA tuker Etihad guest.

    Sampe bikin gw berpikir kalo GA itupelit ,ngeblok award ticket buat partnrrnya GA. So pengalamanku blm pernah berhasil

  2. kalau punya mau terbang pakai asiana bisnis, kebetulan ini nggak bakal sering sama asina, lebih baik di convert ke frequent flyer mana ya? apa ke etihad guest baio, apa ke yang lain?

    1. Fajar,

      Jika Anda sering travel menggunakan Asiana di kelas bisnis, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memasukkan poinnya ke Aegean.
      Sebaliknya, Jika Anda ingin terbang menggunakan Asiana yang tergabung di Star Alliance, Anda bisa mempertimbangkan untuk menukarkan penerbangan tersebut melalui poin Aegean/KrisFlyer Miles.

      1. PP, minta tolong buat artkel ttg penukaran miles etihad ke Tiket Garuda, pernah telp qke call center garuda katanya bisa Dan harus ke sales office, cuma blom tau angka persisnya until tukar gff ke Tiket Etihad

        Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea