Menurut Reuters, Oman Air pada 26 September 2021 mengumumkan rencananya untuk bergabung dengan Oneworld.

Apa Itu Oman Air, dan Kenapa Oman Air ingin Bergabung dengan Oneworld?

Oman Air adalah maskapai yang berbasis di Muscat MCT, Oman. Seperti beberapa maskapai Timur Tengah lainnya, Oman Air berfokus pada rute di Asia, Afrika, dan Eropa, walaupun dari segi ukuran armada jauh lebih kecil daripada beberapa maskapai lain di sekitarnya seperti Qatar Airways atau Emirates yang memiliki ratusan pesawat.

Menurut email Oman Air ke Reuters, Oman Air ingin bergabung ke Oneworld karena menurut mereka, “Saat maskapai pulih dari COVID, aliansi maskapai akan lebih penting dari sebelumnya”. Oleh karena itu, Oman Air saat ini sedang mendekati Qatar Airways untuk membantu mendaftar sebagai anggota Oneworld, dimana Akbar Al Baker sebagai CEO-nya juga memimpin Oneworld.

Pendapat

Dengan Alaska Airlines dan Royal Air Maroc bergabung dengan Oneworld, berita Oman Air ini di satu sisi tentu tidak mengejutkan mengingat Oneworld saat ini merupakan aliansi yang paling kecil dibandingkan dengan lainnya dan Akbar Al Baker dikabarkan ingin memperbesar aliansi tersebut. Selain itu, Oman Air sendiri terkenal dengan produknya yang cukup bagus dan tarif yang cukup bersaing sebelum COVID-19, sehingga tambahan ini tentu akan membuat Oman Air semakin menarik bagi Anda yang ingin mengejar atau memiliki status di aliansi tersebut.

Oman Air 787 Dreamliner

Oman Air menawarkan produk dan harga yang bersaing. Foto: PinterPoin.

Di sisi lain, apabila melihat jaringan maskapai Timur Tengah berdasarkan aliansi tentu ini akan menjadi pertanyaan mengapa Oman Air tidak menyebutkan rencana untuk bergabung dengan aliansi lain. Saat ini:

  • Oneworld memiliki Qatar Airways (basis Doha DOH) dan Royal Jordanian (basis Amman AMM) di Timur Tengah,
  • SkyTeam memiliki Saudia (basis Jeddah JED) dan Middle East Airlines (basis Beirut BEY) di Timur Tengah, sedangkan
  • Star Alliance hanya memiliki Turkish Airlines (basis Istanbul IST) dan EgyptAir (basis Cairo CAI) di Timur Tengah, dan keduanya pun (hampir) Eropa dan Afrika.

Dalam kasus ini, apabila melihat siapa aliansi yang paling tidak membutuhkan lebih banyak anggota di Timur Tengah, jawabannya tentu Oneworld – bukan saja Qatar Airways sangat berfokus pada penerbangan transit via Doha DOH, namun bahkan Qatar Airways sendiri sudah memiliki kerjasama spesifik dengan Oman Air (sama seperti American Airlines dan JetBlue di Amerika Serikat bagian timur). Bukan hanya itu, kompetisi untuk penerbangan antara Asia dan Eropa sendiri sudah sangat panas, bukan hanya dari maskapai Timur Tengah, namun juga dari maskapai Asia seperti Thai Airways atau Cathay Pacific yang memiliki jaringan cukup ekstensif di Eropa – adanya Oman Air tentu akan hampir tidak berpengaruh dalam hal tersebut.

Diskon US$100 US$500 Tiket Qatar Airways | PinterPoin

Qatar Airways kemungkinan besar tidak akan memperoleh manfaat signifikan dari Oman Air apabila Oman Air bergabung di aliansi yang sama. Foto: Wikimedia Commons

Penutup

Walaupun masih di tahap sangat awal dan belum ada indikasi bagaimana reaksi dari Oneworld maupun Qatar Airways, apabila Oman Air benar-benar akan bergabung dengan Oneworld ini (atau aliansi lainnya) tentu akan menjadi perkembangan yang patut dipantau. Apabila Oman Air akhirnya bergabung dengan suatu aliansi, kami tentu berharap bahwa aliansi tersebut akan semakin menambah daya tarik Oman Air.

 

Bagaimana pendapat Anda tentang Oman Air mulai mempertimbangkan untuk bergabung dengan Oneworld?