transportasi, pesawat terbang, Perjalanan udara, pesawat, langit, pesawat terbang sipil, Perusahaan penerbangan, outdoor, penerbangan, Terbang, kendaraan, Rekayasa dirgantara, sayap, Mesin pesawat terbang, Pesawat jet, Mesin jet, Pesawat lorong tunggal, Twinjet, Bandara, jet, biru

Perubahan Besar Alaska Mileage Plan Pada Maret 2024, Apa Implikasinya?

Alaska Mileage Plan akan mengalami perubahan drastis (baca: devaluasi) pada Maret 2024 mendatang dan berdasarkan analisa singkat saya dari perspektif orang Indonesia, IT’S BAD NEWS.

Secara praktis, berikut adalah perubahan yang akan terjadi pada Alaska Mileage Plan:

  • Alaska akan menggunakan distance based structure untuk menentukan jumlah miles yang dibutuhkan untuk suatu penerbangan (saat ini mereka menggunakan zone based structure seperti Singapore Airlines/SQ).

  • Alaska akan mengharmonisasikan jumlah miles yang dibutuhkan untuk penerbangan dengan partner airline sehingga semua partner airline akan memiliki rate penukaran miles yang selaras (saat ini setiap partner airline memiliki rate masing-masing).

  • Alaska akan mengizinkan multi-partner award redemption. Hal ini berarti Anda bisa menggabungkan beberapa partner airline dari Alaska dalam satu itinerary penukaran miles (saat ini multi-partner award redemption tidak diperbolehkan).

  • Alaska akan menambahkan opsi penukaran miles untuk premium economy (saat ini tidak ada opsi premium economy)
teks, Font, Grafis, cuplikan layar, logo, desain grafis, aqua, deasin, Merek, Biru listrik
Alaska Mileage Plan akan mengalami perubahan drastis

Kenapa saya bilang perubahan ini adalah devaluasi besar bagi orang Indonesia?

Jawabannya adalah karena dengan menganut distance-based structure, Indonesia jauh dari mana-mana sehingga miles yang dibutuhkan justru bertambah banyak untuk seluruh partner airline dari Alaska ini.

Contoh Dengan Business Class

deasin 

Cathay Pacific rute Jakarta – Tokyo membutuhkan  22.500 60.000 Alaska Miles karena jarak Jakarta – Hong Kong – Tokyo adalah 3.820 mil yang mana masuk kategori 3.000 – 5.000 mil.

deasin

Cathay Pacific rute Jakarta – Seoul membutuhkan 22.500 60.000 Alaska Miles karena jarak Jakarta – Hong Kong – Seoul adalah 3.300 mil yang mana masuk kategori 3.000 – 5.000 mil.

deasin

Cathay Pacific rute Jakarta – Taipei membutuhkan 22.500 50.000 Alaska Miles karena jarak Jakarta – Hong Kong – Taipei adalah 2.517 mil yang mana masuk kategori 1.500 – 3.000 mil.

deasin 

Cathay Pacific rute Jakarta – Los Angeles membutuhkan 50.000 85.000 Alaska Miles karena jarak Jakarta – Hong Kong – Los Angeles adalah 9.275 mil yang mana masuk kategori 7.001 – 10.000 mil.

Perjalanan udara, pesawat, pesawat terbang, deasin

Japan Airlines (JAL) rute Jakarta – Tokyo membutuhkan 50.000 60.000 Alaska Miles karena jarak Jakarta – Tokyo Haneda adalah 3.585 mil yang mana masuk kategori 3.000 – 5.000 mil.

Perjalanan udara, pesawat, pesawat terbang, deasin

Japan Airlines (JAL) rute Jakarta – Tokyo membutuhkan 50.000 60.000 Alaska Miles karena jarak Jakarta – Tokyo Haneda adalah 3.585 mil yang mana masuk kategori 3.000 – 5.000 mil.

Perjalanan udara, pesawat, pesawat terbang, deasin

Japan Airlines (JAL) rute Jakarta – Los Angeles membutuhkan 80.000 85.000 Alaska Miles karena jarak Jakarta – Tokyo – Los Angeles adalah 9.073 mil yang mana mana masuk kategori 7.001 – 10.000 mil.

Dari beberapa contoh di atas saja dapat diketahui bahwa perubahan Alaska MileagePlan ini berdampak negatif bagi orang Indonesia.

Berikut adalah tabel penukaran baru Alaska Mileage Plan untuk partner airline di kawasan Asia yang saya kutip dari website Alaska:

teks, cuplikan layar, Font, nomor
Includes travel from US to Asia Pacific, within Asia Pacific and between Asia Pacific–Europe, Middle East, Africa. Asia Pacific includes SE Asia, Indian Subcontinent, South Pacific, Japan/Korea.

Saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan GCmap untuk mengecek jarak antar destinasi.

Saya sendiri cukup sedih karena salah satu sweet spot favorit saya yaitu Korean Air rute Jakarta – Seoul yang merupakan salah satu cara termurah untuk terbang ke Korea menggunakan poin juga akan terdevaluasi.

cuplikan layar, Warna-warni, Grafis, pesawat terbang, pesawat

Korean Air rute Jakarta – Seoul akan membutuhkan 30.000 60.000 Alaska Miles karena jarak Jakarta – Seoul adalah 3.259 mil yang mana masuk kategori 3.000 – 5.000 mil.

Tukarkan Secepatnya!

Bagi Anda yang memiliki saldo Alaska Miles, saya menghimbau Anda untuk menukarkannya sekarang sebelum devaluasi terjadi.

Saya sendiri langsung memutuskan untuk menukarkan penerbangan PP Bisnis ke Korea Selatan menggunakan Korean Air pada akhir Maret 2024 nanti untuk bisa menghadiri pesta pernikahan sahabat saya di Korea (dia beruntung menikah dengan orang Korea) sekaligus untuk menikmati musim sakura di Seoul šŸ™‚

teks, cuplikan layar
teks, cuplikan layar, Font, nomor
Saya menukarkan 60.000 Alaska Miles untuk terbang PP business class Korean Air ke Korea Selatan

Yang menjadi masalah adalah penukaran penerbangan Cathay Pacific menggunakan Alaska Miles sangat terbatas atau hampir bahkan tidak ada beberapa saat ini sehingga pilihan Anda untuk menghabiskan Alaska Miles semakin tipis.

Berikut adalah alternatif penukaran Alaska Miles yang layak dipertimbangkan:

cuplikan layar, Warna-warni, Grafis, pesawat terbang, pesawatKorean Air

  • 60.000 miles untuk kelas bisnis pulang pergi Jakarta ke Korea Selatan

  • 120.000 miles untuk kelas bisnis pulang pergi Jakarta ke Amerika Utara

Korean air menurut saya pribadi adalah alternatif terbaik untuk menghabiskan Alaska Miles Anda.

Kekurangannya adalah seringkali hanya tersedia 1 (satu) seat yang available di kelas bisnis untuk penerbangan Jakarta – Seoul di berbagai tanggal terutama mendekati musim sakura dan lebaran.

cuplikan layar, deasin, pesawat, pesawat terbangFinnair

  • 60.000 miles untuk kelas bisnis sekali jalan dari Asia Timur atau Asia Tenggara (Singapore/Bangkok) ke Eropa

Bagi Anda yang memiliki rencana ke Eropa, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk menukarkan miles Anda untuk terbang Finnair yang menurut saya cukup good deal.

Kekurangannya adalah Finnair tidak terbang langsung dari Jakarta melainkan jika Anda ingin memanfaatkan opsi ini maka Anda harus melakukan positioning di Singapura (SIN) ataupun Bangkok (BKK).

Merah tua, Grafis, papan klip, simbol, deasinQantas

  • 20.000 miles untuk kelas bisnis sekali jalan intra-Australia

  • 55.000 miles untuk kelas bisnis sekali jalan dari Australia ke Amerika Serikat

  • 70.000 miles untuk kelas utama sekali jalan dari Australia ke Amerika Serikat

Salah satu opsi penukaran terbaik Alaska Miles adalah dengan Qantas terutama untuk penukaran First Class dari Australia ke Amerika Serikat.

Sayangnya, entah kenapa Qantas tidak membuka opsi penukaran dari Jakarta (CGK) ataupun Denpasar (DPS) ke Australia sehingga opsi ini mungkin juga kurang praktis bagi orang Indonesia.


Baca juga: 5 Cara Termurah ke Jepang Dengan Poin

Baca juga: 5 Cara Termurah ke Korea Dengan Poin


Penutup

Alaska Mileage Plan akan mengalami perubahan drastis pada Maret 2024 mendatang yang dampaknya sangat negatif bagi orang Indonesia.

Perubahan ini membuat hampir seluruh sweet spot yang ada di Alaska Mileage Plan hilang seketika sehingga menurut saya program ini sudah tidak layak untuk dipahami dan diakumulasikan milesnya.

teks, Font, logo, Grafis, desain grafis, Merek, tipografi, deasin
Ucapkan selamat tinggal untuk Alaska Mileage Plan

Bagi Anda yang memiliki saldo Alaska Miles, saya juga menghimbau Anda untuk menukarkannya secepatnya karena semakin Anda menunda, maka semakin sulit juga Anda mencari seat yang available untuk ditukar.

Saya rasa ini adalah goodbye untuk Alaska Mileage Plan, program yang PinterPoin rekomendasikan sejak awal kami berdiri dan menginspirasi orang untuk terbang business class PP ke Jepang hanya 7 juta Rupiah.

It was nice, but it’s time to say goodbye.

Apa pendapat Anda mengenai perubahan besar Alaska Mileage Plan ini?
Share

7 comments
    1. Hi Aldy,

      Harapannya begitu untuk penerbangan jarak pendek (< 1.500 miles), tapi sekarang sendiri masih sangat mahal (25.000 miles di kelas ekonomi/65.000 miles di kelas bisnis).

      1. apakah memungkinkan untuk booking menggunakan alaska miles sebelum devaluasi, lalu nanti ganti tanggal ?
        Apakah ticket redeption diperbolehkan untuk ganti tanggal ? Thank you

  1. selamat pagi,

    saya berencana mau redeem ticket dengan alaska miles saya sebelum devaluasi ini, namun ada 1 infant dalam keluarga, bagaimana cara reservasi saya untuk infant tersebut? karena tidak ada menu pilihan untuk infant jika saya cek. apakah saya harus redeem 1 ticket seperti orang dewasa, atau saya bisa book secara terpisah? mohon pencerahannya. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.