5 Cara Termurah Ke Jepang Menggunakan Poin

Dengan dibukanya kembali Jepang pada 11 Oktober 2022 mendatang, salah satu pertanyaan yang paling sering kami dapat di PinterPoin adalah “Apa cara termurah ke Jepang menggunakan poin?

Oleh karena itu, melalui post kali ini, saya akan membahas mengenai cara termurah terbang ke negeri Sakura tersebut dengan menggunakan Poin. Sekedar informasi saja, semua perhitungan di bawah mengasumsikan Anda terbang di kelas bisnis dan rute-nya adalah one-way.


Termurah – Terbang Cathay Pacific/Japan Airlines menggunakan Alaska MileagePlan

Cathay Pacific = 22.500 Alaska Miles

Japan Airlines = 25.000 Alaska Miles

Cara termurah untuk terbang ke Jepang di kabin business class adalah dengan menukarkan Alaska Miles Anda untuk penerbangan Cathay Pacific (22.500 miles) ataupun Japan Airlines (25.000 miles).

Saya lebih merekomendasikan Japan Airlines karena penerbangannya direct flight ke Jepang dan Anda akan diuntungkan dengan fakta bahwa Alaska tidak meneruskan Fuel Surcharge (YQ) dari maskapai tersebut.

(+) Tidak ada fuel surcharge sehingga Anda hanya membayar pajak penerbangan yang sangat minim.

(+) Sweet spot terbaik yang bisa Anda temukan bagi orang Indonesia.

() Alaska Miles sulit diperoleh karena tidak bisa dikumpulkan melalui kartu kredit Indonesia. Hanya bisa melalui kartu kredit Amerika.


Termurah #2- Terbang Eva Air menggunakan Eva Air Miles

Eva Air = 25.000 Eva Air Miles

Cara termurah kedua untuk terbang ke Jepang adalah dengan menukarkan Eva Air Miles Anda untuk penerbangan di maskapai Eva Air (25.000 miles).

Dengan menukarkan penerbangan round trip, Anda juga bisa memilih opsi stopover di Taipei pada penerbangan pergi ataupun pulangnya.

Sayangnya, Anda sudah tidak bisa mengumpulkan Eva Air miles melalui kartu kredit Citi Indonesia efektif pada 28 Juli 2022 lalu. Namun, bagi Anda yang sudah menabung poin tersebut, ini adalah saat yang tepat untuk memanfaatkannya.

(+) Kabin dan pelayanan business class dari Eva Air adalah salah satu yang terbaik di kelasnya.

(+) Opsi stopover di Taiwan ketika Anda memesan penerbangan roundtrip menggunakan poin .

() Tidak bisa lagi dikumpulkan menggunakan kartu kredit Indonesia & bukan merupakan Marriott Bonvoy transfer partner.

() Terdapat fuel surcharge namun tidak terlalu tinggi.


Termurah #3- Terbang di Aneka Maskapai Star Alliance Menggunakan Aegean Miles+Bonus

Singapore Airlines = 32.500 Aegean Miles

Thai Airways = 32.500 Aegean Miles

Asiana Airlines = 32.500 Aegean Miles

Eva Air = 32.500 Aegean Miles

Air China = 32.500 Aegean Miles

All Nippon Airways (ANA) = 32.500 Aegean Miles

Anda bisa terbang di berbagai maskapai Star Alliance dari Jakarta ke Tokyo dengan menebus 32.500 Aegean Miles untuk penerbangan bisnis one-way.

Dikarenakan Aegean meneruskan fuel surcharge dari partner airline, maka penerbangan yang paling feasible untuk ditebus adalah Singapore Airlines.

Di luar itu, saya masih merekomendasikan Eva Air dan Air China yang memiliki fuel surchage tapi masih bisa ditoleransi.

Untuk maskapai lain seperti ANA yang memiliki fuel surcharge sangat tinggi sekitar 3,5 juta Rupiah one-way Jakarta – Tokyo di kelas bisnis menurut saya pribadi sangat kurang layak untuk ditebus meskipun penerbangannya adalah direct flight.

(+) Opsi maskapai sangat banyak dan bisa disesuaikan dengan preferensi.

() Sebagian besar maskapai Star Alliance menerapkan fuel surcharge (YQ) yang cukup tinggi.

() Poin Aegean tidak praktis dikumpulkan karena Anda hanya bisa memperolehnya dari penukaran poin Marriott Bonvoy atau dengan membelinya pada saat promo Black Friday.


Termurah #4 – Terbang di Aneka Maskapai OneWorld Menggunakan American Airlines AAdvantage

Cathay Pacific = 35.000 AA Miles

Japan Airlines = 35.000 AA Miles

Malaysia Airlines = 35.000 AA Miles

Sama seperti Alaska MileagePlan, Anda bisa saja menukarkan AAdvantage Miles untuk terbang di aneka maskapai OneWorld.

Hanya saja, mereka memiliki rate penukaran poin yang lebih mahal dibanding Alaska MileagePlan dan satu-satunya cara praktis mengumpulkan miles ini adalah dengan menukarkan poin Marriott Bonvoy Anda atau dengan memanfaatkan kartu kredit Amerika.

Sama seperti Alaska MileagePlan juga, American Airlines AAdvantage tidak mengenakan fuel surcharge untuk penukaran tiket di partner airline.

(+) Tidak ada fuel surcharge sehingga Anda hanya membayar pajak penerbangan yang sangat minim.

() Rate penukaran maskapai OneWorld yang kalah bersaing dibandingkan dengan Alaska MileagePlan bagi orang Indonesia

() Tidak bisa dikumpulkan dari kartu kredit Indonesia sehingga opsi Anda hanya kartu kredit Amerika saja


Termurah #5 – Terbang Cathay Pacific Menggunakan Asia Miles

Cathay Pacific = 45.000 Asia Miles

Cathay Miles (d/h Asia Miles) mungkin menjadi satu-satunya ‘miles praktis’ yang bisa dikumpulkan menggunakan kartu kredit Indonesia yang masuk pada daftar ini.

Anda bisa saja menukarkan Asia Miles yang Anda miliki untuk penerbangan Malaysia Airlines ataupun Japan Airlines (JAL) ke Jepang namun secara pribadi saya merekomendasikan Cathay Pacific saja karena Asia Miles meneruskan fuel surcharge dari partner airline sehingga penerbangan JAL akan memiliki tax yang sangat tinggi.

Selain itu, Anda bisa saja memilih opsi terbang di First Class Cathay Pacific untuk rute Hong Kong – Tokyo Haneda atau sebaliknya dengan menambah 11.100 Asia Miles saja yang merupakan great deal.

(+) Asia Miles sangat mudah dikumpulkan bagi orang Indonesia

(+) Tambah 11.100 Asia Miles untuk terbang di First Class Cathay Pacific yang fantastis

(-) Terdapat fuel surcharge namun tidak terlalu tinggi


Baca juga: Review Cathay Pacific First Class Boeing 77-300 Tokyo Haneda – Hong Kong

Baca juga: 10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan Asia Miles


Penutup

Terdapat banyak sekali cara terbang gratis ke Jepang, namun tentunya Anda harus mengetahui best deal dari masing-masing frequent flyer program agar Anda bisa mengoptimalkan miles yang Anda miliki.

Secara pribadi, saya akan memberikan tips sebagai berikut:

  • Jika Anda memiliki kartu kredit Amerika, saya akan merekomendasikan Anda untuk mengumpulkan dan menukarkan Alaska Miles Anda untuk penerbangan Cathay Pacific atau Japan Airlines ke Jepang. Ini merupakan opsi terbaik.
BofA Alaska merupakan kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan Alaska MileagePlan
  • Jika Anda ‘hanya’ memiliki kartu kredit Indonesia, saya akan lebih merekomendasikan Anda untuk mengumpulkan dan menukarkan Asia Miles untuk penerbangan Cathay Pacific ke Jepang mengingat rate penukarannya cukup murah dibandingkan dengan Singapore Airlines (52.000 KrisFlyer Miles) ataupun Garuda Indonesia (63.000 GarudaMiles).
Citi Prestige merupakan salah satu kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan Asia Miles
  • Jika Anda hanya memiliki KrisFlyer Miles dari Singapore Airlines, tough luck. Terakhir saya mengecek penerbangan ke Jepang dan hampir seluruhnya waitlist hingga April 2023 mendatang. Semisal ada sekalipun, mereka menawarkan rate ‘advantage‘ yang berarti Anda harus menebus 70.000 KrisFlyer untuk terbang one-way di Business Class Singapore Airlines rute Jakarta – Tokyo.
Devaluasi CIMB Niaga JCB Ultimate
CIMB Niaga JCB Ultimate adalah kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles

Apakah Anda memiliki rencana untuk pergi ke Jepang menggunakan poin yang Anda miliki?

Share

12 comments
  1. Quote
    Mengingat jaringan Cathay Pacific cukup luas (mereka memiliki penerbangan dari Surabaya, Medan, dan Bali)
    Unquote

    Bro, Cathay ga ada lagi dari Medan.

    1. Ping,

      Bukan artinya kedepan mereka tidak akan kembali mengaktifkan rute Medan kan 🙂
      Sama seperti Surabaya, Cathay akhirnya kembali terbang setelah kurang lebih 2 tahun tidak beroperasi di rute Surabaya – Hong Kong

  2. “jika Anda hanya memiliki KrisFlyer Miles dari Singapore Airlines, tough luck. Terakhir saya mengecek penerbangan ke Jepang dan hampir seluruhnya waitlist hingga April 2023 mendatang.”

    bner bangett… stress mau nyari slot buat redeem poin KF ke jepang. sampe deperate mau ambil economy aja secara miles udh mau exp.

  3. Ketersediaan ke jepang dengan bisnis garuda cukup banyak pada tanggal-tanggal low season, tapi biaya tambahannya mengerikan 8 juta PP.

  4. “Anda bisa saja memilih opsi terbang di First Class Cathay Pacific untuk rute Hong Kong – Tokyo Haneda atau sebaliknya dengan menambah 11.100 Asia Miles saja yang merupakan great deal.”

    Ini bagaimana cara “upgradenya” yah?

    1. William,

      Lewat fitur chat di Asia Miles/Cathay, tanyakan apakah First Class award seat di rute tersebut ada. Jika ada, bilang saja Anda mau menebus kabin First Class tersebut dan bilang bersedia dengan menambah poin.

  5. Hi Edwin,

    Jika saya hanya memiliki Singapore Airlines Krisflyer Miles (karena kartu kredit saya adalah kartu kredit Indonesia – BCA SQ Infinite), bagaimana caranya agar “mengkonversi” SQ Miles yang saya miliki tersebut , ke pilihan nomor 1 (Alaska Miles) atau nomor 2 (Aegean Eva Air) atau minimal nomor 3 (Aegean Miles)?

    Apalagi, kalau saya lihat di nomor 3 (Aegean Miles) ternyata ada maskapai SQ yang hanya membayar 32.500 Aegean Miles (?). Saya masih newbie, belum mengerti cara mengkonversi SQ Miles ke type Miles lainnya
    Terima kasih

    1. Jovan,

      Anda tidak bisa mengkonversi KrisFlyer Miles yang Anda miliki untuk dijadikan Miles lain. Hanya saja, Anda bisa menukarkan KrisFlyer Miles tersebut untuk penerbangan Star Alliance yang lain seperti ANA dan sebaganya – https://pinterpoin.com/menukarkan-krisflyer-miles-dengan-penerbangan-star-alliance/

      Semoga jawaban saya membantu dan jika Anda bingung, kami selalu menyarankan berpartisipasi pada Online MasterClass Reguler kami agar Anda bisa memahami dunia points & miles secara lebih mendalam.

  6. halo mau tanya… apakah bisa tiket pesawat ke jepang itu misalnya pergi nya jakarta-tokyo sedangkan pulangnya tiketnya itu misalnya fukuoka-jakarta apakah bisa tiket PP beda kota jepang buat apply visa ?

  7. Halo Edwin, mau tanya mengenai reedem alaskan milege plan.
    Walaupun kita tidak ada cc amerika, tapi kalau ada event beli milage dapat bonus 40% apakah hitung” lbih murah daripada kita beli tiket JAL/ Cathay langsung ke Jepang?

    Terima kasih

    1. Browski,

      Lebih murah namun perlu Anda ingat bahwa ketersediaan tiket menggunakan miles seringkali tidak sebagus dibanding dengan tiket menggunakan cash sehingga Anda harus mempertimbangkan matang-matang hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea