Panduan Pemula: Liburan Gratis Menggunakan Poin

Bagi Anda yang baru saja terjun di dunia points & miles ataupun bagi Anda yang sudah expert di bidang ini; Tahukah Anda bahwa semua aspek dari biaya liburan bisa digratiskan menggunakan poin?

Dari tiket pesawat, akomodasi, travel experience, biaya bersantap, airport transfer, dan sebagainya, semua bisa digratiskan menggunakan poin jika Anda tahu caranya. Masih tidak percaya? Simak artikel kali ini lebih lanjut 😉

Tiket Pesawat

Seringkali, tiket pesawat menjadi salah satu cost driver utama ketika seseorang ingin berwisata yang mana biaya ini meningkat dengan drastis beberapa bulan belakangan akibat demand untuk traveling yang tinggi.

Untuk bisa menekan atau bahkan menggratiskan biaya tiket pesawat kuncinya hanyalah satu yaitu menggunakan airline miles untuk menebus tiket penerbangan Anda. Dengan menggunakan airline miles, Anda cukup membayar airport tax dan biaya-biaya lainnya yang mungkin timbul dari penukaran poin tersebut.

Oleh karena itu, apabila Anda mengetahui cara mengumpulkan airline miles dengan cepat (terutama dari kartu kredit), maka Anda seharusnya bisa menekan biaya ini dengan signifikan.

Berikut adalah 3 cara termudah untuk menekan biaya tiket pesawat ini menggunakan ilmu points & miles PinterPoin:

  1. Memanfaatkan spending reward yang ditawarkan kartu kredit (seperti spending reward dari kartu Kredit CIMB Niaga).
  2. Memanfaatkan welcome bonus yang ditawarkan oleh kartu kredit untuk mengumpulkan points & miles dengan cepat.
  3. Mengumpulkan airline miles melalui everyday spending dengan kartu kredit yang tepat.
Manfaatkan kartu kredit untuk mengumpulkan airline miles dengan cepat sehingga Anda bisa menekan biaya tiket pesawat

Akomodasi

Selain tiket pesawat, akomodasi seringkali menjadi salah satu biaya utama ketika Anda berwisata terutama apabila Anda berkunjung ke negara dengan living cost yang tinggi seperti Singapura, Amerika Serikat, Inggris, dan sebagainya.

Akomodasi sendiri hadir dalam berbagai jenis dari yang sangat terjangkau seperti hostel hingga yang mahal seperti hotel bintang lima namun karena satu-satunya cara menekan atau bahkan menggratiskan biaya akomodasi adalah dengan menggunakan poin, maka pilihan Anda seringkali terbatas pada hotel berbintang yang tergabung dalam chain internasional seperti Marriott Bonvoy, Accor, Hilton Honors, dan sebagainya.

Promo Points Unlimited Hilton Honors Tahun 2022 | PinterPoin
Poin hotel bisa sangat berharga jika ditukarkan pada properti dengan cash rate tinggi

Oleh karena itu, sama seperti airline miles, apabila Anda memiliki kartu kredit yang bisa mengumpulkan poin hotel dengan cepat (seperti kartu kredit CIMB Niaga ALL World atau AMEX Marriott Bonvoy Briliant), maka Anda akan bisa menekan biaya ini dengan signifikan.

Berikut adalah 3 cara termudah untuk menekan biaya tiket pesawat ini menggunakan ilmu points & miles PinterPoin:

  1. Memanfaatkan fitur gratis menginap dari kartu kredit (seperti gratis 1 malam dari Accor Plus dari kartu kredit CIMB Niaga ALL World atau gratis 1 malam hingga 85.000 poin dari AMEX Marriott Bonvoy Briliant)
  2. Memanfaatkan welcome bonus yang ditawarkan oleh kartu kredit untuk mengumpulkan poin hotel dengan cepat seperti pada kartu kredit AMEX Marriott Bonvoy Briliant atau AMEX Hilton
  3. Menukarkan poin kartu kredit Anda langsung menjadi menginap di hotel (seperti pada poin kartu kredit HSBC ataupun UOB Indonesia)
  4. Mengumpulkan poin hotel melalui everyday spending dengan kartu kredit yang tepat.

Aktivitas (Travel Experience)

Walaupun biasanya pengeluaran untuk aktivitas di tempat berwisata tidak sebesar tiket penerbangan ataupun akomodasi; Seringkali biaya ini cukup bervariasi bergantung pada jenis aktivitas yang Anda lakukan di tempat wisata.

Sebagai contoh – mengunjungi DisneyLand di Tokyo tentunya akan menghabiskan lebih banyak biaya dibandingkan dengan walking tour di kota yang sama. Sayangnya, untuk menekan atau menggratiskan biaya aktivitas ini, pilihan Anda cukup terbatas yaitu menukarkan Asia Miles menjadi ‘travel experience’ atau menukarkan miles KrisFlyer menjadi aktivitas melalui Pelago.

Tukarkan Asia Miles Anda untuk travel experience yang tidak terlupakan

Airport Transfer

Bergantung pada destinasi, maka biaya airport transfer ini bisa cukup tinggi hingga sangat rendah bergantung pada ketersediaan transportasi publik di suatu destinasi wisata. Hanya saja, apabila Anda traveling dengan banyak bagasi, maka keberadaan airport transfer ini akan sangat membantu Anda untuk bisa berpindah-pindah lokasi dengan nyaman.

Untuk bisa ‘menggratiskan’ airport transfer ini, terdapat 2 cara yaitu dengan memanfaatkan fitur dari kartu kredit (seperti 5x luxury airport transfer dari Citi Prestige) atau dengan menukarkan sejumlah miles untuk layanan airport transfer seperti pada fitur ‘travel experience’ di Asia Miles.

Manfaatkan fitur luxury airport transfer dari Citi Prestige untuk bisa pergi ke/dari dari airport dengan nyaman

Bersantap

Banyak orang yang mungkin tidak tahu, tetapi biaya untuk bersantap di restoran-restoran tertentu bisa dibayar (settle) menggunakan poin. Hal ini berlaku untuk restoran yang biasanya terletak di dalam hotel atau restoran yang memiliki kerja sama khusus dengan suatu hotel chain.

Sebagai contoh, Anda bisa saja menggunakan poin Shangri-La untuk bersantap di restoran yang terletak di hotel jaringan Shangri-La manapun atau Anda bisa saja menggunakan poin Accor untuk bersantap di restoran yang dimiliki oleh hotel tersebut namun tidak pada restoran yang hanya merupakan pihak ketiga alias sewa lokasi.


Kesimpulan

Hampir seluruh biaya yang mungkin timbul ketika Anda berwisata bisa dibayar menggunakan poin apabila Anda tahu caranya.

Memang betul mungkin terdapat keribetan tersendiri untuk mengumpulkan masing-masing poin seperti Asia Miles untuk tiket pesawat dan travel experience lalu poin Accor untuk akomodasi dan bersantap namun sekali lagi, apabila Anda tahu trik-triknya maka Anda bisa menghemat biaya untuk berlibur secara signifikan.

Gunakan poin Accor untuk menghemat biaya akomodasi dan bersantap Anda.

Secara pribadi, saya akan merekomendasikan Anda untuk mendalami dunia points & miles lebih lanjut terutama cara menggunakan poin tersebut dengan efisien. Percayalah, apabila Anda tahu caranya, maka tidak ada liburan yang terlalu mahal dan tidak ada tiket pesawat ataupun hotel yang terlalu mahal.

Apakah Anda sudah menggunakan poin Anda untuk menekan berbagai biaya selama liburan?

Share

1 comment
  1. Saya termasuk pengguna point dan care banget dg point rewards.
    Alhamdulillah bbrp kali menggunakan GA Miles utk upgrade award jg ticket award.

    Krn itu saya rajin menabung poin dan mengkonversikannya menjadi airlines miles…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea