Sesuai dengan janji saya sebelumnya, kali ini saya akan membahas mengenai salah satu tujuan utama saya ke Amerika Serikat yaitu Vaksinasi. Proses vaksinasi di Amerika sendiri tergolong sangat simpel seperti yang pernah saya baca sebelumnya di mana proses vaksinasi di Amerika semudah walk-in ke toko farmasi terdekat di tempat Anda.

Secara praktis, menggunakan paspor Indonesia Anda, vaksinasi bisa dilakukan di:

  • Walgreens
  • CVS Pharmacy (harus memiliki nomor Amerika)
  • Wal-Mart

Saya sendiri memperoleh vaksin Pfizer di Walgreens dan juga merekomendasikan tempat tersebut untuk memperoleh vaksin karena lokasinya yang tersebar di mana-mana dan juga mereka memberikan kupon 5 USD jika Anda memperoleh vaksin full dose di situ.

Anda akan mendapatkan gift card senilai 5 USD ketika memperoleh vaksin full dose di Walgreens

Kenapa Vaksinasi di Amerika Serikat?

Tanpa ada itikad untuk menyinggung siapapun, saya merasa bahwa memperoleh vaksinasi di Amerika Serikat merupakan opsi yang lebih baik dibandingkan dengan memperoleh vaksinasi di Indonesia dikarenakan:

  1. Anda bisa memilih jenis vaksin. Kebebasan untuk memilih jenis vaksin yang Anda terima merupakan sesuatu yang sangat sulit ditemui di Indonesia. Saya memilih Pfizer dengan pertimbangan efficacy rate yang tinggi dan sertifikat vaksin tersebut diakui di banyak belahan dunia.
  2. Jenis vaksin yang digunakan di Amerika Serikat (terutama Pfizer dan Moderna) memiliki efficacy rate lebih tinggi dibandingkan dengan vaksin yang ada di Indonesia. Sebagai seseorang yang fobia terhadap jarum (trypanophobia), jika saya memang disuntik maka saya pasti akan memilih disuntik dengan vaksin yang memberikan proteksi yang bagus sehingga saya tidak perlu memperoleh booster shot alias vaksin ke-3 😉
  3. Tidak perlu Antri. Bagi Anda mengikuti instagram saya (@edwinsan92), Anda pasti tahu bahwa memperoleh vaksin di Indonesia merupakan suatu perjuangan sendiri. Untuk bisa memperoleh vaksin Sinovac dosis pertama saya di Bandara Juanda, saya harus datang 2 (dua) kali ke bandara, mengantri sekitar 1,5 jam, dan berkerumun dengan orang-orang di satu tempat. Di Amerika? Saya benar-benar tidak mengantri sama sekali! Saya ingat bahwa saya hanya menunggu kurang dari 10 menit sebelum memperoleh vaksin dan seluruh proses dari awal hingga akhir hanya memakan waktu 30 menit.
  4. Gratis.

Memperoleh vaksinasi di Amerika Serikat itu mudah, cepat, dan Anda bisa memilih jenis vaksin yang Anda ingin peroleh

Cara Vaksinasi di Walgreens

Terdapat 2 metode vaksinasi di Walgreens yaitu walk-in atau reservasi.

Saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan metode reservasi karena berdasarkan pengalaman saya, metode walk-in memiliki kelemahan berupa belum tentu vaksin yang Anda inginkan tersedia dan juga Anda akan diprioritaskan di bawah orang yang melakukan metode resevasi.

Tidak perlu khawatir juga Anda akan menunggu lama karena metode reservasi sendiri bisa dilakukan di hari yang sama dan bahkan H-15 menit!! Pada vaksinasi pertama saya, saya melakukan reservasi H-15 menit di Walgreens terdekat dari hotel saya 🙂

Untuk melakukan reservasi vaksinasi Anda:

  1. Buka website Walgreens
  2. Pilih ‘schedule free Covid-19 vaccination’ dan isi berbagai data yang diperlukan
  3. Pilih jenis vaksin yang Anda ingin peroleh dan atur jadwal vaksinasi beserta dengan jadwal kedua vaksinasi       
  4. Isi kelengkapan data yang diperlukan. Untuk alamat dan nomor telepon, Anda bisa menggunakan alamat dan nomor telepon akomodasi Anda (Airbnb/hotel).
  5. Voila, Anda siap untuk divaksin. Datanglah tepat waktu dan tunjukan email konfirmasi vaksinasi Anda yang dikirim dari Walgreens.

Baca juga: Bagaimana Points & Miles Membantu Saya Pergi ke Amerika Serikat dan Memperoleh Vaksin

Baca juga: 5 Kartu Kredit Indonesia & Amerika Serikat Yang Saya Incar


Penutup

Bisa pergi (dengan mevvah) ke Amerika Serikat dan memperoleh vaksinasi di sana hanya dengan ‘modal’ Points & Miles merupakan suatu privilege bagi Anda yang memahami dunia ini.

Oleh karena itu, saya tidak akan ragu untuk merekomendasikan Anda untuk memperoleh vaksinasi di Amerika Serikat jika Anda memiliki tabungan Points & Miles yang memadai.

Vaksinasi Pfizer dosis ke-2 saya dilakukan di Los Angeles

Berbeda jauh dengan pengalaman saya di Indonesia, proses vaksinasi di Amerika Serikat cenderung sangat praktis, cepat, dan tidak berbelit-belit. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila sudah lebih dari separuh penduduk Amerika Serikat sudah memperoleh vaksin dosis penuh (full dose).

Sekali lagi, jika Anda memiliki kesempatan ataupun tabungan Points & Miles yang memadai, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memperoleh vaksin di Amerika Serikat baik sebagai dosis pertama ataupun untuk sekedar booster shot.

.

Apakah Anda tertarik untuk memperoleh vaksin di Amerika Serikat?