5 Kartu Kredit Indonesia & Amerika yang Saya Incar Sekarang

Pada post kali ini, saya akan membahas mengenai 5 kartu kredit yang saya incar di penghujung tahun 2022 ini. Menariknya, kartu kredit yang saya incar tersebut merupakan gabungan dari kartu kredit yang diterbitkan bank asal Indonesia maupun Amerika Serikat (USA).

Bagaimana saya berencana mengajukan kartu kredit Amerika Serikat tersebut? Well, untuk itu Anda harus mengikuti PinterPoin Advanced MasterClass selanjutnya untuk mengetahuinya 🙂

Berikut adalah daftar kartu kredit yang saya incar saat ini:

1. Maybank BMW/MINI

Maybank BMW/MINI adalah salah satu kartu kredit yang saya incar (dan sebenarnya sudah saya apply – hanya saja sampai sekarang belum mendapat balasan apakah disetujui/ditolak) karena menawarkan welcome bonus yang sangat besar yaitu 60.000 Maybank TREATS Points atau setara dengan 60.000 airline miles.

Selain itu, kartu kredit Maybank BMW/MINI ini juga merupakan kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan GarudaMiles ataupun Asia Miles apabila digunakan untuk bertransaksi di kategori tertentu seperti restoran, travel, dan transaksi dalam mata uang asing. Desainnya yang juga sangat keren membuat saya semakin tidak sabar untuk memiliki kartu kredit ini.


Baca juga: Review Kartu Kredit Maybank BMW/MINI


2. Danamon Amex Platinum

Danamon American Express (AMEX) Platinum adalah kartu yang saya incar karena merupakan kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan poin Marriott Bonvoy ataupun Hilton Honors di Indonesia. Selain itu, kartu ini juga memiliki welcome bonus yang cukup menarik dan promo akhir tahun yang sangat menarik yakni tambahan 5x Membership Rewards.

Saya sendiri sudah memiliki Danamon American Express Gold Charge Card. Hanya saja, setelah mempertimbangkan cost/benefit yang bisa saya peroleh dari kartu kredit ini, saya merasa kartu ini layak saya incar dan ajukan kedepannya.

Secara pribadi, saya akan merekomendasikan kartu ini bagi Anda yang serius ingin mengumpulkan poin Marriott Bonvoy dengan cepat.


Baca juga: Review Kartu Danamon American Express Platinum Charge Card


3. BNI Batik Air World

BNI Batik Air World merupakan salah satu kartu kredit yang saya incar namun sayangnya tidak kunjung dapat karena mungkin saya sudah memiliki 2 kartu kredit BNI yang lain (BNI Garuda Indonesia Signature & BNI Visa Signature).

Secara praktis, kartu kredit ini menawarkan space-available upgrade ketika Anda memesan tiket Batik Air di kelas ekonomi dan juga memiliki welcome bonus yang cukup menarik. Banyak dari pembaca PinterPoin juga memiliki cerita positif mengenai kartu kredit ini dan hal itulah yang membuat saya semakin ingin memiliki kartu kredit BNI Batik Air World ini.


Baca juga: Baru – Kartu Kredit BNI Batik Air


4. AMEX Hilton Surpass

AMEX Hilton Surpass adalah kartu kredit Amerika yang paling saya incar untuk saat ini. Kartu ini menawarkan fitur sebagai berikut:

  • Status Gold otomatis di Hilton Honors, yang bisa di-upgrade ke Diamond setelah bertransaksi US$40.000 (~Rp600.000.000) dalam 1 tahun kalender.
  • Welcome bonus hingga 130.000 poin Hilton + 1 free weekend night.
  • Spending reward berupa 1 free weekend night setelah bertransaksi US$15.000 (~Rp225.000.000) dalam 1 tahun kalender.
  • 12 poin untuk setiap US$ ketika digunakan bertransaksi di hotel jaringan Hilton.
  • 6 poin untuk setiap US$ ketika digunakan bertransaksi di restoran, pompa bensin, dan supermarket di Amerika serikat.
  • 3 poin untuk setiap US$ transaksi lain.
  • 10x/tahun akses ke lounge bandara dengan Priority Pass.
  • Tidak ada foreign transaction fee.

Jika Anda bertanya mengapa saya tidak memilih AMEX Hilton Aspire – jawabannya adalah karena saya keberatan dengan annual fee-nya dan secara pribadi saya menyukai tantangan spending yang ditawarkan oleh AMEX Hilton Surpass ini. Dan iya, selalu ada cara untuk meningkatkan transaksi secara signifikan menggunakan kartu ini di Indonesia 😉


5. Bank of America Air France/KLM World Elite Mastercard

Jujur saya lebih ingin mengajukan kartu kredit Bank of America Virgin Atlantic (BofA Virgin Atlantic) namun peningkatan fuel surcharge maskapai All Nippon Airways yang signifikan dan berita bahwa Air France akan kembali mengoperasikan rute Singapura (SIN) – Paris (CDG) dengan Boeing 777-300ER dengan kabin kelas utama (first class) La Premiere membuat saya lebih ingin mengajukan kartu kredit ini.

Secara praktis, kartu kredit ini menawarkan fitur sebagai berikut:

  • 60 XP Flying Blue ketika kartu disetujui.
  • Welcome bonus hingga 70.000 miles Flying Blue.
  • Bonus 5.000 miles Flying Blue setiap ulang tahun kartu.
  • 3 miles untuk setiap US$ ketika digunakan untuk bertransaksi di Air France, KLM, dan maskapai jaringan SkyTeam lainnya.
  • 1,5 miles untuk setiap US$ kategori transaksi selain yang disebutkan di atas.
  • Tidak ada foreign transaction fee.

Saya sendiri memiliki impian bahwa suatu hari saya akan mencoba kelas utama Air France La Premiere yang digadang-gadang memiliki salah satu kabin dan hidangan kelas utama terbaik di dunia menggunakan poin.

Dengan memiliki kartu kredit BofA KLM ini, saya akan selangkah lebih dekat mewujudkan impian tersebut karena kabin Air France La Premiere hanya bisa dipesan menggunakan poin oleh anggota Flying Blue dengan status Gold atau Platinum.

Status elit Flying Blue sendiri bisa dicapai dengan mengumpulkan XP melalui kartu kredit ini atau terbang di maskapai yang bekerja sama dengan Air France/KLM.


Baca juga: 24 Kartu Kredit di Dompet Saya Sekarang 


Penutup

Tidak dapat dipungkiri bahwa saya semakin agresif dalam mengajukan kartu kredit Indonesia dan Amerika. Menurut saya, selama Anda bisa memanfaatkan kartu kredit tersebut dengan baik, maka tidak ada salahnya Anda memiliki belasan (atau bahkan puluhan) kartu kredit seperti saya.

Mengingat hampir seluruh kartu kredit di Indonesia annual fee-nya bisa dihapuskan, maka tidak ada salahnya saya terus menambah portofolio kartu kredit Indonesia saya.

Saya juga mengincar berbagai kartu kredit Amerika dengan pertimbangan mempertahankan aneka status elit di hotel dan memanfaatkan berbagai benefit yang ditawarkan dari masing-masing kartu. Selain itu, kartu kredit Amerika juga memberikan tantangan tersendiri bagi saya yang tidak bisa dirasakan pada kartu kredit Indonesia.

Kartu kredit Amerika memberikan ‘tantangan’ tersendiri untuk memiliki dan menggunakannya

Saya selalu menghimbau para pembaca maupun peserta MasterClass PinterPoin untuk memiliki kartu kredit yang tepat agar bisa mengumpulkan poin & miles dengan cepat.

Perlu Anda ketahui bahwa membangun portofolio kartu kredit yang tepat membutuhkan waktu namun tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai berapapun usia Anda dan apapun pekerjaan Anda.

Apa pendapat Anda mengenai berbagai kartu kredit Indonesia dan Amerika Serikat yang saya incar saat ini?

.

Share

28 comments
  1. Hi Edwin,

    Bagaimana cara mendapatkan kartu cc Amerika? Saya sendiri tertarik dengan kartu cc World of Hyatt. Pernah berniat untuk apply kartu cc tersebut tapi terkendala domisili alamat diluar Amerika.

    1. Marvin,

      Saya sendiri masih eksperimen mengajukan kartu kredit Amerika saat ini, namun satu hal yang pasti adalah prosesnya lebih time consuming dan sulit. Untuk detail caranya, saya akan jelaskan eksklusif di MasterClass PinterPoin selanjutnya namun saya sangat menyarankan kartu kredit Amerika hanya bagi mereka yang sudah memiliki (hampir) seluruh kartu kredit top-tier Indonesia.

  2. Dear Ko Edwin,

    bagaimana proses pengajuan untuk cc dari luar negeri?apakah bisa pengajuan kalau domisili di indonesia ya?

  3. Hi Edwin

    Apakah Kartu HSBC Visa Signature lebih anda incar daripada HSBC Premiere? Dari review PP HSBC Premiere memiliki nilai yg lbih tinggi. Welcome bonus pun sama di 510.000 pun bukan? cmmiw

    1. Jevon,

      Saya sudah memiliki HSBC Premier, oleh karena itu kartu kredit tersebut tidak saya ‘incar’ karena sudah ada di dompet. Saya murni mengincar HSBC Visa Signature walau sebelumnya sudah punya karena bisa memperoleh welcome bonus lagi.

      1. Hi Edwin,

        Saya akan mendapatkan Kartu HSBC Premiere around bulan depan. Rekomendasi Edwin apakah setelah saya spend 15jt dalam 2 bulan untuk menutup kartu tsb lalu buka HSBC Visa Signature di bulan October or saya dapat langsung mengajukan kartu Visa Signature tanpa menutup nya ya?

        Thank You

        1. Jevon,

          Harusnya urutannya adalah HSBC Visa Signature dulu baru HSBC Premier supaya bisa dapat kedua welcome bonus-nya. Hal ini sempat diterangkan dalam masterclass PinterPoin.
          Kalau HSBC Premier dulu baru kemudian HSBC Signature saya khawatir Anda tidak akan dapat welcome bonus-nya.

      2. Apakah kalau sudah punya HSBC Premier masih bisa dapat welcome bonus HSBC Signature lagi? Dr kabar yg saya dapat dr CS & marketingnya (ya saya tahu mereka seringkali salah & memiliki product knowledge Yg rendah), katanya g bisa. Kalau sudah punya signature, trus mau apply premier masih bisa dapat welcome bonus lagi (menurut mereka).

        1. Dwi,

          Kalau membaca S&K yang ada di website HSBC maka jawabannya adalah bisa. Saya sendiri semisal g dapat kartu nya akan fight dan memprotes ke pihak terkait dan dengan menggunakan S&K yang ada yaitu fakta bahwa HSBC Visa Signature yang tutup dan buka lagi 6 bulan kemudian berhak memperoleh welcome bonus kembali.

  4. Edwin,

    Thanks kalau gitu akan saya coba untuk di defer ke Visa Signature. Di karenakan review PP kemarin Premier lebih unggul daripada Visa Signature. Berarti jika saya mendapatkan Visa Signature bulan depan berarti October mendatang waktu saya apply untuk Visa Premiere saya akan Eligilble untuk bonus nya betul?

    Thank You

  5. Ada yang bisa bantu channel untuk apply HSBC Visa Signature ? Kelihatannya di website HSBC maupun di beberapa portal pendaftaran CC sudah tidak bisa lagi. Terima kasih.

    1. RH,

      Bantu jawab saya barusan melakukan aplikasi untuk CC HSBC Signature. Di info di KC HSBC bahwa mulai tahun ini untuk aplikan CC HSBC yang baru harus mempunyaii rekening tabungan HSBC. Untuk visa signature itu dana tidak di lock minimal 100jt dgn limit cc diambil 20% dari sana. Bear in mind bahwa AF lgsg di tagihkan di bulan pertama. Benar seperti saran Edwin untuk datangi ke KC terdekat

  6. Sbg guideline, berapa lama baru boleh apply CC yg sama setelah DITOLAK ya?
    Ini barusan ditolak aplikasi saya dan rencananya mau apply lagi.

    1. E,

      Bergantung pada kebijakan masing-masing bank. Saya pernah dapat CC hanya 2 minggu setelah pengajuan saya ditolak (Citi)
      Namun rata-rata Anda hanya bisa mengajukan lagi 3-6 bulan setelah penolakan…. sekali lagi bergantung pada kebijakan masing-masing bank.

  7. Cukup menarik jika Pak Edwin berencana memiliki kartu kredit dari US. Tapi apakah bisa warga non-US memperoleh kartu kredit dari Paman Sam? Jika bisa, menarik ini. Semoga bisa mengikuti jejak Pak Edwin

  8. Saya sebenarnya gak suka pakai kartu kredit…tapi sehubungan dgn rencana saya yang akan pindah ke America dan disana2 transaksi rata2 menggunakan kartu kredit…terpaksa saya harus punya kartu kredit yang kelas internasional….CC apa ya kira2 ya?

    1. Riri,

      Saya sekarang di Amerika dan bisa merekomendasikan Citi Premier Miles yang bisa double earning untuk transaksi dalam mata uang asing dan kurs yang masih oke.

  9. Batik air tempo hari kasus ari lasso yg flight singapore nya ditinggal, wkwkwk aduh kocak sih itu maskapai grup’e lion. Ngga yakin sih apa worth it punya itu cc, masih mending co brand garuda imo…

  10. Hai Edwin,

    Informatif dan ulasan yang menarik Edwin. Ternyata ada program 5MR di Amex charge platinum, hampir aja kelewatan.

    Terima Kasih Edwin infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea