Hotel Review: Ibis Styles Madrid Prado

Kali ini, saya berkesempatan untuk mengulas Ibis Styles Madrid Prado dalam rangka perjalanan saya ke Spanyol dan Maroko pada Juni 2022 lalu. Ibis Styles Madrid Prado merupakan properti merek ekonomis dari Accor bertema minuman fermentasi anggur (wine) Spanyol sekaligus hotel grup Accor yang terletak paling dekat dengan pusat kota Madrid di Puerta del Sol.

Seperti Paulo, saya juga pergi ke Madrid dengan tiket kelas bisnis Etihad yang sangat murah dan fleksibel. Meskipun begitu, saya memilih untuk menginap hanya di hotel grup Accor di sepanjang perjalanan supaya saya dapat menukarkan poin Accor dari kartu kredit CIMB Niaga Accor Live Limitless World.

Untuk periode menginap kali ini, saya memesan kamar Deluxe city view yang kemudian di-upgrade menjadi kamar Superior room yang mana merupakan upgrade 1 kategori kamar. Ketika itu, saya memegang status Platinum di Accor dan rate yang saya gunakan adalah rate semi-flexible, room only.

Saya membayar €320,39 Euro untuk 2 (dua) malam di kamar ini yang mana saya menggunakan 16.000 poin Accor untuk men-settle semua tagihan kamar ini kecuali untuk ekor-nya yaitu €0,39.

Check-In

Ibis Styles Madrid Prado berada kira-kira 8-10 menit jalan kaki dari Puerta del Sol (stasiun KRL Sol) atau 5-8 menit jalan kaki dari stasiun Anton Martin.

Anda dapat melihat hotel ini ketika sudah mencapai Calle del Prado, tepat di pertigaan jalan.

Hotel ini memiliki area reception. Proses check-in sendiri berlangsung cukup cepat, walaupun sayangnya saya masih belum dapat memanfaatkan early check-in karena kamar masih belum siap.

Di dekat area reception sendiri terdapat beberapa kursi, dengan dekorasi bertema wine di sepanjang dinding.

Setelah lobi di balik area bar swalayan (lebih lanjut berikutnya) terdapat ruang rapat.

Hotel ini memiliki lift sampai lantai 6, namun terdapat kamar sampai lantai 7. Apabila Anda mendapat kamar lantai 7, Anda harus naik lift sampai ke lantai 6, kemudian menaiki tangga ke lantai 7.

Kamar

Superior Room

Jenis kamarKamar lebih besar
Luas kamarMulai 16 m2
Ruang tamu terpisahYa
Jenis kasur1 Queen
Meja kerjaYa
SofaTidak
Kamar mandi1
Bak mandi/pancuranPancuran
MinibarYa
Akses loungeTidak
LainnyaBalkon

Di setiap lantai terdapat daftar daerah produksi wine yang menjadi tema kamar beserta nomor kamar.

Saya mendapat kamar nomor 604, yang bertemakan daerah produksi Rueda.

Kesan pertama saat memasuki kamar ini adalah cukup praktis dan luas (untuk ukuran Ibis). Kamar ini luasnya kurang lebih 20-25 m2.

Di dekat pintu masuk terdapat mesin espresso beserta fasilitas untuk membuat kopi atau teh.

Di bawahnya terdapat minibar kosong dengan air mineral dingin sebagai welcome amenity. Sebagai referensi, air keran di Spanyol bisa diminum, walaupun rasanya kurang enak.

Meskipun ini tentu kalah dibandingkan dengan di Indonesia (sebagai anggota Platinum saya masih mendapatkan buah atau kue saat menginap di hotel Ibis seharga 300 ribuan Rupiah di Indonesia), selama menginap di 6 hotel dalam perjalanan ini, saya hanya mendapat welcome amenity 2 kali, sehingga welcome amenity ini tetap layak diapresiasi.

Di dinding kamar terdapat penjelasan tentang daerah produksi wine Rueda.

Kamar ini memiliki 1 tempat tidur standar Ibis Styles berukuran Queen dengan 4 bantal. Kasurnya sendiri cukup standar dan dengan dibantu bantal kedua sebagai guling, hal ini membuat tidur saya cukup nyaman ketika menginap di sini.

Jendela menuju balkon dan tempat menyimpan koper terdapat di dekat kasur.

Balkonnya sendiri sudah termasuk cukup bagus untuk hotel kelas Ibis Styles terutama mengingat balkon sendiri bukan standar merek ‘Ibis Styles’.

Kamar ini menyediakan meja dan kursi standar, yang tentu sangat memudahkan untuk bekerja atau makan.

Kamar mandi di hotel ini relatif standar dengan kloset tanpa bidet, wastafel, dan pancuran.

Di wastafel sendiri disediakan toiletries generik, dan shampoo dan shower gel sekali pakai. Mereka juga menyediakan shampoo dan shower gel dalam botol isi ulang pada shower room-nya.

Pancurannya sendiri menggunakan pancuran yang debit airnya bisa diatur dan dilengkapi dengan gabungan shampoo dan shower gel isi ulang. Tekanan air dari pancurannya sendiri cukup kencang.

Sebelum lupa, berikut denah kamarnya.

Makanan dan Minuman di Ibis Styles Madrid Prado

Sarapan

Sarapan tersedia di ruang sarapan di hotel ini. Karena tarif yang saya pilih tidak termasuk sarapan dan status saya hanya Platinum, maka saya tidak mendapatkan sarapan gratis saat menginap di sini. Di hotel ini, satu-satunya cara untuk mendapatkan sarapan gratis adalah dengan menjadi anggota Diamond dari Accor Live Limitless dan itu pun hanya di akhir pekan.

Walaupun begitu, karena hotelnya berada di pusat kota tentu ada banyak pilihan makanan hanya dengan jalan beberapa menit dari hotel ini.

Welcome Drink

Minuman beralkohol mungkin berbahaya bagi kesehatan. Harap minum secara bertanggungjawab.

Accor adalah satu-satunya hotel loyalty program yang secara spesifik menyebutkan minuman selamat datang (welcome drink) sebagai manfaat status elit. Walaupun demikian, implementasi welcome drink berbeda-beda di setiap hotel.

Di hotel ini, welcome drink diberikan menggunakan potongan folder kartu kamar yang diberikan saat check-in dan dapat diambil di bar yang terletak di lobi hotel. Dengan status Platinum saya, saya dapat mengambil 2 minuman apapun di rak minuman, termasuk wine dalam gelas.

Karena Spanyol merupakan salah satu negara produsen wine terbesar di dunia dan hotelnya sendiri bertema wine (menurut stafnya keluarga pemilik hotel ini juga memiliki usaha anggur), maka tidak mengejutkan ketika hotel ini menyediakan 4 jenis wine untuk dijual atau sebagai minuman selamat datang di dispenser wine.

Pada saat itu, wine yang ditawarkan adalah:

Saya pun memilih 2 gelas wine sebagai welcome drink yang menurut saya rasanya cukup enak.

Kesimpulan

Ibis Styles Madrid Prado merupakan hotel yang cukup bagus bagi Anda yang akan bepergian ke Madrid.

Dengan lokasi yang strategis, upgrade ke kamar yang cukup luas dengan balkoni, dan konsep tema hotel yang cukup kuat (termasuk pilihan welcome drink berupa wine berkualitas), hotel ini memberikan kombinasi yang pas antara tema hotel butik dan konsistensi hotel jaringan.

Hanya saja, karena lokasinya yang strategis dan jumlah kamar di hotel ini hanya ada 48 kamar, bahkan dengan merek yang “hanya” Ibis Styles sekalipun hotel ini kadang bisa cukup mahal di hari-hari tertentu.

Ini artinya, dengan penukaran poin Accor yang memiliki nilai tetap (2.000 poin = diskon menginap €40), Anda bisa saja memerlukan poin hingga 2x lipat atau lebih untuk ditukarkan dengan gratis menginap di sini.

Apakah Anda akan menginap di Ibis Styles Madrid Prado?
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea