Saya berkesempatan untuk mewawancarai beberapa eksekutif divisi kartu kredit dari PT. Bank UOB Indonesia (“UOB”) beberapa saat yang lalu menanyakan strategi & langkah kartu kredit UOB pada tahun 2021 mendatang.

Bersama dengan Ibu Milka Tivani selaku Product & Loyalty Head Bank UOB serta Bapak Jorgy Yudhistira selaku Product & Rewards Manager. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui selama wawancara singkat kami:


Q: Apa strategi kartu kredit UOB kedepannya?

A: UOB akan terus mengembangkan customer base dan meningkatkan incremental spend dari setiap pemegang kartunya di masa depan. Kami juga akan lebih berfokus pada transaksi online yang memang marak sejak pandemi Covid-19 melanda.

Selain itu, untuk mendorong transaksi kartu kredit, kami juga menjalankan berbagai program spesial di akhir tahun ini, seperti kemarin ada program 12.12 dengan bonus 12 juta MAPClub Points untuk top spender serta program spend & redeem berhadiah hingga 100% extra MAP Club Point yang berlaku hingga akhir Desember 2020.

 

Q: Kartu Kredit UOB apa yang paling populer saat ini?

A: UOB memiliki banyak kartu kredit di mana setiap dari kartu kredit tersebut memiliki segmentasi sendiri-sendiri. Sebagai contoh, UOB One Card ditujukan untuk nasabah dengan prioritas keluarga (family), Kartu kredit YOLO ditujukan untuk millenials dan first-time user, UOB Lady’s Card untuk segmen wanita yang aktif, UOB Preffered Platinum untuk yang suka mengumpulkan poin rewards, sedangkan kartu kredit PRIVI Miles ditujukan untuk mereka yang menyukai traveling dan ingin mengumpulkan airline miles dengan cepat.

Saat ini, kartu kredit dengan penambahan jumlah pengguna terbanyak adalah YOLO Card dikarenakan memang generasi millenial mulai tertarik untuk menggunakan dan memanfaatkan kartu kredit sebagai bagian dari lifestyle.

kartu kredit UOB | PinterPoin

Kartu kredit UOB YOLO adalah kartu kredit dengan penambahan jumlah pengguna terbanyak

Q: Apa rencana UOB kedepannya untuk segmen kartu kredit?

A: Kami akan melakukan revamp terhadap kartu YOLO yang memang saat ini sedang naik daun pada awal tahun depan. Kartu ini memang tidak diciptakan untuk pengumpulan point rewards namun kami akan memperkenalkan program loyalty yang sangat menarik dengan merchant yang beragam sehingga membuat kartu ini lebih populer di kalangan millenials.

 

Q: Bagaimana dengan UOB PRIVI Miles yang memang populer di kalangan pengumpul poin dan miles? 

A: Sejauh ini, belum ada rencana untuk mengubah fitur ataupun tingkat perolehan miles untuk UOB PRIVI Miles karena memang fitur pengumpulan airline miles dari kartu ini sudah sangat luar biasa. Hanya saja, untuk kartu PRIVI Miles yang dicetak per 7 Desember 2020 lalu, semua kartu kredit tersebut akan memiliki fitur contactless yang mempermudah transaksi di dalam maupun di luar negeri.

 

Q: Apa kelebihan fitur contactless baru dari UOB ini? 

A: Di tengah pandemi ini, banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan bertransaksi secara fisik dan memasukkan PIN karena kartu tersebut berpindah tangan (ke kasir) dan Anda harus memasukkan PIN pada mesin EDC tersebut yang mana kita tidak tahu siapa saja yang menggunakan mesin EDC tersebut.

Dengan fitur contactless ini, Anda cukup menekan secara ringan (tap) kartu kredit UOB Anda pada mesin EDC untuk bisa bertransaksi yang mana tentunya meminimalisir kontak fisik yang ada sehingga membuat orang merasa lebih nyaman bertransaksi.

 

Q: Di Singapura, terdapat banyak sekali jenis kartu kredit UOB dan bahkan beberapa kartunya melakukan co-branding dengan Singapore Airlines, Singtel, dan sebagainya. Apakah di Indonesia ada rencana seperti itu juga (melakukan co-branding)?

A: Saat ini, kami tidak memiliki rencana untuk menambah jenis kartu kredit ataupun melakukan co-branding. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya kami akan melakukan hal seperti itu mengingat animo dan minat masyarakat akan kartu kredit semakin meningkat setiap tahunnya.

 

Q: Salah satu program promosi paling populer dari UOB sebelumnya adalah Blast of Surprise (2017 & 2018) lalu kemudian diikuti dengan Game of Crown (2019). Sayangnya, di tahun 2020 ini UOB tidak mengadakan program serupa, apakah ada komentar untuk hal ini? 

A: Tidak dapat dipungkiri bahwa akibat pandemi Covid-19 ini, banyak bank termasuk UOB harus mengencangkan ikat pinggang dan memotong anggaran promosi kartu kredit yang ada. Harapannya, program tersebut akan kembali diadakan pada akhir tahun 2021 mendatang dan mungkin bahkan lebih awal jika memang kondisi sudah membaik.

kartu kredit UOB | PinterPoin

Game of Crown adalah salah satu program promosi UOB yang paling menarik di tahun 2019 lalu

Q: Banyak dari pembaca PinterPoin cukup tertarik untuk mengajukan kartu UOB PRIVI Miles. Sayangnya, banyak dari mereka mengeluhkan bahwa “insentif” (welcome bonus) kartu tersebut yang hanya sebesar 36.000 poin UOB atau setara dengan 4.500 miles tidak menarik. Apakah ada komentar untuk hal ini? 

A: Terima kasih untuk masukannya. Kami memang terus melakukan review atas program welcome bonus ini agar tetap dapat kompetitif dan menarik di mata masyarakat. Kami juga dengan senang hati akan bekerjasama dengan PinterPoin untuk membuat penawaran khusus bagi pemegang kartu kredit UOB yang mendaftar melalui PinterPoin di mana mereka akan bisa memperoleh welcome bonus yang spesial.

 

Q: Ada yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca PinterPoin mengenai alasan mengapa kartu kredit UOB terutama PRIVI Miles layak untuk dimiliki? 

A: “Untuk para pembaca PinterPoin khususnya yang gemar mengumpulkan airline miles, pastikan Anda memiliki UOB PRIVI Miles karena kartu tersebut memiliki program point reward yang menarik dan konversi ke airline miles yang kompetitif sehingga Anda akan bisa memperoleh tiket gratis lebih cepat. Segera apply kartu kredit-nya secara online di www.uob.co.id/applynow

.

Apakah Anda tertarik mengajukan kartu kredit UOB?